OVERVIEW STUDI KELAYAKAN BISNIS
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v3i2.3858Keywords:
studi kelayakan bisnis, kegagalan bisnis, evaluasi bisnis, sumber informasiAbstract
Studi kelayakan bisnis adalah sebuah proses evaluasi yang bertujuan untuk menilai apakah sebuah ide bisnis layak untuk dijalankan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan data yang diperoleh melalui studi literatur dari buku, jurnal ilmiah, dan laporan industri. Mengulas pengertian, tujuan, manfaat, faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan suatu bisnis, tahapan-tahapan dalam studi kelayakan bisnis, serta sumber data dan informasi yang diperlukan dalam melakukan studi ini. Dengan pendekatan analitis, artikel ini bertujuan untuk memberikan panduan praktis bagi pengusaha dan peneliti dalam melakukan studi kelayakan bisnis guna meminimalisir risiko kegagalan dan memaksimalkan peluang keberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa studi kelayakan bisnis membantu optimalisasi sumber daya dan perencanaan strategis. Contohnya, pengusaha sektor manufaktur berhasil mengurangi biaya produksi sebesar 10% dengan menggunakan alat produksi yang lebih efisien. Kesimpulannya, studi kelayakan bisnis berperan penting dalam meminimalkan risiko kegagalan dan memaksimalkan peluang keberhasilan. Studi ini merekomendasikan penggunaan data primer dan sekunder untuk analisis yang komprehensif.
References
Fitriani, A., Kirani, A. W., Islamadina, B. T., & Purwati, E. (2022). Analisa Penerapan Aspek Kelayakan Bisnis Pada Usaha Bidang Makanan Dan Minuman (Studi Kelayakan di Hundred Smoke, Kota Malang). Jurnal Multidisiplin West Science, 01(02), 91.
Karnadi, V., Raymond, & Dian Lestari Siregar. (2022). Pembinaan Studi Kelayakan Bisnis Bagi Anggota Persatuan Perantau Sariak Sungai Abu (Pessas) Kota Batam. Puan Indonesia, 4(1), 111–118. https://doi.org/10.37296/jpi.v4i1.112
Prasetya. (2018). Teori Aspek Manajemen. 2009, 11–29.
Rofa, I. T., Meilani, A. R., Hasibu, N. M. an, Nasution, A. K., & Suhairi, S. (2021). Analisis Aspek Pemasaran Dalam Studi Kelayakan Bisnis. VISA: Journal of Vision and Ideas, 1(2), 222–235. https://doi.org/10.47467/visa.v1i2.945
Romadhoni, M. A., Rohman, A., & Madura, U. T. (2024). Implementasi Penerapan Etika Bisnis Islam Pada. 2(6).
Siti Rahmmadani, M. (2019). Analisis Studi Kelayakan Bisnis Pada Pengembangan Umkm Usaha Tahu Dan Tempe Karya Mandiri Ditinjau Dari Aspek Produksi, Aspek Pemasaran Dan Aspek Keuangan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Vol. 1 , No.1 , 2019, Pp: 76 - 83 HJMB, 1(1), 76–83. http://journal.upp.ac.id/index.php/Hirarki%0AANALISIS
Sukmawati, H., & Nasution, F. Z. (2019). Analisis Kelayakan Bisnis Syariah Pada Usaha Mikro Tempe. Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 38–48. https://doi.org/10.37058/jes.v4i1.801
Wahyuni, W., Fatih, M. L., Syahrani Hsb, R. M., Sakina, S., & Suhairi, S. (2022). Analisis Studi Kelayakan Bisnis Dalam Aspek Produksi. VISA: Journal of Vision and Ideas, 2(2), 126–134. https://doi.org/10.47467/visa.v2i2.960
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.