OVERVIEW STUDI KELAYAKAN BISNIS

Authors

  • Nada Sausan Adha Fili Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Adelia Natasya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Restu Agung Syahputra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v3i2.3858

Keywords:

studi kelayakan bisnis, kegagalan bisnis, evaluasi bisnis, sumber informasi

Abstract

Studi kelayakan bisnis adalah sebuah proses evaluasi yang bertujuan untuk menilai apakah sebuah ide bisnis layak untuk dijalankan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan data yang diperoleh melalui studi literatur dari buku, jurnal ilmiah, dan laporan industri. Mengulas pengertian, tujuan, manfaat, faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan suatu bisnis, tahapan-tahapan dalam studi kelayakan bisnis, serta sumber data dan informasi yang diperlukan dalam melakukan studi ini. Dengan pendekatan analitis, artikel ini bertujuan untuk memberikan panduan praktis bagi pengusaha dan peneliti dalam melakukan studi kelayakan bisnis guna meminimalisir risiko kegagalan dan memaksimalkan peluang keberhasilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa studi kelayakan bisnis membantu optimalisasi sumber daya dan perencanaan strategis. Contohnya, pengusaha sektor manufaktur berhasil mengurangi biaya produksi sebesar 10% dengan menggunakan alat produksi yang lebih efisien. Kesimpulannya, studi kelayakan bisnis berperan penting dalam meminimalkan risiko kegagalan dan memaksimalkan peluang keberhasilan. Studi ini merekomendasikan penggunaan data primer dan sekunder untuk analisis yang komprehensif.

References

Fitriani, A., Kirani, A. W., Islamadina, B. T., & Purwati, E. (2022). Analisa Penerapan Aspek Kelayakan Bisnis Pada Usaha Bidang Makanan Dan Minuman (Studi Kelayakan di Hundred Smoke, Kota Malang). Jurnal Multidisiplin West Science, 01(02), 91.

Karnadi, V., Raymond, & Dian Lestari Siregar. (2022). Pembinaan Studi Kelayakan Bisnis Bagi Anggota Persatuan Perantau Sariak Sungai Abu (Pessas) Kota Batam. Puan Indonesia, 4(1), 111–118. https://doi.org/10.37296/jpi.v4i1.112

Prasetya. (2018). Teori Aspek Manajemen. 2009, 11–29.

Rofa, I. T., Meilani, A. R., Hasibu, N. M. an, Nasution, A. K., & Suhairi, S. (2021). Analisis Aspek Pemasaran Dalam Studi Kelayakan Bisnis. VISA: Journal of Vision and Ideas, 1(2), 222–235. https://doi.org/10.47467/visa.v1i2.945

Romadhoni, M. A., Rohman, A., & Madura, U. T. (2024). Implementasi Penerapan Etika Bisnis Islam Pada. 2(6).

Siti Rahmmadani, M. (2019). Analisis Studi Kelayakan Bisnis Pada Pengembangan Umkm Usaha Tahu Dan Tempe Karya Mandiri Ditinjau Dari Aspek Produksi, Aspek Pemasaran Dan Aspek Keuangan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Vol. 1 , No.1 , 2019, Pp: 76 - 83 HJMB, 1(1), 76–83. http://journal.upp.ac.id/index.php/Hirarki%0AANALISIS

Sukmawati, H., & Nasution, F. Z. (2019). Analisis Kelayakan Bisnis Syariah Pada Usaha Mikro Tempe. Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 38–48. https://doi.org/10.37058/jes.v4i1.801

Wahyuni, W., Fatih, M. L., Syahrani Hsb, R. M., Sakina, S., & Suhairi, S. (2022). Analisis Studi Kelayakan Bisnis Dalam Aspek Produksi. VISA: Journal of Vision and Ideas, 2(2), 126–134. https://doi.org/10.47467/visa.v2i2.960

Downloads

Published

2025-01-17