PENGARUH PERSEPSI MASYARAKAT DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI BMT AL–ISLAH JAMBI

Authors

  • M Riadil Ulum Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • A Tarmizi Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • G.W.I. Awal Habibah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v3i2.3882

Keywords:

Perception, Promotion, Mudharabah

Abstract

The purpose of this study is to find out and analyze the influence of public perception and promotion on interest in using Mudharabah financing at BMT Al-Islah, Jambi City. The type of research is quantitative descriptive with data analysis using multiple linear regression. The results of the study showed that public perception had an effect on the interest in using Mudharabah financing at BMT Al-Islah, Jambi City with a significance value of 0.000 (P<0.05). Promotion has an effect on interest in using Mudharabah financing at BMT Al-Islah Jambi City with a significance value of 0.000 (P<0.05). Furthermore, the value of Fcal is 105.397, where the value is greater than Ftabel = 2.70 (Fcal> Ftable). This shows that the variables of public perception and promotion simultaneously affect the interest in using Mudharabah financing at BMT Al-Islah, Jambi City. The value of the determination coefficient (R2) seen from the Adjusted R Square value is 0.678 or 67.8%. This means that 67.8% of the interest in using Mudharabah financing at BMT Al-Islah Jambi City is influenced by public perception and promotion. The conclusion of public perception and promotion together affects the interest in using Mudharabah financing at BMT Al-Islah, Jambi City.

References

Akhyar Tarvi dan Sartiyah, Pengaruh Promosi, Kepercayaan Dan Religiusitas Terhadap Persepsi Masyarakat Pada Pembiayaan Murabahah di Kota Banda Aceh, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1, no. 4, 2019

Andi Reski Aprinati dan Riskayanti, Produk dan Akad Baitul Maal Wat Tamwil, Artikel Ilmiah, 1, no. 1, 2021

Digdowiseiso, K., R. Lestari, dan D. Safrina, Pengaruh Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Brand Image Produk Kecantikan di Aplikasi Sociolla, Jurnal Ilmiah Indonesia, Volume 7, Nomor 3, 2023

Eka Adi Nugroho, Persepsi Masyarakat Terhadap Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Dalam Pemberdayaan Ekonomi Lokal (Studi Pada Bmt Mmu Sidogiri Pasuruan), Jurnal Ilmu Ekonomi, 1, no. 1, 2018

Eka Ristanti dan Aji Damanuri, Pengaruh Pengetahuan, Persepsi Dan Religiusitas Terhadap Minat Pembiayaan di BMT Nurul Ummah (NU) Ngasem Cabang Ngraho Bojonegoro, Jurnal Ekonomi Syariah, 3, no. 1, 2021

Gogi Kurniawan, Perilaku Konsumen dalam Membeli Produk, (Jakarta: Mitra Abisatya, 2020)

Gunawan, Y.M, Pengaruh Persepsi Dan Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Dapur KwallI (Studi Pada Konsumen Rumah Makan Dapur Kwalli Kota Tangerang), Jurnal Manajemen Bisnis, Volume 6, Nomor 1, 2017

Hani’in, U., dan Santosa, H. Pengaruh Pelayanan, Produk Pembiayaan, dan Persepsi Nasabah Terhadap Minat Produk Pembiayaan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah BMT Samara. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8, no. 3, 2022

Hanik Amalia, Peran Pembiayaan Mudharabah Pada Baitul Maal Wat Tamwil (Bmt) Dalam Melakukan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) (Studi Kasus Pada Baitul Maal Wat Tamwil UGT Sidogiri Pasuruan), Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 5, no. 2, 2019

Jeffry Tanoto., Thomas Sumarsan Goh, dan Errie Margery, Pengaruh Persepsi Konsumen dan Promosi Terhadap Minat Pembelian Produk PT. Sumber Lautan Rezeki Medan, Jurnal Bisnis Kolega, 7 (1), 2021

Mujaddidul Amri dan Maryono, Pengaruh Persepsi Tentang Baitul Maal Wat Tamwil (Bmt) Dan Pengetahuan Produk Terhadap Preferensi Anggota Memilih Pembiayaan Murabahah Di Bmt Bina Ihsanul Fikri (BIF) Kota Yogyakarta Tahun 2019, Jurnal Economica, 7, no. 1, 2021

Muhamad, Manajemen Pembiayaan Mudharabah, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2019)

Novita Dewi Masyitoh, Analisis Normatif Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2013 Tentang Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Atas Status Badan Hukum dan Pengawasan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT), Jurnal Economia, V, no. 2, 2014

Kotler, Manajemen Pemasaran, (Jakarta: Gramedia, 2015)

Rifqi Dzakwan Saputra, Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Anggota Menggunakan Produk Mudharabah Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening (Studi Baitul Maal wa Tamwil Sarana Wiraswasta Muslim Malang), Jurnal Perbankan Syariah, 7, no. 3, 2023

Setijawan Imam dan Permatasari Rina, Analisis Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Kegunaan Terhadap Penggunaan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik Pada Koperasi di Semarang, Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 1, vol. 5, 2014

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Dan R&D, (Bandung, Alfabeta, 2012)

Vera Melinda Putri, Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Masyarakat Memilih Pembiayaan Mudharabah di BMT Istiqomah Plosokandang Tuluagung dan BMT Pahlawan Tulungagung, Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, IAIN Tuluagung, 2021.

Yani Octaviani Siallagan., Sherly., Andy Wijaya, dan Fitria Halim, Pengaruh Personal Selling Dan Persepsi Konsumen Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Serba 35 Pematang Siantar, Jurnal Penelitian Manajemen Akuntansi Berkala Ilmiah, 2 (1), 2024

Yoebrilianti, A, Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Produk Fashion Dengan Gaya Hidup Sebagai Variabel Moderator (Survei Konsumen Pada Jejaring Sosial), Jurnal Manajemen, Volume 8, Nomor 1, 2018

Warkum Sumitro, Asas-Asas Perbankan Islam dan Lembaga-lembaga Terkait BMI dan Tafakkul di Indonesia, (Jakarta: Raja Grafindo, 2012)

Zaenal Arifin, Akad Mudharabah (Penyaluran Dana dengan Prinsip Bagi Hasil), (Jawa Barat: Adanu Abimata, 2021)

Downloads

Published

2025-01-18