MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS KOMPETENSI UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS

Authors

  • Agus Wahyudi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika
  • Adha Pramudya Yudistira Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika
  • Nurul Afandi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika
  • Achmad Syah Yoga Dwi Santoso Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v3i2.3898

Keywords:

Produktivitas Organisasi, Pengembangan Bakat Strategis

Abstract

Manajemen sumber daya manusia (SDM) berbasis kompetensi telah menjadi pendekatan strategis yang signifikan dalam dunia kerja modern. Pendekatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa organisasi memiliki karyawan dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang tepat untuk mencapai tujuan strategis. Artikel ini membahas konsep, implementasi, dan dampak manajemen SDM berbasis kompetensi terhadap produktivitas organisasi. Dengan pendekatan studi literatur dan analisis kasus, ditemukan bahwa manajemen berbasis kompetensi meningkatkan efektivitas rekrutmen, pelatihan, dan pengembangan, serta memberikan kontribusi nyata pada kinerja individu dan organisasi. Selain itu, penerapan pendekatan ini membantu organisasi dalam menciptakan budaya kerja yang berorientasi pada hasil, memperkuat kepemimpinan, dan mendukung inovasi di berbagai level.Pendekatan berbasis kompetensi juga terbukti meningkatkan efisiensi operasional dengan mengurangi waktu yang diperlukan untuk pelatihan karyawan baru, karena perekrutan telah disesuaikan dengan kompetensi inti yang dibutuhkan. Dalam hal pengembangan karier, karyawan lebih mudah memahami jalur pengembangan yang perlu ditempuh untuk mencapai tujuan pribadi maupun organisasi. Artikel ini juga mengeksplorasi bagaimana pendekatan berbasis kompetensi mendukung keberlanjutan organisasi melalui adaptasi yang lebih baik terhadap perubahan pasar dan teknologi. Studi literatur yang dilakukan menunjukkan bahwa organisasi yang menerapkan manajemen SDM berbasis kompetensi memiliki tingkat retensi karyawan yang lebih tinggi, kinerja finansial yang lebih baik, dan daya saing yang lebih kuat di industri mereka. Dengan demikian, pendekatan ini tidak hanya relevan untuk organisasi berskala besar, tetapi juga untuk usaha kecil dan menengah yang ingin mengoptimalkan sumber daya mereka secara strategis.

References

Boyatzis, R. E. (2008). Competencies in the 21st century. Journal of Management Development, 27(1), 5–12. https://doi.org/10.1108/02621710810840730

Tung, C. H., & Chao, S. M. (2019). Competency-based management for employee development and organizational performance improvement. International Journal of Business and Management Science, 9(3), 45–58.

Wibowo. (2016). Pengaruh pelatihan berbasis kompetensi terhadap produktivitas kerja karyawan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 14(2), 105–117.

OECD. (2019). Competency frameworks: A practical guide for implementation. Retrieved from https://www.oecd.org

World Economic Forum. (2020). The Future of Jobs Report. Retrieved from https://www.weforum.org

http://repo.darmajaya.ac.id/110/3/17.%20BAB%20II.pdf

https://ppmschool.ac.id/manajemen-strategis/

Downloads

Published

2025-01-20