Analisis Pengaruh Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Karyawan

Authors

  • Heru Kurniawan Universitas BTH Kota Tasikmalaya
  • Alya Fauziah Maulida Universitas BTH Kota Tasikmalaya
  • A Latif Nugraha Universitas BTH Kota Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v3i1.3976

Keywords:

Kecerdasan Spiritual, Kinerja Karyawan, Pengaruh Linier

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan. Kecerdasan spiritual dipandang sebagai kemampuan seseorang dalam mengenali dan mengelola dimensi spiritual dalam kehidupan sehari-hari, yang berhubungan dengan makna hidup, nilai-nilai moral, dan keterhubungan dengan lingkungan serta sesama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 98  karyawan dari berbagai Perusahaan/ bidang usaha di kota Tasikmalaya. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik regresi linier untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kinerja karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan spiritual  memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja karyawan, karyawan yang memiliki tingkat kecerdasan spiritual yang lebih tinggi cenderung menunjukkan kinerja yang lebih baik dalam pekerjaannya.

References

Zohar, D., & Marshall, I. (2000). SQ: Spiritual Intelligence, the Ultimate Intelligence. Bloomsbury Publishing.

King, D. B. (2008). Rethinking claims of spiritual intelligence: A definition, model, and measure. Unpublished doctoral dissertation, Trent University, Ontario, Canada.

Campbell, J. P. (1990). Modeling the performance prediction problem in industrial and organizational psychology. Handbook of industrial and organizational psychology

Reivich, K., & Shatté, A. (2002). The Resilience Factor: 7 Keys to Finding Your Inner Strength and Overcoming Life's Hurdles. Three Rivers Press.

Campbell, J. P. (1990). Modeling the performance prediction problem in industrial and organizational psychology. Handbook of industrial and organizational psychology

Luthans, F. (2002). The need for and meaning of positive organizational behavior. Journal of Organizational Behavior, 23(6), 695-706.

Downloads

Published

2025-01-31