Pengaruh Sharia Compliance Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Nasabah BSI Mobile

Authors

  • Sri Pataya Komaria Universitas Hasyim Asy'ari
  • Peni Haryanti Uìniveìrsitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v3i3.4036

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi suatu keputusan nasabah dalam menggunakan mobile bankng syariah pada pengguna BSI mobile KC Jombang, yaitu dengan meneliti variabel sharia compliance, word of mouth dan Keputusan nasabah menggunakan mobile banking syariah pada pengguna BSI mobile KC Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah nasabah pengguna BSI mobile KC Jombang. Rumus yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus slovin. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda hal tersebut dikarenakan pada penelitian ini meneliti lebih dari satu variabel X. Dalam menganalisis data penelitian ini menggunakan uji validitas, uiji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis menggunakan alat bantu analisis SPSS. Dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa sharia complianceì berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan mobile banking syariah pada pengguna BSI mobile KC Jombang dan word of mouth berpengaruh terhadap Keputusan nasabah menggunakkan mobile banking syariah pada pengguna BSI mobile KC Jombang. Selain itu variabel sharia compliance dan word of mouth secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan nasabah menggunakan mobile banking syariah pada pengguna BSI mobile KC Jombang.

 

References

Abduìssamad, J., Sopingi, I., & Sibuìa, N. (2024). Meìtodeì Peìneìlitian Kuìantitatif, Kuìalitatif dan Miveìd Meìthodeì (M. Mirsal (eìd.); I).

Amirah, T. N., Fasa, M. I., & Suìharto. (2023). Peìngaruìh Strateìgi Peìmasaran (Word Of Mouìth) Teìrhadap Keìpuìtuìsan Nasabah Meìmilih Produìk Di Bank Syariah. Juìrnal Peìrbankan Syariah, 4, 39–58. https://eìjouìrnal.iaiskjmalang.ac.id/indeìx.php/nisbah/articleì/vieìw/784

Astuìti, C., & Sapuìtra, M. (2022). Peìngaruìh keìuìntuìngan reìlatif, fituìr layanan, risiko, dan keìpatuìhan syariah teìrhadap minat transaksi meìngguìnakan bsi mobileì di kota banda aceìh. Juìrnal Ilmiah Mahasiswa Eìkonomi Akuìntansi, 7(3), 441–452.

Aziz, M. Al, & Leìstari, N. (2022). Analisis teìrhadap Manfaat Peìngguìnaan Layanan Mobileì Banking Bagi Nasabah Bank Syariah Indoneìsia ( Bsi ) Kcp Gombong Keìbuìmeìn. Jouìrnal of Manageìmeìnt, Eìconomics, and Eìntreìpreìneìuìr, 1, 219–242.

Azlina, N., & Noratika. (2022). Peìngaruìh Word Of Mouìth Teìrhadap Keìpuìtuìsaan Mahasiswa Himpuìnan Mahasiswa Keìcamatan Bantan Meìmilih Bank Syariah. Jouìrnal Islamic Banking and Financeì, 2(1), 45–53. https://ojs.iainbatuìsangkar.ac.id/ojs/indeìx.php/Albank/articleì/vieìw/5348/2386

Badi’ah, L., Fiandi, M., & Peìrtiwi, C. (2022). Peìngaruìh Strateìgi Word Of Mouìth (Wom), Sharia Complianceì, Dan Tingkat Reìligiuìsitas Teìrhadap Keìpuìtuìsan Meìnjadi Nasabah Di Pt. Bank Muìamalat Kantor Cabang Uìtama Paleìmbang. Juìrnal Manajeìmeìn, Akuìntansi Dan Eìkonomi, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.59066/jmaeì.v1i2.97

Ceìsariana, C., Juìliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Modeìl Keìpuìtuìsan Peìmbeìlian Meìlaluìi Keìpuìasan Konsuìmeìn Pada Markeìtplaceì: Kuìalitas Produìk Dan Kuìalitas Peìlayanan (Liteìratuìreì Reìvieìw Manajeìmeìn Peìmasaran). Juìrnal Manajeìmeìn Peìndidikan Dan Ilmuì Sosial, 3(1), 211–224. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1

Eìfeìndi, J., Mauìlana, W., & Dwi, Y. (2022). Peìngaruìh Word Of Mouìth Dan Digital Markeìting Teìrhadap Keìpuìtuìsan Nasabah Meìnggadaikan Eìmas Pada Gadai Mas. Juìrnal Inspirasi Eìkonomi, 4(3), 37–43. https://doi.org/10.32938/ieì.v4i3.3393

Fatimah, & Feìbriyanti, V. (2022). Peìran Word Of Mouìth bagi Peìngguìna BSM Mobileì Banking dalam Peìngambilan Keìpuìtuìsan. Juìruìsan Akuìntansi, Politeìknik Neìgeìri, 1(1), 316–325.

Fieìtroh, M. N. (2023). Meìningkatkan Keìpuìtuìsan Peìmbeìlian Konsuìmeìn Cafeì Meìlaluìi Seìlf Actuìalization, Word Of Mouìth Dan Hangouìt Lifeìstyleì. Juìrnal Riseìt Dan Kajian Manajeìmeìn, 3(23), 313–322. https://doi.org/10.58406/samaleìwa.v3i2.1360

Ghozali. (2021). Aplikasi Analisis Muìltivariateì deìngan Program IBM SPSS 26 (10th eìd.). Badan Peìneìrbit Uìniveìrsitas Diponeìgoro.

Harris, A., Komariah, R., & Sari, N. (2023). Peìngaruìh Keìpatuìhan Syariah Dan Transparansi Teìrhadap Keìpuìtuìsan Nasabah Meìngguìnakan Peìmbiayaan Muìrabahah. Jouìrnal Of Syariah Eìconomic And Halal Touìrism, 1(2), 33–38. https://jouìrnal.alifa.ac.id/indeìx.php/jseìht/articleì/vieìw/60

Haryanti, P., & Sopingi, I. (2023). Liteìrasi Keìuìangan Syariah Uìntuìk Geìneìrasi Z Di Smk. Prosiding Seìminar Nasional Sains, Teìknologi, Eìkonomi, Peìndidikan Dan Keìagamaan, 7, 296–304.

Huìdayati, Seìptiana, D., & Ataina. (2022). Peìngaruìh Transparansi, Tingkat Margin, Dan Keìpatuìhan Syariah Teìrhadap Keìpuìtuìsan Nasabah Meìngguìnakan Peìmbiayaan Muìrabahah Di Bmt Bina Ihsanuìl Fikri (Bif) Cabang Parangtritis Deìngan Reìligiuìsitas Seìbagai Variabeìl Modeìrasi. Juìrnal Manajeìmeìn, 12(2), 270–285.

Indayani, I. A. (2023). Eìffeìct of Seìrviceì Feìatuìreìs and Word of mouìth Strateìgy on Cuìstomeìr Deìcisions in uìsing BSI Mobileì. Jouìrnal of Digital Buìsineìss And Data Scieìnceì, 1(1), 42–55. https://jdbs.polteìksci.ac.id/indeìx.php/pl/articleì/vieìw/1

Khoiriyah, Uì., & Puìtra, P. (2022). Analisis Jaluìr Peìngaruìh Peìngambilan Keìpuìtuìsan Beìrtransaksi Meìlaluìi BSI Mobileì. Juìrnal Ilmiah Eìkonomi Islam, 8(03), 2522–2535. https://doi.org/10.29040/jieìi.v8i3.6455

Leìstari, I. A. (2023). Peìngaruìh Sharia Complianceì , Reìligiositas , Keìpeìrcayaan ( truìst ) dan Corporateì Imageì Teìrhadap Keìpuìtuìsan Meìnjadi Anggota di KSPPS BMT AL-FATAA Uìluìjami. Jouìrnal of Sharia Financeì and Banking, 3(2), 164–174. https://doi.org/10.28918/veìlocity.v3i2.1215

Maharani, S., & Yahya. (2021). Peìngaruìh Harga, Kuìalitas Produìk, Dan Word Of Mouìth Teìrhadap Keìpuìtuìsan Peìmbeìlian (Stuìdi Kasuìs Pada Konsuìmeìn Uìfo Eìleìktronika Suìrabaya). Juìrnal Ilmuì Dan Riseìt Manajeìmeìn, 10(6), 1–16. http://juìrnalmahasiswa.stieìsia.ac.id/indeìx.php/jirm/articleì/vieìw/4088

Milza, A. T., Fasa, M. I., Suìharto, & Fachri, A. (2021). Impleìmeìntasi Bsi Mobileì Seìbagai Wuìjuìd Teìrcapainya Papeìrleìss Papeìrleìss Dan Peìneìrapan Greìeìn Banking. Indoneìsian Jouìrnal of Accouìnting and Buìsinss, 0717, 1–12. https://doi.org/10.33019/ijab.v3i1.3

Nasir, M., & Prihatin, N. (2022). Peìngaruìh Liteìrasi Keìuìangan , Tata Keìlola , dan Keìpatuìhan Syariah dalam Preìfeìreìnsi Meìmilih Produìk Bank Syariah. Juìrnal Eìkonomi, Keìuìangan Dan Bisnis, 07, 39–50.

Praseìtya, A. Y., Eìrnah, & Andanarini, D. (2022). Analisis Peìngaruìh Reìligiuìsitas, Labeìl Halal Dan Word Of Mouìth Teìrhadap Keìpuìtuìsan Peìmbeìlian Produìk Kosmeìtik Wardah Di Toko Candra Seìmarang. Juìrnal Ilmuì Manajeìmeìn Dan Akuìntansi Teìrapan, 13(Noveìmbeìr 2022), 135–145. https://doi.org/10.36694/jimat.v13i2.445

Rahman, F. A., Sopingi, I., & Aji, T. S. (2024). Eìfficieìncy of Islamic Markeìting: Seìbuìah Peìndeìkatan Caseì Stuìdy. Inteìrnational Jouìrnal of Cross Knowleìdgeì, 2(1), 52–61.

Rizkiana, R. D., & Stiawan, D. (2023). Theì Eìffeìct Of Sharia Complianceì, Seìrviceì Quìality, Produìct Quìality, And Eìleìctronic Word Of Mouìth On Cuìstomeìr Deìcisions To Uìseì Wadiah Produìcts At Indoneìsian Sharia Bank. Jouìrnal of Manageìmeìnt and Islamic Financeì, 3(2), 199–216. https://doi.org/10.22515/jmif.v3i2.7339

Salsabila, T. L., & Rozza, S. (2022). Peìngaruìh Promosi Meìdia Digital dan Word of Mouìth teìrhadap Keìpuìtuìsan Nasabah dalam Meìngguìnakan Mobileì Banking Syariah. Akuìtansi Dan Manajeìmn, 3. http://prosiding-old.pnj.ac.id/indeìx.php/snampnj/articleì/vieìw/5859

Sopingi, I., Santoso, R. P., Haryanti, P., Islam, P. Eì., Eìkonomi, F., Manajeìmeìn, P., & Eìkonomi, F. (2023). Kuìalitas Produìk Dan Harga Produìk Peìngaruìhnya Teìrhadap ِKeìpuìtuìsan Peìmbeìlian Dimodeìrasi Labeìlisasi Halal Imam. Prosiding Seìminar Nasional Sains, Teìknologi, Eìkonomi, Peìndidikan Dan Keìagamaan, 7, 85–93.

Suìgiyono. (2020). Meìtodeì Peìneìlitian Kuìantitatif, Kuìalitatif dan R&D (Suìtopo (eìd.); eìdisi keìduì). Alfabeìta.

Suìnarsih, Uì., & Wijayantieì, M. N. (2021). Peìneìntuìan Keìpuìtuìsan Mahasiswa Uìntuìk Meìnabuìng di Peìrbankan Syariah. Juìrnal Akuìntansi Dan Manajeìmeìn (JAM), 18(02), 91–102.

Wahyuì, S., & Abduìllah, R. (2023). Jeìsm: juìrnal eìkonomi syariah muìlawarman. Juìrnal Eìkonomi Syariah Muìlawarman, 2(4), 219–234. https://doi.org/10.30872/jeìsm.v2i4

Wahyuìnitasari, Eì. D., Sopingi, I., & Muìsfiroh, A. (2023). Analisis Peìran Leìmbaga Keìuìangan Syariah Dalam Peìreìkonomian Indoneìsia : Seìbuìah Peìndeìkatan Library Reìseìarch. Jouìrnal of Islamic Eìconomics Stuìdieìs, 4(2), 103–114. https://doi.org/10.33752/jieìs.v4i2.5749

Downloads

Published

2025-02-10