PEMBUATAN KATALOG PRODUK MENGGUNAKAN CANVA SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA UMKM CHARIESMA BATIK SEJAHTERA DI JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v3i3.4069Keywords:
Canva; Product Catalog; Promotion Media.Abstract
UMKM Chariesma Batik Sejahtera adalah usaha yang bergerak di bidang fashion yang terletak di Desa Karangwinongan Kec. Mojoagung, Kab Jombang Media promosi yang digunakan melalui Whatsapp & Facebook. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi secara lengkap mengenai produk-produk yang ditawarkan oleh UMKM Chariesma Batik Sejahtera dengan membuat Katalog Produk menggunakan aplikasi Canva. Penelitian ini menggunakan metode Action Research yang dilakukan dengan menyebarkan kuesiner kepada 1 owner, 2 ahli pemasaran, 2 ahli desain, 15 calon konsumen. Untuk mengukur efektivitas desain menggunakan metode EPIC (Empathy, Persuation, Impact, Communication). Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor EPIC (Empathy, Persuation, Impact, Communication) Rate pada siklus II sebesar 4,5 dengan skor tertinggi terdapat pada 1 dimensi yakni, Persuasion. Hal itu dikarenakan desain Katalog Produk yang didesain dengan sangat menarik dan memberikan informasi yang lengkap terkait produk-produk yang ditawarkan.
References
Alfan, R, M,. 2020. Pembuatan Katalog Pada Instagram menggunakan CorelDraw untuk Penambahan Media Promosi di Kafe Linimasa Kepanjen Malang , hal. 13-14.
Amalia, T. 2022. Pembuatan Desain Katalog Online Instagram dengan Menggunakan Aplikasi Canva Sebagai Media Promosi untuk Menarik Minat Beli Pada Sulungs Food Kabupaten Pemalang. Jurnal Aplikasi Bisnis.(2) 200-201.
Arikunto, S. 2020. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Darma, S. 2020. "Perancangan katalog sebagai media promosi Dapur B’CIA. "Jurnal Perancangan Katalog. 2.
Durianto, D. (2016). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. PT Gramedia Pustaka Utama.
Indahsari (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Hal 10-11
Kotler, P., & Amstrong, G. (2020). Principles of Marketing. Pearson Education Limited. Kotler, P., & Keller, K. L. (2022). Marketing Management (16th Global Edition).
Kotler, P. (2018). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Promotion Mix. Dalam Principles of Marketing hal. 424- 425.
Musnaini, Suherman, Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). DIGITAL MARKETING. Purwokerto: CV. Pena Persada.
Payadnya, I. A., Hermawan, I. S., Wedasuwari, I. M., Rulianto, & Jayantika, I. T. 2022. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sleman: Deepublish.
Ryan. I. 2018. Promosi.http://yhudaryan75.blogspot.com/2016/10/makalah promosi.html. "Pengembangan UMKM di Kabupaten Jepara Melalui Pembuatan Promosi Katalog." Jurnal Pemasaran. 22-23.
Sastroatmojo, & Sunarsono. (2021). Manajemen Pemasaran (Marketing).
Setiawan, Hari H. 2018. Reintegrasi Praktek Pekerjaan Sosial Dengan Anak Yang Berkonflik Dengan Hukum. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Alfabeta.Tjiptono., 2004.
Strategi Pemasaran, edisi kedua, Andi, Yogyakarta
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Andi Publisher.
Tjiptono, F. (2019) Strategi Pemasaran. 5th edn. Yogyakarta: Andi Publisher.
Tjiptono, F. (2020). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian (Edisi 2). Andi Publisher.
Vanya, Putri. 2023. Media Promosi: Definisi dan Jenis-jenisnya. 31 January. https://www.kompas.com/skola/read/2023/01/31/110000969/media- promosi--definisi- dan-jenis-jenisnya?page=all.
Walsh, M. (2023, Oktober 6). Canva Statistics (2023) — All the Key Facts and Figures. Retrieved November 5, 2023, from Stylefactoryproductions.com: https://www.stylefactoryproductions.com/blog/canva-statistics
Wibowo, A. (2023). Pemanfaatan Canva dalam desain digital: Keunggulan dan efektivitas dalam berbagai sektor. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 5(2), 95-99
Yaumi (2019). Action Reseach. Hal 22-24
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.