Pengaruh Harga, Lokasi Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Klien PT Esa Solusi Mandiri (Esaco) Pada Tahun 2024

Authors

  • Oktavio Mi’roj Rofik STIE Mahardhika Surabaya
  • Parwita Setya Wardhani STIE Mahardhika Surabaya
  • Sofyan Lazuardi STIE Mahardhika Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v3i3.4093

Keywords:

Price, Location, Social Media Marketing, Client Decisions

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, lokasi dan pemasaran media sosial terhadap keputusan klien pada PT. Esa Solusi Mandiri (ESACO). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan analisis regresi linier berganda. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 44 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial harga memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan klien dengan nilai signifikansi sebesar 0,005, lokasi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan klien dengan nilai signifikansi sebesar 0,038 dan pemasaran media sosial juga memiliki pengaruh signifikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Selanjutnya uji simultan menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan klien, dengan nilai F sebesar 70,920 dan signifikansi sebesar 0,000. Kemudian koefisien determinasi (R²) sebesar 84,2% menunjukkan bahwa harga, lokasi dan pemasaran media sosial memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Hal ini menjelaskan bahwa harga, lokasi dan pemasaran media sosial pada PT Esa Solusi Mandiri sudah berjalan dengan baik, sehingga memberikan dampak yang positif.

References

Aprileny, I. dan I. Amalia. 2021. Pengaruh Harga, Fasilitas dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pembelian Rumah di GRAND NUSA INDAH Cileungsi Pada PT. KENTANIX SUPRA INTERNASIONAL). Ikraith -Ekonomika. Vol. 4, No.3, Hal : 243-252.

As'ad, H. R., dan A. Y, Alhadid. 2014. The Impact of Social Media Marketing on Brand. Jurnal Kominfo.

Cynthia. D. dan H. Hermawan. 2022. Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi dan Pelayanan Publik. Vol. 9, No. 1, Hal : 104 – 112.

Hurriyati. 2020. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Klien, Bandung : Penerbit Alfabeta.

Karina, M. dan N. Sari. 2023. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Online TikTok Shop. Jurnal Madani. Vol. 6, No.2, Hal : 101-116.

Kotler., P. dan K.L. Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Jilid Kedua. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Piramita. S. dan S. Hannan. 2021. Pengaruh Social Media Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Kpr Non Subsidi Dengan Mediasi Persepsi Merek (Studi Pada Bank Xyz). Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis. Vol. 7, No. 2, Hal : 487 – 497.

Prasetya, Sandy Aldi. 2022. Pengaruh Social Media Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Erigo.

Saltiva. V. dan A. Palilati. 2023. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Di Kabupaten Muna. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 15, No. 2, Hal : 214-220.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suratmiyati dan Y. Anggoro. 2020. Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jasa Klien Di Toko dan Bengkel Gaoel Manadotown Square. Management and Business Review. Vol. 4, No. 1, Hal : 52 – 59.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4. Yogyakarta : Andi.

Downloads

Published

2025-02-19