PENGARUH INFLUENCER DAN CONTENT MARKETING TERHADAP MINAT BELI PRODUK INSPIRED DI KOTA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v3i5.4402Keywords:
Influencer, Content marketing, Minat Beli, Inspired Sinar AbadiAbstract
Perkembangan teknologi membuat masyarakat lebih tertarik untuk mencari segala informasi melalui internet. Ketatnya persaingan di dunia bisnis memicu para pelaku bisnis untuk menyusun strategi terbaik dalam mendapatkan dan mempertahankan konsumennya, Salah satunya yaitu memperhatikan factor yang dipertimbangkan yaitu Influencer dan Content marketing. Pelaku bisnis didorong untuk selalu berfikir inovatif dan lebih kreatif untuk menetapkan strategi yang tepat untuk mempertahankan pelanggan dan memenangkan persaingan bisnis ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Influencer dan Content marketing terhadap minat beli produk Inspired Sinar Abadi Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Menggunakan teknik pengumpulan data dengan membagi kuesioer kepada 100 responden dengan teknik purposive sampling. Menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil pengujian hipotesis secara parsial, Influencer berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, selanjutnya Content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Hasil pengujian hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa influence dan Content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Terdapat pengaruh influence dan Content marketing terhadap minat beli sebesar 37,7% dan sisanya 62,3% dipengaruh oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa influence dan Content marketing berpengaruh terhadap minat beli Inspired Sinar Abadi di Kota Malang.
References
Abdurrahim, & Sangen, M. (2019). Pengaruh Content Marketing, Sales Promotion, Personal Selling, dan Advertising terhadap Minat Beli Konsumen pada Hotel Biuti di Banjarmasin. Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan.
Butarbutar, L. (2019). Pengaruh Online Customer Review, Influencer Marketing, dan Kualitas Website Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Shopee Pada Mahasiswa/I Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS
Keller, K. L., & Kotler, P. (2012). Dirección de marketing.
Maulidiyah, R. N. (2021). Pengaruh brand image, content marketing dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening pada produk sabun pemutih gluta collagen soap. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Nabella, E.A. (2023). 5 Brand Lokal Distro Malang yang Menasional. Retrieved from Tugumalang.id: https://tugumalang-id.cdn.ampproject.org/v/s/tugumalang.id/5-brand-lokal-distro-malang-yang-menasional/?amp=&_gsa=1&_js_v=a9&usqp=mq331AQIUAKwASCAAgM%3D#amp_tf=Dari%20%251%24s&aoh=16900391912861&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&share=https%3A%2F%2Ftugumalang.id%2F5-brand-lokal-distro-malang-yang-menasional%2F. Diakses pada 19 Juli 2023.
Oktavia, E. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Brand Image dan Influencer Marketing pada Keputusan Pembelian Online (Studi pada Mahasiswa STIE Malangkucecwara). Manajemen Pemasaran. https://repository.stie-mce.ac.id.
Rahman, T. (2019). Pengaruh content marketing terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening: Studi pada konsumen Caffe Go-Kopi di Kota Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Rahmawati, N., Ramdan, A. M., & Samsudin, A. (2019). Analisis Nilai Pelanggan dan Pengalaman Pelanggan terhadap Kepercayaan Pelanggan Wisata Kuliner Selamat Toserba Sukabumi. Journal of Management and Bussines (JOMB), 1(1), 109–119.
Semuel, H., & Setiawan, K. Y. (2018). Promosi Melalui Sosial Media , Brand Awareness , Purchase. Manajemen Pemasaran, 12(1), 47–52. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.1.47
Sugiharto, S. A., Ramadhana, M. R., Psi, S., & Psi, M. (2018). Pengaruh Kredibilitas Influencer Terhadap Sikap Pada Merek (Studi pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom). In Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi: Vol. VIII (Issue 2). www.youtube.com/TasyaFarasya.
Riska. C & Tri. I. W., (2021). Pengaruh Review Produk Dan Konten Marketing Pada Tiktok Terhadap Minat beli Scarlett Whitening By Felicya Angelista
Siti. S, Adryan. R & Tri .F. (2019). Pengaruh Fashion Lifestyle, Design, Dan Selebrity Endorser Terhadap Purchase Intention (Studi Pada Umkm Cibaduyut, Bandung).
Chasanah. (2022). The Effect Digital Content Marketing And Product Quality On Purchasing Decisions Through Buying Interest As Intervening Variable.
Larasati. (2022). Effect Of Attractiveness Of Sales Promotion Messages, Endorsement Beauty Influencers On Interest In Buying Rose All Day Instagram Followers.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.