Analisis Risiko dalam Menerapkan Business Process Management di UMKM di Era Digital Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v3i5.4435Keywords:
Business Process Management, UMKM, Risiko, Transformasi Digital, Kota MalangAbstract
Transformasi digital telah mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Malang untuk mengadopsi pendekatan manajemen yang lebih adaptif dan terstruktur. Salah satu pendekatan tersebut adalah Business Process Management (BPM) yang bertujuan meningkatkan efisiensi dan daya saing bisnis. Namun, penerapan BPM tidak lepas dari berbagai risiko, terutama pada sektor UMKM yang memiliki keterbatasan sumber daya. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis berbagai risiko yang dihadapi oleh UMKM di Kota Malang dalam menerapkan BPM di era digital. Melalui pendekatan kualitatif dengan wawancara dan observasi pada beberapa pelaku UMKM, ditemukan bahwa risiko terbesar meliputi keterbatasan teknologi, resistensi terhadap perubahan, dan kurangnya pemahaman terhadap konsep BPM. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis untuk memitigasi risiko dan mengoptimalkan implementasi BPM dalam konteks lokal.
References
Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J., & Reijers, H. A. (2018). Fundamentals of Business Process Management. Springer.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
vom Brocke, J., & Rosemann, M. (Eds.). (2015). Handbook on Business Process Management 1: Introduction, Methods, and Information Systems. Springer.
Hammer, M. (2010). What is Business Process Management? Handbook on Business Process Management, 3–16.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.
Smith, H., & Fingar, P. (2003). Business Process Management: The Third Wave. Meghan-Kiffer Press
BPM Institute. (2020). Global BPM Market Trends. Retrieved from www.bpminstitute.org
vom Brocke, J., Schmiedel, T., Recker, J., Trkman, P., Mertens, W., & Viaene, S. (2014). Ten Principles of Good Business Process Management. Business Process Management Journal, 20(4), 530–548.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.