Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Pada Konsumen Flicka Bags Official Shop Shopee.co.id Di Kota Surabaya)

Authors

  • Ayu Devina Putri STIE Mahardhika Surabaya
  • Purwanto Purwanto STIE Mahardhika Surabaya
  • Evi Thelia Sari STIE Mahardhika Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v3i5.4442

Keywords:

Electronic Word of Mouth (eWOM), Persepsi harga, Keputusan pembelian online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian online konsumen Flicka Bags Official Shop di Shopee, dengan fokus pada konsumen di Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei, melibatkan 110 responden. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah eWOM dan persepsi harga, sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian online. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang divalidasi dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eWOM dan persepsi harga memiliki pengaruh positif dan signifikan, baik secara parsial maupun simultan, terhadap keputusan pembelian online. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi literatur pemasaran digital dan menjadi referensi bagi pelaku usaha untuk meningkatkan strategi pemasaran melalui pengelolaan ulasan online dan strategi penetapan harga.

References

Amilia, S., & Asmara, M. O. (2017). The Influence of Brand Image, Price, and Product Quality on Purchase Decisions for Xiaomi Brand Mobile Phones in Langsa City. Unsam Journal of Management and Finance, 6(1), 660–669. https://ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/213

APJII. (2024). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang.

Didik, S. (2022). Analisis Keputusan Pembelian Produk E-Commerce Shopee di Kalangan Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang. Jurnal Student Research.

Jalilvand, M. R., & Samiei, N. (2012). The effect of electronic word of mouth on brand image and purchase intention: An empirical study in the automobile industry in Iran. Marketing Intelligence & Planning, 30(4), 460–476. https://doi.org/10.1108/02634501211231946

Malik, M., & Yaqobo, A. (2012). Pengaruh Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian. Management Studies and Entrepreneurship Journal.

Yunita, N. R., Sumarsono, H., & Farida, U. (2019). Pengaruh Persepsi Resiko, Kepercayaan dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Bukalapak. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 90–105.

Downloads

Published

2025-05-07