Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Pada Konsumen Flicka Bags Official Shop Shopee.co.id Di Kota Surabaya)
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v3i5.4442Keywords:
Electronic Word of Mouth (eWOM), Persepsi harga, Keputusan pembelian onlineAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Electronic Word of Mouth (eWOM) dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian online konsumen Flicka Bags Official Shop di Shopee, dengan fokus pada konsumen di Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei, melibatkan 110 responden. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah eWOM dan persepsi harga, sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian online. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang divalidasi dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eWOM dan persepsi harga memiliki pengaruh positif dan signifikan, baik secara parsial maupun simultan, terhadap keputusan pembelian online. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi literatur pemasaran digital dan menjadi referensi bagi pelaku usaha untuk meningkatkan strategi pemasaran melalui pengelolaan ulasan online dan strategi penetapan harga.
References
Amilia, S., & Asmara, M. O. (2017). The Influence of Brand Image, Price, and Product Quality on Purchase Decisions for Xiaomi Brand Mobile Phones in Langsa City. Unsam Journal of Management and Finance, 6(1), 660–669. https://ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/213
APJII. (2024). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang.
Didik, S. (2022). Analisis Keputusan Pembelian Produk E-Commerce Shopee di Kalangan Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang. Jurnal Student Research.
Jalilvand, M. R., & Samiei, N. (2012). The effect of electronic word of mouth on brand image and purchase intention: An empirical study in the automobile industry in Iran. Marketing Intelligence & Planning, 30(4), 460–476. https://doi.org/10.1108/02634501211231946
Malik, M., & Yaqobo, A. (2012). Pengaruh Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian. Management Studies and Entrepreneurship Journal.
Yunita, N. R., Sumarsono, H., & Farida, U. (2019). Pengaruh Persepsi Resiko, Kepercayaan dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Bukalapak. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 90–105.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.