PENGARUH WORD OF MOUTH DAN BRAND AWARENESS TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK SEPATU VENTELA DI KOTA MALANG (STUDI PADA MAHASISWA DI POLITEKNIK NEGERI MALANG)
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v3i5.4479Keywords:
word of mouth, brand awareness, minat beli, sepatu lokal, Sepatu VentelaAbstract
Persaingan bisnis antara sepatu lokal dengan sepatu import terus mengalami peningkatan, bisnis sepatu lokal yang terus berkembang adalah Sepatu Ventela. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis word of mouth dan brand awareness terhadap minat beli konsumen Sepatu Ventela di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang disebarkan secara langsung pada 100 mahasiswa Politeknik Negeri Malang, dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi berganda dan uji hipotesis. Berdasarkan termuan penelitian disimpulkan secara parsial dan simultan word of mouth dan brand awareness berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Sepatu Ventela diharapkan terus membuat promosi yang menarik agar tetap menjadi bahan perbincangan perbincangan dan terus melakukan inovasi dan kolaborasi dengan para entertainer terkenal untuk dapat terus meningkatkan kesadaran merek masyarakat mengenai Sepatu Ventela.
References
Daftar Rujukan
Ardiani & Sari. 2021. Pengaruh Word of mouth, Persepsi Resiko dan Picturial Warning Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol.4, No. 3 Edisi Khusus
Bimantari, C. 2019. Pengaruh Kesadaran Merek, Kualitas yang Dirasakan, dan Sikap Merek pada Niat Beli Biskuit Oreo di Surabaya. Jurnal of Business and Banking. Vol. 8, No. 2, 2019:195-212
Chandra. 2023 Pengaruh Brand awareness, Brand Image, dan Digital Markeing Terhadap Minat Beli Pada PT. Duta Global Indonesia. Universitas Putera Batam Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Batam. Skripsi tidak dipublikasikan
Charviandi, A., Noviany, H., Suhartini, Y., Wijaya, A., & Abdullah, M.. 2023. Manajemen Pemasaran (Perspektif Digital Marketing). Purbalingga: Eureka Media Aksara.
Dewi, N., Abdi, I., Adiningrat, G., Riyasa, I., Sukartini, N., & Saputra, U., 2023. Sosial Media Marketing. Bali: CV. Intelektual Manifes Media.
Firdaus. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Analisis Regresi IBM SPSS Statistics version 26.0. Riau: DOTPLUS Publisher.
Hermawan, I. 2019. Metodologi Penelititan Pendidikan Kuantitati, Kualitatif dan Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran.
Kumala, O. 2014. Pengaruh Word of mouth terhadap minat beli konsumen pada Tune Hotel Kuta Bali. Universitas Indonesia Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Depok. Skripsi tidak dipublikasikan.
Latief, R. 2018. Word of mouth Communication Penjualan Produk. Surabaya: Media Sahabat Cendikia.
Mokhtar. 2020. Pengaruh Word of mouth dan Brand Image Terhadap Minat Beli Kosmetik Wardah Di Kota Makassar. Jurnal Stienobel Indonesia. e-ISSN: 2621-4377 & p-ISSN: 1829-8524
Mulyanto. 2019. Pengaruh Brand awareness dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Pokpiah Surabaya Di Wilayah Surabaya Barat. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Vol. 4, No. 1, April 2019: 180-188
Nuraeni, Yusnita, & Lestari. 2022. Pengaruh Desain Henna, Persepsi Harga dan Word of mouth Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis. Vol. 3, No.2
Priansa, D. 2021. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Putri, D., Sudirman, A., Suganda, A., Kartika, R., Martini, E., Susilowati, H., Bambang., Trenggana, A., Zulfikar, R., Handayanti, T., Kusuma, G., Triwardhani, D., Rini, N., Pertiwi, W., & Roslan, A.. 2021. Brand Marketing. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Sunjaya & Erdiansyah, 2019. Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Dunkin’ Donuts Indonesia. Prologia. Vol. 3, No. 1, Hal 99-104
Sutisna. & Susan, M. 2022. Perilaku Konsumen Sebagai Dasar untuk Merancang Strategi Pemasara. Yogyakarta: Andi.
Ventela dan Tantangan Popularitas Sepatu Lokal di Indonesia, 29 Februari 2020. https://www.kompas.id/baca/riset/2020/02/29/ventela-dan-tantangan-popularitas-sepatu-lokal-di-indonesia (diakses pada 8 Maret 2024)
Veronika & Manulu. 2023. Pengaruh Komunikasi Word of mouth Dan Harga Terhadap Minat Beli Pelanggan PT. Santani Sejahtera. Jurnal Administrasi dan Manajemen. E-ISSN 2623-1719 & P-ISSN: 1693-6876
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.