PENGARUH PENGETAHUAN DAN PERSEPSI BAGI HASIL TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH

(Studi kasus di Desa Bukit Tigo Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun)

Authors

  • Amirul Mukminin Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Ahmad Syahrizal Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Victor Diwantara Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v1i4.455

Keywords:

Knowledge, Perception of Profit Sharing, Interest in Becoming a Customer

Abstract

This research aims to determine the influence of knowledge and perception of profit sharing on interest in becoming a customer at a Sharia Bank in the community of Bukit Tigo Village, Singkut District, Sarolangun Regency. This research used a quantitative approach which was carried out by distributing questionnaires to 96 people in Bukit Tigo Village, Singkut District. The data analysis methods used in this research are instrument tests (validity and reliability tests), classical assumption tests (normality, multicollinearity and heteroscedasticity tests) and multiple linear regression analysis and statistical tests (t test, F test and coefficient of determination R2) . The results of this research show that knowledge has a positive and significant effect on interest in becoming a customer which can be determined using the t test with a significance value of 0.0039 < 0.05 and a tcount > ttable value of 2.092 > 1.98580. Perception of Profit Sharing has a positive and significant effect on interest in becoming a customer as evidenced by the significance value of 0.019 < 0.05 and the value and value of tcount > ttable, namely 2.397 > 1.98580. Simultaneously, knowledge and perception have a positive and significant effect on interest in becoming a public customer at Sharia Bank which can be seen from the F test, namely fcount > ftable or 5,329 > 3.09 and the resulting significance value is 0.006 < 0.005. The determinant coefficient value is 0.103 or 10.3% and the remaining 0.897 or 89.7% can be explained by other variables outside this research.

References

Buku

Adiwarman A. Karim, Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Agama RI, Departemen. Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: Syamil Qur’an, 2017.

Firmansyah, M Anang. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran).Yogyakarta: Deepublish ,2018.

Ghozali, Imam .Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.2013.

Kotler, Keller. Manajemen Pemasaran ,Edisi Ketiga Belas Jilid 2 ,Jakarta: Erlangga, 2014

Muhamad. Manajemen Bank Islam.Yogyakarta : UAD PRESS,2018.

Rafidah.Produk Perbankan Syariah Teori dan Praktek”Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama,2018.

Subhan,Muhamad. Manajemen Keuangan Syariah. NTB : Forum Pemuda Aswaja,2021.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta,2016

Yuniarti, Vinna Sri. Prilaku Konsumen Teori Dan Pratik ,Bandung: Pustaka Setia, 2015.

Majalah, Ilmiah dan Jurnal

Abdul Haris Romhani dan Dita Ratnasari,” Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Produk dan Religiusitas Terhadap Minat Untuk Menjadi Nasabah di Lembaga Keuangan Mikro Syariah” , Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol 04. no.02 (2018). http://doi.org/10.29040/jiei.v4i02.307

Alifa Dwi Novianti dan Luqman Hakim, " Pengaruh Pengetahuan, Produk dan Religius Terhadap Minat Menabung Pada Bank Syariah Dengan Variabel Moderating Persepsi", Jurnal Pendidikan Akutansi , Vol 09, no.01 (2021). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/38773

Bella Elma Desviana,” Pengaruh Strategi Pemasaran dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih Bank Syariah Mandiri di Samarinda ” , Jurnal BSR Borneo Studies And Research, Vol 02. no.01 (2020). https://journals.umkt.ac.id/index.php/bsr/article/view/1810

EKSISBANK(Ekonomi Syariah dan Bisnis Syariah”,Vol 7.nhttp://ejournal.org/34.543/jiei.v4i02.321.diases pada 1 Maret 2023.

Imran, Bambang Hermawan, “ Pengaruh Persepsi Masyarakat Batam Tentang Bank Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk Bank Syariah,” Jurnal Business Administasion, Vol.1 , no 2 .2017

Lestari, Novienti dwi , Masruchin.Pengaruh Persepsi dan Pengetahuan Masyarakat Terhadap Minat Menjadi Nasabah Di Bank Syariah.”Jurnal o.1.2023.http://journal.sties-purwakarta.ac.id/index.php/EKSISBANK diakses pada 2 Agustus 2023.

Nisa, “Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.”, Jurnal Universitas Indraprasta PGRI , Vol. II No. 1 Maret 2015. http://doi.org/10.29040/jiei.v4i02.307. diakses pada tangga10 Juni 2023.

Novianti,Alifa Dwi, Luqman Hakim, " Pengaruh Pengetahuan, Produk dan Religius Terhadap Minat Menabung Pada Bank Syariah Dengan Variabel Moderating Persepsi", Jurnal Pendidikan Akutansi , Vol 09, no.01 .2021. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/38773.

Nurul Khotimah, “ Pengaruh Religiusitas, Citra Perusahaan dan Persepsi Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Menabung dan Loyalitas di Bank Syariah Mandiri ( Studi Kasus Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Gresik), Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen Vol 05 no 01 (2018), https://doi.org/10.30996/jmm17.v5i01.17.12.

Otoritas Jasa Keuangan, https://www.ojk.go.id/ojk nstitute/id/capacitybuilding/upcoming/1340/memperkuat-literasi-dan-inklusi-keuangan-syariah.2023.diakses pada tanggal 5 agustus 2023.

Romdhani, Abdul ,Dita Ratnasari,” Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Produk dan Religiusitas Terhadap Minat Untuk Menjadi Nasabah di Lembaga Keuangan Mikro Syariah” , Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol 04. no.02 .2018. http://doi.org/10.29040/jiei.v4i02.307.

Sari Angriani, " Pengaruh Persepsi Keyakinan dan Bagi Hasil Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah ( Studi Kasus Mahasiswa Surabaya) " Jurnal: Ilmiah ,Vol 08 no.01, 2019. http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/3853

Sayutii una, Pedoman Penulisan Skripsi.(Jambi: Press Fakultas Syariah IAIN Sulthan Thaha Saifudin Jambi, 2014.

Siti Aziza, Jalil, Abdul dan Hamzah, “Pengaruh Bagi Hasil Dan Kebutuhan Modal Terhadap Minat UMKM Mengajukan Pembiayaan Pada Lembaga Keuangan Syariah Di Kota Palu, “Jurnal Ilmu Perbankani Dan Keuangan Syariah, Vol 2 no 2 .2020. http://journal.org/234.5,432.diakses pada 1 Maret 2023.

Siti Nazariah Nasution dan Susianto,” Pengaruh Pengetahuan Masyarakat Terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah Mandiri KCPsy Belawan (Studi Kasus Masyarakat Kelurahan bewalan II ", Jurnal:FEB Vol 01,.no.01 (2019).

Soraya, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Jakarta Dalam Memngakses Fortal Media Jakarta Smart City.” Jurnal Komunikasi, Volume VI Nomor 1, Maret 2015 .11 diakses pada tanggal 10 juni 2023

Wahab,Wirdayani , “Pengaruh Tingkat Bagi Hasil Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah, “Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam., Vol 1 no 2 .2016,

Yoesmanam ,Indarto Candra,”Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Persepsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kosmetik Organik”, Jurnal BISMA ( Bisnis Dan Manajemen), Vol.7.no2.2015. http://doi.org/10.29040/jiei.r54/56.767diakses pada 1 Maret 2023.

Downloads

Published

2023-10-01

Issue

Section

Articles