STRATEGI PEMASARAN PRODUK DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN HOME INDUSTRY KERUPUK BAWANG PUTRI TANJUNG KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v1i4.458Keywords:
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Volumen Penjualan, dan Home Industry.Abstract
Penelitian ini berjudul strategi pemasaran produk dalam meningkatkan produk Home Industry Kerupuk Bawang Putri Tanjung Kota Jambi. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun jenis dan sumber data yang dibutuhkan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, kuesioner penelitian dan dokumentasi, sedangkan metode analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, analisis penelitian ini menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini adalah stratelgil pelmasaran yang diltelrapkan olelh Home l I l industri Kelrupuk Bawang Kota Jambil delngan melnelrapkan marke l ti l ng mi l x atau bauran pelmasaran mellilputil belbelrapa komponeln yailtu produk, harga, telmpat dan promosil. Altelnatilf stratelgil yang selbaiknya diltelrapkan Home l I l ndustry Kelrupuk Bawang Putril Tanjung Kota Jambil, belrdasarkan hasill analilsa SWOT adalah stratelgil SO ( Stre l ngth-Opportuni l ti l e ls ) dilkarelnakan kelkuatan yang telrdapat pada usaha kelrupuk bawang pada Home l I l industri Kelrupuk Bawang Putril Tanjung Kota Jambil relatilf lelbilh unggul dilbandilng delngan kellelmahannya. Home industri Kerupuk Bawang Putri Tanjung Kota Jambi diharapkan mampu menghadirkan bauran pemasaran yang lebih baik. Seperti dalam hal promosi bisa ditambahkan lagi untuk melakukan promosi online sehingga dapat meningkatkan penjualan. Saran yang diberikan adalah Home industri Kerupuk Bawang Putri Tanjung Kota Jambi diharapkan mampu menghadirkan bauran pemasaran yang lebih baik. Seperti dalam hal promosi bisa ditambahkan lagi untuk melakukan promosi online sehingga dapat meningkatkan penjualan, kemudian untuk mengatasi hambatan strategi pemasaran dan meningkatkan penjualan, suatu usaha yang berhasil mencapai tujuan sangat dipengaruhi oleh kemampuam perusahaan dalam memasarkan produk. Pemasaran harus jeli melihat dan membaca setiap peluang yang ada dalam memenuhi kebutuhan pelanggan serta memasrkan produknya.
References
Adilwarman A. Karilm. Elkonomil Milkro Ilslam Eldilsil Kel-3. Jakarta: Rajawalil Prelss, 2010.
Al-Qur’an Dan Telrjelmah, N.D.
Assauril, Sofjan. Manajelmeln Pelmasaran, 2013.
Bucharil Alma And Donnil Junil Prilansa. Manajelmeln Bilsnils. Jakarta: Ghalila, 2019.
Charlels El, Bamfor. Stratelgy: Sustailnablel Advancel And Pelrformancel. Canada: South Welstelrn Celngagel Lelarnilng, 2010.
Fandy Tjilptono. Manajelmeln Pelmasaran. Jakarta: Pustaka Karya, 2011.
———. Manajelmeln Pelmasaran. Jakarta: Pustaka Karya, 2018.
Freldil Rangkutil. Melasurilng Costumelr Satilsfactilon : Telknilk Melngukur Dan Stratelgil Melnilngkatkan Kelpuasan Pellanggan. Jakarta: Grameldila Pustaka Utama, 2010.
Giltosudarmo, Ilndrilyo. Manajelmeln Pelmasaran. Eldilsil Pelrtama. Yogyakarta: Bpfel, 2020.
Harilmurtil. Manajelmeln Usaha Kelcill. Yogyakarta: Bpfel, 2012.
Murdilfiln Hamilng. Manajelmeln Produksil Modelrn. Jakarta: Pt. Bumil Aksara, 2011.
Phillilp Kotlelr And Armstrong. Manajelmeln Pelmasaran. Jakarta, 2011.
Nur Ilndrilanto And Bambang Supomo. Meltodel Pelnelliltilan Bilsnils. Yogyakarta: Bp/Fel, 2010.
Stanton, Willlilam J. Prilnsilp Pelmasaran. 7th Eld. Jakarta: Elrlangga, 2016.
Sugilono. Meltodel Pelnelliltilan Kuantiltatilf, Kualiltatilf Dan R&D. Bandung: Alfabelta, 2016.
Sula, Muhammad Syakilr. Syaril’ah Markeltilng. Bandung: Milzan Pustaka, 2006.
Suratilyah. Ilndustril Kelcill Dan Rumah Tangga (Pelngelrtilan, Delfilnilsil, Dan Contohnya). Yogyakarta: Ugm, 2019.
Suryana. Kelwilraushaan. Jakarta: Salelmba Elmpat Patrila, 2006.
Susantil Adil Nugroho. Hukum Pelrsailngan Usaha Dil Ilndonelsila, Dalam Teloril Dan Praktelk Selrta Pelnelrapan Hukumnya. Jakarta: Kelncana, 65.
Swastha Dh, Basu. Stratelgil Pelmasaran. Jakarta: Radja Grafilndo Pelrsada, 2019.
Swastha Dh, Basu, And Ilrawan. Manajelmeln Pelmasaran Modelrn. Yogyakarta: Lilbelrty., 2013.
Thamriln Abdullah. Manajelmeln Pelmasaran. Jakarta: Grameldila Pustaka, 2010.
Wildilawatil. Kelrupuk Bawang Putril Tanjung, Novelmbelr 2023.
Jurnal:
Atmoko, Telmotelus Praseltyo Hadil. “Stratelgil Pelmasaran Untuk Melnilngkatkan Volumel Pelnjualan Dil Cavilnton Hotell Yogyakarta.” Journal Of Ilndonelsilan Tourilsm, Hospiltalilty And Relcrelatilon 1, No. 2 (Novelmbelr 4, 2018): 83–96. Https://Doil.Org/10.17509/Jilthor.V1il2.13769.
Kurnilawan. “Prosels Kelmatangan Elmosil Pada Ilndilvildu Delwasa Awal Yang Dilbelsarkan Delngan Pola Asuh Orang Tua Pelrmilsilf” 5 (2020): 21.
Makmur, Sapriljal. “Stratelgil Pelnjualan Dalam Melnilngkatkan Volumel Pelnjualan (Studil Pada S-Mart Swalayan Pasilr Pangarailan)” 3 (January 2015).
Nellwan, Olilvila S, And Tila Artilka. “Pelngaruh Stratelgil Pelmasaran, Kualiltas Pellayanan Dan Nillail Nasabah Telrhadap Kelpuasan Nasabah Pada Pt. Bank Capiltal Ilndonelsila Tbk Cabang Wilsma Kodell.” Jurnal Stelil Elkonomil 27, No. 1 (Felbruary 19, 2019): 80–99. Https://Doil.Org/10.36406/Jelmil.V27il1.158.
Rusdil, Moh. “Stratelgil Pelmasaran Untuk Melnilngkatkan Volumel Pelnjualan Pada Pelrusahaan Gelntilng Ud. Belrkah Jaya.” Jurnal Studil Manajelmeln Dan Bilsnils 6, No. 2 (Delcelmbelr 6, 2019): 83–88. Https://Doil.Org/10.21107/Jsmb.V6il2.6686.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










