Analisis Efektivitas Media Sosial dalam Meningkatkan Brand Awareness di DBD Powder

Authors

  • Amanda Palupi Universitas Negeri Jakarta
  • Christian Wiradendi Wolor Universitas Negeri Jakarta
  • Eka Dewi Utari Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v3i5.4643

Keywords:

Brand awareness; Digital Strategy; Social Media

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemanfaatan media sosial untuk meningkatkan brand awareness, strategi dan efektivitas media sosial dalam meningkatkan brand awareness, tantangan dan solusi yang dihadapi dalam pengelolaan media sosial untuk meningkatkan brand awareness. Unit analisis penelitian ini yaitu karyawan di DBD Powder yang mengetahui dan mengelola media sosial di perusahaan tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DBD Powder memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi utama melalui strategi konten edukatif dan visual yang konsisten. Meskipun terdapat peningkatan interaksi dan jangkauan konten, tingkat brand awareness belum menunjukkan hasil yang signifikan secara menyeluruh. Beberapa tantangan seperti kesulitan menjangkau target pasar yang spesifik, dinamika tren digital yang cepat berubah, serta keterbatasan sumber daya menjadi faktor penghambat. Solusi yang diterapkan antara lain adalah kolaborasi dengan agensi konten, peningkatan intensitas unggahan harian, serta analisis performa konten secara rutin. Oleh karena itu, hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan saran dan pandangan baru tentang efektivitas media sosial dalam meningkatkan brand awareness.

Kata Kunci: Media Sosial; Kesadaran Merek; Strategi Digital

References

Adheliana, D. and Sandy, S. (2023). Desain content marketing media sosial guna membangun brand awareness daya potensia indonesia. Admit, 1(2), 281-303. https://doi.org/10.33509/admit.v1i2.1918

Adrian, D. and Mulyandi, M. (2020). Manfaat pemasaran media sosial instagram pada pembentukan brand awareness toko online. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(2), 215-222. https://doi.org/10.36418/jiss.v2i2.195

Agnesia, T., Rachman, I., & Rahayu, F. (2022). Pengaruh brand awareness, perceived quality dan brand loyalty terhadap brand equity pada produk pasta gigi. Jurnal Ekonomi Trisakti, 2(2), 1541-1550. https://doi.org/10.25105/jet.v2i2.14914

Akbar, M. F., Ati, H. D. L., & Sukarson, A. (2024). Peran TikTok dalam meningkatkan brand awareness di kalangan milenial dan Gen Z. Journal Media Public Relations, 4(1), 52-57.

Al Badar, S., & Listiani, E. (2023, January). Strategi Pengelolaan Social Media Marketing dalam Meningkatkan Brand awareness. In Bandung Conference Series: Communication Management (Vol. 3, No. 1, pp. 332-338).

Almira, S., Hafiar, H., & Prastowo, F. (2023). Pengaruh social media marketing activities terhadap brand equity itdri di telkom group. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 7(2), 423-438. https://doi.org/10.24912/jmieb.v7i2.26253

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Asrulla, R., Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan sampling (kuantitatif), serta pemilihan informan kunci (kualitatif) dalam pendekatan praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26320-26332.

Bruhn, M., Schoenmueller, V., & Schäfer, D. B. (2012). Are social media replacing traditional media in terms of brand equity creation?. Management research review, 35(9), 770-790.

Chandra, C. and Keni, K. (2019). Pengaruh brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyalty terhadap customer purchase decision. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 176. https://doi.org/10.24912/jmieb.v3i1.3506

Chierici, R., Del Bosco, B., Mazzucchelli, A., & Chiacchierini, C. (2019). Enhancing brand awareness, reputation and loyalty: The role of social media. International journal of Business and Management, 14(1), 216-228.

Dewi, Ariyana Citra, and Puspa Novitasari. "Enhancing of Purchase Intention: The Role of Social Media Influencer and Brand awareness." Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan (2023): 16-25.

Diniati, A., Sutarjo, M., & Primasari, I. (2023). Pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran digital bagi pelaku umkm kabupaten sumedang. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 553-561. https://doi.org/10.59395/altifani.v3i4.458

Endyana, M. D. A., & Ardani, I. G. A. K. S. (2019). Peran Brand awareness Memediasi Pengaruh Advertising Terhadap Keputusan Pembelian (Doctoral dissertation, Udayana University).

Esch, F., Schmitt, B., Redler, J., & Langner, T. (2009). The brand anchoring effect: a judgment bias resulting from brand awareness and temporary accessibility. Psychology and Marketing, 26(4), 383-395. https://doi.org/10.1002/mar.20278

Ferbita, L., Setianti, Y., & Dida, S. (2020). Strategi digital branding lembaga ilmu pengetahuan indonesia (lipi) melalui media sosial. Journal Acta Diurna, 16(2). https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2020.12.2.2865

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S. R. I., Honesti, L., Wahyuni, S. R. I., Mouw, E., ... & Ambarwati, K. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March). Surabaya: PT. Pustaka Pelajar. https://scholar. google. com/citations.

GANIS, D. S. (2023). Pemanfaatan Instagram Sebagai Social Media Marketing Zenius Education Dalam Membangun Brand awareness (Studi Deskriptif Kualitatif pada Startup Edutech Zenius Education) (Doctoral dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta).

Ismail, A. (2017). The influence of perceived social media marketing activities on brand loyalty. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 29(1), 129-144. https://doi.org/10.1108/apjml-10-2015-0154

Jalil, M., Lada, S., Bakri, M., & Hassan, Z. (2021). Halal cosmetics repurchase intention: the role of marketing on social media. Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, 7(4). https://doi.org/10.21098/jimf.v7i4.1379

Kalkautsar, F. A., & Listiani, E. (2022, January). Pengaruh Konten Instagram terhadap Brand awareness. In Bandung Conference Series: Communication Management (Vol. 2, No. 1, pp. 228-232).

Kholifah, N., Satriyono, G., & Pangastuti, R. (2023). Pengaruh sosial media marketing dan brand awareness terhadap purchase intention. Jurnal Ekonomi Utama, 2(2), 180-187. https://doi.org/10.55903/juria.v2i2.77

Komalasari, D. (2024). Brand Image and Satisfaction Drive Repurchase Intentions, While Ambassadors Fail in Indonesia. Indonesian Journal of Law and Economics Review, 19(2), 10-21070.

Komara, D. and Widjaya, S. (2024). Memahami perilaku informasi gen-z dan strategi melawan disinformasi: sebuah tinjauan literatur penggunaan media sosial. Jurnal Pustaka Ilmiah, 10(2), 155. https://doi.org/10.20961/jpi.v10i2.85775

Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39.

Meivanda, R. M., & Zuhri, S. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Brand awareness pada Akun@ photose. id. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 691-702.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151.

Oktaviani, F. and Rustandi, D. (2018). Implementasi digital marketing dalam membangun brand awareness. Profesi Humas, 3(1), 1. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878

Oktaviani, F. and Rustandi, D. (2018). Implementasi digital marketing dalam membangun brand awareness. Profesi Humas, 3(1), 1. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878

Paramita, B., Watratan, R., & Rupianti, R. (2023). Pengaruh content marketing dan celebrity endorsement terhadap brand awareness. Prosiding Seniati, 7(2), 208-219. https://doi.org/10.36040/seniati.v7i2.7923

Paramita, D., & Adjie, A. R. (2023). Trusting Belief dalam Memediasi Pengaruh Brand awareness dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Tas Handmade Like IT D. Journal of Economics and Business UBS, 12(5), 2795-2811.

Putri, F. and Hendratmi, A. (2022). Pengaruh celebrity endorser dan content marketing terhadap purchase intention fashion muslim. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 9(5), 672-680. https://doi.org/10.20473/vol9iss20225pp672-680

Qomaruddin, Q., & Sa'diyah, H. (2024). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman. Journal of Management, Accounting, and Administration, 1(2), 77-84.

Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.

Rahmadhani, U., Purnomo, D., & Pujianto, T. (2021). Strategi Promosi dalam Meningkatkan Brand awareness melalui Media Sosial Instagram pada Startup Trafeeka Coffee. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 5(2), 377-389.

Ratnaningtyas, E. M., Saputra, E., Suliwati, D., Nugroho, B. T. A., Aminy, M. H., Saputra, N., & Jahja, A. S. (2023). Metodologi penelitian kualitatif. No. Januari. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Resty, D., Loisa, R., & Pandrianto, N. (2023). Analisis Komunikasi Pemasaran Kedai Kopi dalam Membangun Brand awareness melalui Media Sosial (Studi Kasus pada Instagram Kopi Lain Hati). Jurnal Prologia.

Rimadias, S., Alvionita, N., & Amelia, A. P. (2021). Using social media marketing to create brand awareness, brand image, and brand loyalty on tourism sector in Indonesia. Journal the Winners, 22(2), 173-182.

Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. (2022). Strategi dalam menjaga keabsahan data pada penelitian kualitatif. Al-'Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54-64.

Salsabiela, F. H., Listyorini, S., & Purbawati, D. (2022). Pengaruh Pemilihan Brand Ambassador dan Brand awareness terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli Konsumen Kopi Lain Hati Wonosobo. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(3), 504-513.

Social, We Are. 2022. "Jumlah Pengguna Aktif Sosial Media di Indonesia."

Sulistiyo, U. (2023). Metode penelitian kualitatif. PT Salim Media Indonesia.

Syam, S. and Kurniawati, K. (2023). Konsekuensi social media marketing pada produk skincare lokal. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(1), 439-450. https://doi.org/10.25105/jet.v3i1.15601

Talib, N. R. A., & Sari, M. N. (2024). Analisis Efektivitas Penggunaan Media Sosial dalam Peningkatan Brand awareness pada UMKM Kota Tangerang Selatan di Era Digital. Jurnal Ekonomi Akuntansi Manajemen Agribisnis, 2(2), 87-96.

Taufik, T., Setiawan, P., Fitrian, Y., Hendrawan, E., Sucipto, S., & Andriyadi, A. (2023). Penyuluhan pemanfaatan sosial media untuk pemasaran produk umkm di masa era digitalisasi. J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 523-528. https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i3.6269

Tedja, G. and Abednego, F. (2022). Pengaruh sosial media terhadap pembentukan brand awareness dan purchase intention merek sepatu olahraga. JRB-Jurnal Riset Bisnis, 5(2), 168-189. https://doi.org/10.35814/jrb.v5i2.3123

Tohir, A. S. (2018). Consumer brand loyalty of fast fashion brands of young consumers in Indonesia. In International Conference on Business, Economic, Social Science and Humanities (ICOBEST 2018) (pp. 441-445). Atlantis Press.

Upadana, M. W. K., & Pramudana, K. A. S. (2020). Brand awareness memediasi pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian. E-Jurnal Manajemen, 9(5), 1921-1941.

Widiyanti, W. (2021). Analisis brand equity produk fashion hijab merek elzatta. Jurnal Perspektif, 19(1), 73-82. https://doi.org/10.31294/jp.v19i1.9824

Wijaya, L. A., & Wiratmojo, Y. B. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BUKU TULIS SISWA MELALUI SOCIAL MEDIA DALAM PEMBENTUKAN BRAND AWARENESS.

Wijaya, V., & Keni, K. (2022). Pengaruh celebrity endorsement terhadap purchase intention produk skincare dengan brand trust dan brand attitude sebagai variabel mediasi. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 6(2), 274

Yasin, M. M., & Vidiati, C. (2024). Implementasi Pemasaran Melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Brand awareness UMKM Fashion Batik Fractal. Money: Journal of Financial and Islamic Banking, 2(2), 188-194.

Yudhyani, E. (2024). Strategi Pemasaran Berbasis Media Sosial Dan Dampaknya Terhadap Brand awareness. Prosiding Frima (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 1(7), 1559-1568.

Downloads

Published

2025-05-23