Pengaruh Strategi Pemasaran, dan Kreativitas Digital terhadap Jiwa Kewirausahaan Generasi Z pada Era Ekonomi Kreatif di Kota Medan
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v3i5.4842Keywords:
Creative economy; Digital creativity; Entrepreneurial spirit; Generation Z; Marketing strategyAbstract
Ekonomi kreatif merupakan sektor yang memperdayakan kreativitas, inovasi dan keterampilan individu untuk menciptakan nilai tambah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pemasaran terhadap jiwa kewirausahaan generasi Z di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Berdasarkan hasil pengumpulan data dengan jumlah data sebanyak 121 responden dari para generasi z di Kota Medan. Survei ini memiliki representasi responden Wanita yang lebih banyak yaitu sebanyak (69,4%) dibandingkan responden laki-laki yang hanya (30,6%). Usia dari para responden memiliki hasil yang cukup beragam yakni, usia 15 - 20 tahun sebanyak (83,2%) diikuti dengan usia 21 - 24 tahun sebanyak (16,8%). Sebagian besar responden (63,7%) tidak sedang menjalankan usaha sendiri, sedangkan (36,3%) lainnya sedang menjalankan usaha, dan juga mayoritas responden (61,1%) menggunakan media sosial untuk kegiatan usahanya.
References
Asri, Wahyu Kurniati, Syarifah Fatimah, Laelah Azizah, Femmy Angraeny, Universitas Negeri Makassar, and Fakultas Bahasa. “Pemberdayaan Ekonomi : Pelatihan Kewirausahaan Dan Keterampilan Untuk Masyarakat Pedesaan” 02, no. 02 (2024): 294–300.
Banjarnahor, Astri Rumondang, and Ovi Hamidah Sari. “Meningkatkan Minat Berwirausaha Generasi Z Melalui Literasi Digital Di Era Teknologi,” no. 1 (2023).
Hariyani, Reni, and Tio Prasetio. “Pengaruh Literasi Bisnis Digital Terhadap Intensi Berwirausaha Generasi Z Melalui Moderasi Financial Technology” 23, no. 1 (2025): 1–7.
Hidayat, Jane Fhasya. “Peran Generasi Milenial Dan Generasi Z Dalam,” 2022, 7–12.
Khoiriyah, Ummi, Isfandayani Isfandayani, and Mas Deden Tirtajaya. “Peran Generasi Z Dalam Penguatan Ekonomi Kreatif.” Devosi 3, no. 2 (2022): 6–14. https://doi.org/10.33558/devosi.v3i2.4580.
Luthfiyah, Ana, Aditiya Chandra Prasetiya, Maf Ulatul Ainiyah, Siti Sri Wulandari, and Susanti Susanti. “Tren Penelitian Minat Wirausaha Di Lingkungan Pendidikan Dan Masyarakat Tahun 2019 - 2024: Systematic Literature Review.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 9, no. 2 (2024): 763–72. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2182.
Mubadilah, Akhmad, Haris Karyadi, Evi Sirait, and Krisna Meidiyantoro B. “Analisis Dampak Strategi Pemasaran Digital Terhadap Pertumbuhan Bisnis Startup” 5, no. 11 (2024): 5442–52.
Octavia, Santi, Aris Eko, and P Amanda Putri. “Pengembangan Kewirausahaan Pemuda Di Era Digital,” no. 89 (n.d.).
Panjalu, Jatiro Feshago, R R Siti Muslikhah, Tri Lestari, and Wahyuning Utami. “Pemasaran Digital Untuk Branding Dalam Pengembangan UMKM Di Indonesia” 22, no. 1 (2024): 69–79.
Pariwisata, Jurnal Mata, and Zahara Fatimah. “Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Inovasi Produk Pariwisata Di Kota Batam Melalui Perspektif Kewirausahaan” 4, no. 1 (2025).
Rumpun, Jurnal, No Mei, Stie Al, Washliyah Sibolga, Stie Al, Washliyah Sibolga, Alamat Jalan, Padangsidimpuan Km, Kota Sibolga, and Prov Sumatera Utara. “Jumika Soupiawati Simbolon” 2, no. 3 (2025): 77–87.
Tehseen, Shehnaz, Ping Deng, Bing Wu, and Ying Gao. “Culture Values and Entrepreneurial Innovativeness: A Comparative Study of Malaysian Ethnic Entrepreneurs.” Journal of Small Business Management 61, no. 6 (2023): 2622–55. https://doi.org/10.1080/00472778.2021.1934848.
Tristianto, Muhammad Shevandry, and Leny Noviani. “Pengaruh Literasi Digital, Kreativitas, Pendidikan Kewirausahaan, Inovasi, Dan Efikasi Diri Terhadap Niat Berwirausaha Digital Mahasiswa Fkip Uns” 5, no. 3 (2024): 789–801.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










