Analisis Tren Pasar dan Kelayakan Produk UMKM Era Digital: Studi Kasus Desa Tampingmojo Jombang

Authors

  • Elza Luthfiyah Universitas Trunojoyo Madura
  • Nadia Nurfadila Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v3i5.4870

Keywords:

Adopsi teknologi, Pemasaran digital, UMKM

Abstract

Kemunculan teknologi digital membawa tantangan sekaligus prospek bagi usaha kecil dan menengah (UMKM), terutama di daerah seperti Tampingmojo, Jombang. Banyak pelaku UMKM merasa kesulitan untuk mengikuti lanskap pasar digital yang terus berubah. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif, dengan menggunakan kombinasi survei, wawancara, dan analisis tren pasar lokal. Temuan menunjukkan bahwa penerapan teknologi digital memberikan peluang yang cukup besar untuk memperluas jangkauan melalui saluran online. Meskipun demikian, mencapai kesuksesan dalam konversi digital bergantung pada kesiapan teknologi, inovasi produk, dan taktik pemasaran yang efektif. Menilai kelayakan pengembangan produk mencakup dimensi-dimensi seperti kondisi pasar, faktor produksi, praktik manajemen, pertimbangan keuangan, dan dampak sosial ekonomi. Studi ini menyimpulkan bahwa meningkatkan kemampuan digital dan merangkul teknologi sangat penting bagi UMKM untuk tetap kompetitif dalam jangka panjang. Oleh karena itu, ada kebutuhan untuk pelatihan dan bimbingan agar UMKM dapat beradaptasi dan berkembang dalam lanskap digital yang terus berkembang.

References

Adirama, Dyo Saginata, Panji Prasetio, Dwi Astuti. 2025. “Peran Analisis Kelayakan Bisnis Dalam Pengembangan Usaha Mikro , Kecil ,.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital 12(01):1539–43.

Aftitah, Fitri Nurul, Jacinda Labana K, Kamaliatun Hasanah, Nur Lailatul, Universitas Bina, and Sarana Informatika. 2025. “Pengaruh UMKM Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia Pada Tahun 2023 Pemerintah Mendukung UMKM Melalui Program Seperti Kredit Usaha Rakyat ( KUR ), Meskipun Penyalurannya Tahun 2023 Belum Memenuhi Target . UMKM Kini Terus.” Jurnal Kajian Dan Penalaran Ilmu Manajemen 3:32–43.

Alviani, Novi Algi, and Munawaroh. 2025. “Transformasi Digital Pada UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing Pasar Berikut : Pengumpulan Dan Karakterisasi Data , Analisis , Interpretasi Hasil , Dan Rekomendasi Data Yang Diperoleh Mencakup Data Kualitatif Melalui Proses Pemilihan Dan Penyederhanaan Data.” MASMAN: Master Manajemen.

Anon. n.d. “Kementerian Komunikasi Dan Digital.” Retrieved June 1, 2025 (https://www.komdigi.go.id/berita/siaran-pers/detail/siaran-pers-no-469-hm-kominfo-08-2024-tentang-umkm-level-up-menteri-budi-arie-kolaborasi-tingkatkan-kapabilitas-digital?utm_source=chatgpt.com).

Atmojo, Nabila Saputri; Muhammad Eko. 2024. “Implementasi Program Digitalisasi UMKM Melalui Rumah BUMN Yogyakarta.” Jurnal Wedana 10(1).

Budiarto Fadia, kiki, sherly. 2022. " Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) dalam Rangka Pengembangan UMKMDesa Ngampungan". Jurnal pengabdian kepada masyarakat 1(2):117-118

Dirgantara, Gusti Agung Gama, Mimpin Sitepu, and Fery Panjaitan. 2018. “Analisis Studi Kelayakan Pengembangan Usaha UMKM.” JURNAL ILMIAH PROGRESIF MANAJEMEN BISNIS 5(2).

Fatmawaty, A. St, A. Muh Arif Bijaksana, Luciana Buarlele, and Khaeriyah. 2024. “Pemberdayaan UMKM Melalui Digitalisasi : Meningkatkan Daya Saing Produk Lokal.” Journal Of Training and Community Service Adpertisi (JTCSA) 21–26.

Hafidz, Ainul. n.d. “Bantu UMKM, Pemdes Tampingmojo, Tembelang Jombang Fasilitasi Pelaku Usaha Urus NIB Hingga Sertifikat Halal - Radar Jombang - Halaman 2.” Retrieved June 1, 2025 (https://radarjombang.jawapos.com/titik-desa/664012836/bantu-umkm-pemdestampingmojo-tembelang-jombang-fasilitasi-pelaku-usaha-urus-nib-hingga-sertifikat-halal?page=2).

Hamza, A. 2022. " Strategi Pengembangan UMKM Desa CIibingbin menuju enterpreneurs village berbasis sumberdaya alam". Jurnal Pengabdian Dinamika 9(2).

Johannes, Raden, and Andry Alamsyah. 2021. “Sales Prediction Model Using Classification Decision Tree Approach For Small Medium Enterprise Based on Indonesian E-Commerce Data.” 1–8.

Komalasari, Eka, Nurmasari, Reti Al Munaya, and Rizma Gusridha Melati. 2025. “Transformasi Digital UMKM: Kapabilitas Teknologi Informasi Komunikasi Dan Kinerja Bisnis Usaha Kuliner Pekanbaru.” JURNAL MANAJEMEN BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN 380–93.

Kusuma, Abdi Pandu, Indyah Hartami Santi, and Dennys Setiawan. 2017. “Sistem Peramalan Penjualan Produk Usaha Kecil Menengah Berdasarkan Pola Data Riwayat Penjualan.” Jurnal Antivirus 11(2):113–33.

Maesaroh, Syti Sarah, Asep Nuryadin, Yogi Prasetyo, and Ardli Swardana. 2021. “Pelatihan Manajemen Keuangan Berbasis Digital Pada UMKM Kota Tasikmalaya.” Jurnal Abmas Negeri (JAGRI) 2(2):86–93. doi: 10.36590/jagri.v2i2.179.

Melati, Rima, Yuko Octaziano Blanco, Naura Firdausy, Adinda Dwi Ulfa Maharani, Muhammad Happy Kandias, and Mu’tasim Billah. 2022. “Pengembangan UMKM Melalui Digitalisais Di Desa Banjaragung Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang.” Karya 2(3):68–76.

Okky, E. Priana, W. Sishadiyati. 2023. "Pemanfaatan media digital dalam meningkatkan pemasaran dan pertumbuhan UMKM Desa Karangan Kabupaten jombang". Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9(21).

Purbowo, Faizah Maizatul, Nurhayati Dina. 2022. " Pelatihan Pemanfaatan Belimbing Wuluh sebagai Manisan di Desa Tampingmojo. Jurnal Kemitraan dan Pemberdayaan Masyarakat". Jurnal KeDayMas, 2(2).

Pratamansyah, Surya Ryan. 2024. “Transformasi Digital Dan Pertumbuhan UMKM : Analisis Dampak Teknologi Pada Kinerja Usaha Kecil Dan Menengah Di Indonesia.” Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Perencanaan Kebijakan 2(2):1–17.

Putri, Firyal Khaznah, Lathifah Bunga Anggraini, and Oktavia Ramadhani Dyatmiko. 2024. “Peran UMKM Ramah Lingkungan Dalam Peningkatan Ekonomi Lokal ( Godhong Asri Dalam Industri Eco-Printing ).” Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial 2(November):66–68.

Putri, M. A., & Nugroho, S. (2021). Digitalisasi Pemasaran UMKM dan Dampaknya terhadap Perekonomian Desa: Studi Kasus di Kabupaten Jombang. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, 12(3), 122-125.

Ramadhani, Dian, Rina Sonia, and Dwi Astuti. 2025. “Analisis Adopsi Teknologi Digital Dalam Studi Kelayakan Bisnis UMKM Di Era Transformasi Digital.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital 12(01):1519–21.

Supriyatno, Dwi Aris. n.d. “Pemdes Tampingmojo Tembelang Jombang Sulap Lapangan Desa Untuk Kegiatan UMKM - Jombang Banget.” Retrieved June 1, 2025 (https://jombangbanget-jawapos-com.cdn.ampproject.org/v/s/jombangbanget.jawapos.com/desa-kita/amp/2135876935/pemdes-tampingmojo-tembelang-jombang-sulap-lapangan-desa-untuk-kegiatan-umkm?amp_gsa=1&amp_js_v=a9&usqp=mq331AQIUAKwASCAAgM%3D#amp_tf=Dari %251%24s).

Setiawan, A., & Nugroho, Y. (2021). "Pengaruh Pelatihan Digital Marketing terhadap Peningkatan Penjualan UMKM di Era Industri 4.0. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 8(2), 145-156.

Sari, N. M., & Putra, I. G. N. (2021). Peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Komunitas di Desa Wisata. Jurnal Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, 5(2), 78-80.

Downloads

Published

2025-05-31