ANALISIS HUBUNGAN TINGKAT PENDAPATAN DENGAN KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI MINYAK GORENG
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v3i6.5106Keywords:
Consumer Decision; Income; Purchasing Cooking OilAbstract
This study aims to evaluate the relationship between income levels and consumer decisions in buying cooking oil. Data was obtained by sampling using the “proportional random sampling” technique with a sample of 40 respondents with a questionnaire as a data collection tool that had been prepared previously. The analysis method used is the Chi-Square test to test the significance of the relationship between income variables and purchasing preferences. Data processing was assisted by statistical package social science (SPSS) version 30. This research was conducted in May 2025. The research findings show that income has a significant effect on consumer decisions on the selection of cooking oil in the traditional market Simpang Limun Medan.
References
Adin Nugroho, P. G. (2022). Analisis Fenomena Harga Minyak Goreng di Indonesia dan Dampaknya terhadap Sektor Penyediaan Makan Minum. Dampaknya terhadap Sektor Penyediaan Makan Minum, 1(10), 102.
Andi N B, U. H. (2022). Kenaikan Harga Minyak Goreng dalam Perspektif Hukum Persaingan Usaha dan Ekonomi. Jurnal Justisia : Jurnal Ilmu Hukum, Perundang-Undangan Dan Pranata Sosia, 7(1), 61. doi:http://dx.doi.org/10.22373/justisia.v7i1.13212
Chania Mely Piana, F. A. (2024, September). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN MINYAK GORENG KEMASAN DI KOTA LANGSA. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(5), 399.
Destri Ariani, S. Y. (2017). Studi Kualitatif dan Kuantitatif Minyak Goreng yang Digunakan oleh Penjual Gorengan di Kota Sumbawa. Jurnal Tambora, 1.
Elisa, J. (2020). Perbedaan Indeks Bias Minyak Goreng Curah dengan Minyak Goreng Kemasan Bermerek Sunco. Jurnal Fisika Edukasi, 79.
Greiszya Priskila, P. D. (2022). Analisis Bilangan Peroksida Dan Asam Lemak Bebas Pada Minyak Goreng Curah Tidak Bermerek Di Pasar Tradisional. Jurnal Kimia dan Rekayasa, 22.
Hazen et al., A. K. (2022). KEWASPADAAN NASIONAL DALAM MENGHADAPI ANCAMAN KELANGKAAN MINYAK GORENG SEBAGAI BENTUK PERWUJUDAN BELA NEGARA. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 993. doi:https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2664
Hilman et al., S. G. (2022, Juli). Klasifikasi Kualitas Minyak Goreng berdasarkan Fitur Warna dan. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(7), 3270. Diambil kembali dari http://j-ptiik.ub.ac.id
Huurin‘iin et al., W. R. (2024, Juli). Analisis Preferensi dan Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 10(2), 2329. Diambil kembali dari https://jurnal.unigal.ac.id/mimbaragribisnis/article/download/14166/pdf
Khairunnisa Z, J. S. (2023). Gambaran Kadar Asam Urat pada Mencit yang Diinduksi Minyak Jelantah dengan Variasi Pemanasan. Jurnal Ilmiah Manusia dan Kesehatan, 143.
Khoirul Mahmudah, V. N. (2020). Penetapan Kadar Asam Lemak Bebas (Alb) Pada Minyak Goreng Kemasan Dan Minyak Goreng Curah Dengan Perlakuan Berdasarkan Lama Waktu Pemanasan. Jurnal Ilmu Farmasi, 3.
Liany Carolina Rambu Lika, S. S. (2023). Perbandingan Bilangan Asam Pada Sampel Minyak Goreng Kemasan dan Curah. Indonesian Journal of Pharmaceutical Research, 25.
Mankiw, N. G. (2016). Principles Of Economics (8th ed.). America: Cengage Learning .
MOHD et al., N. P. (2020). PENGARUH PENDAPATAN PER BULAN, HARGA, JUMLAH TANGGUNGAN KELUARGA, DAN SELERA TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI MINYAK GORENGCURAH DI PASAR TRADISIONAL. Agriprimatech, 3(2), 91-93. doi:https:10.34012/agriprimatech.v3i2.925
Mohd. Nawi Purba, S. R. (2020). Pengaruh Pendapatan Per Bulan, Harga, Jumlah Tanggungan Keluarga, dan Selera Terhadap Keputusan Membeli Minyak Goreng Curah Di Pasar Tradisional. Agriprimatech, 92.
Nasution, M. P. (2020). Pengaruh Pendapatan, Harga dan Merek (Bimoli dan Filma ) Terhadap Jumlah Minyak Goreng yang Dibeli (Studi Kasus : Ibu- ibu Rumah Tangga Kecamatan Kuala Simpang ). Agriprimatech, 26.
Nita Noriko, D. E. (2012). Analisis Penggunaan dan Syarat Mutu Minyak Goreng pada Penjaja Makanan di Food Court UAI. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Sains dan Teknologi, 148.
Nurul Jannah, Y. L. (2024). Analisis Perbandingan Kualitas Minyak Goreng Berdasarkan Parameter Asam Lemak Bebas. Indonesian Journal of Pharmacy and Natural Product, 16-20.
Philip Kotler, G. A. (2018). Principles Of Marketing (17th ed.). Pearson Education.
Putrisina Tarigan, D. B. (2020). Pengaruh Pendapan Per Bulan, Harga, Jumlah Tanggungan Keluarga , dan Selera Terhadap Keputusan Membeli Minyak Goreng Bimoli. Jurnal Insitusi Politeknik Ganesha Medan, 64.
Rengga, W. D. (2020). Karbon aktif: perpanjangan masa pakai minyak goreng. Yogyakarta: Deepublish. Dipetik 04 25, 2025, dari https://repository.deepublish.com/id/publications/593759/karbon-aktif-perpanjangan-masa-pakai-minyak-goreng
Sugiyono, D. (. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumual et al., D. T. (2024). Analisis Kebijakan Subsidi Pemerintah dan Upaya Mengatasi Kegagalan Pasar Komoditas Minyak Goreng. Diversity: Jurnall Ilmialh Palscalsalrjalna, 4(3), 196-197. doi:https://doi.org/10.32832/djip-uika.v4i3.15575
Walter Nicholson, C. S. (2017). Microeconomic Theory: Basic Principles and Extensions (12th ed.). Boston: Cengage Learning .
Wenny et al., O. S. (2023). Analisis Kimia Minyak Goreng Bekas Pedagang Gorengan Dengan Metode. Jurnal Diskursus Ilmiah Kesehatan, 1(2), 80. doi:10.56303/jdik.v1i2.161
Widya et al., F. P. (2023, Oktober). Analisis Kadar Asam Lemak Bebas dan Colour untuk Pengendalian Mutu Minyak Goreng di PT.X. Junal Ilmiah Teknik Industri Prima, 7(1), 20. Diambil kembali dari https://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/juriti/article/download/4323/2693/1705
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










