PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN HAJI INDONESIA

(Studi Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Mojokerto Mojopahit 2)

Authors

  • Nurul Azizah Ria Kusrini Institut Pesantren KH Abdul Chalim
  • Kafi Masturo Institut Pesantren KH Abdul Chalim

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v1i4.544

Keywords:

Promotion, Product Quality, Customer Interest

Abstract

Various promotional steps have been taken by BSI KCP Mojokerto Mojopahit 2 in introducing Hajj savings products to the public. However, the results are still not as expected. For this reason, this study was conducted to determine whether promotion and product quality affect customer interest in using Indonesian Hajj savings products.

This study uses a quantitative method using a questionnaire as a data instrument. Respondents from this questionnaire were 65 respondents. The collected data was processed using SPSS 28. The results of this study indicate that promotion has a significant effect on customer interest with a value of tcount (2,932) > ttable (1,998) and a significance value of 0,005 < 0,05. 2). Product quality has a significant effect on customer interest with tcount (2.913) > ttable (1.998) and a significance value of 0.005 <0.05. 3). Promotion and Product Quality have a significant effect on customer interest with the results of the f (simultaneous) test showing that the significance value is 0.003 <0.05 and the fcount is 6.464 > ttable 3.15.

References

AM, Wawancara terhadap nasabah, 16 januari 2022.

Diah Sarah Shafira, Wawancara, BSI KCP Mojokerto Mojopahit 2, 11 januari 2022.

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra, Service Quality & Satisfaction, Edisi 3, (Yogyakarta: ANDI, 2011), 172.

Gilar Ramdhani, https://www.liputan6.com/bisnis/read/4066548/terpaksa-menunggu-20-tahun-ini-alasan-butuh-waktu-lama-untuk-naik-haji Diakses pada tanggal 5 februarii 2022.

Hani Handoko, Manajemen; Edisi Kedua, (Yogyakarta : BPFE, 2002), hlm. 23

https://haji.kemenang.go.id diakses tanggal 12 januari 2022

https://www.bankbsi.co.id/produk&layanan/individu/haji-dan-umroh/1617941468bsi-tabungan-haji-indonesia, diakses tanggal 23 januari 2022.

https://www.bankbsi.co.id/produk&layanan/individu/haji-dan-umroh/1617941468bsi,tabungan-haji-indonesia Diakses pada tanggal 15 januari 2022.

Iskandarwasid & Dadang Sunendar, StrategiPembelajaran Bahasa, (Bandung: Rosda, Cet. Ke3, 2011), hlm. 113.

Kasmir, Pemasaran Bank, Jakarta: KencanaPredanaMedia Grub, 2010, hlm. 155.

Khomsatun, “Pengaruh Lokasi, Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Minat Nasabah untuk Menabung Pada PT Bank Muamalat Tbk Cabang Kendari”, (Skripsi IAIN Kendari, 2017), hlm. 74.

M. Ufuqul Mubin dan Nia Nur Anggraini. Pengaruh Promosi Terhadap Minat Nasabah Pada Produk Kafalah Haji di KSPPS MUI Jawa Timur. Jurnal ekonomi syariah. Vol.4 No.1 2021. Hlm. 61.

Philip Kotler, dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran Jilid s, Terjemahan Bob Sabran, MM, (Jakarta: Penerbit Erlangga, 2009), hlm.143.

Philip Kotler, dkk, Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, (Yogyakarta: ANDI, 2002),hlm. 70.

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, (Jakarta: Indeks KelompokGramedia, 2005), hlm.64.

Rambat Lupiyoadi, A.Hamdani, Manajemen Pemasaran Jasa, (Jakarta: Salemba Empat, 2006) hlm. 120.

Slameto, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008), hlm. 78.

Sofjan Assauri, Manajeman Pemasaran Dasar, Konsep dan strategi, (Jakarta. PT Raja Grafindo Persada . 2004), hlm. 25

Sri Wulandari, “Pengaruh Margin dan Kualitas Produk terhadap Minat Nasabah dalam Menggunakan Produk Pembiayaan Murabahah pada BMT (Baitul Mal Wa Tamwil) Mu’awanah Palembang”, (Skripsi – UIN Raden Fatah Palembang, 2017), hlm. 70.

Syahmizi Panggabean. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji Pada PT. Bank Muamalat Indonesia KCU Padangsidimpuan. Skripsi 2020.hlm. 101.

Umar Husein, Manajemen Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, hlm. 45.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 34 Pasal 2 tahun 2014 tentang pengurusan keuangan haji.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 34 Pasal 7 tahun 2014 tentang pengelolaan keuangan haji.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 34 Pasal 7 tahun 2014 tentang pengurusan keuangan haji.

Viva Budi Kusnandar, Indonesia, negara dengan penduduk muslim terbesar dunia, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/03/rissc-populasi-muslim-indonesia-terbesar-didunia, diakses tanggal 23 januari 2022.

Downloads

Published

2023-12-12

Issue

Section

Articles