PENGARUH INTERAKSI DIGITAL, DESAIN PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SILVERQUEEN

Authors

  • M. Elga Ardafa Putra Universitas Peradaban
  • Mutmainatun Khasanah Universitas Peradaban
  • Mukhroji Mukhroji Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v3i7.5890

Keywords:

desain produk; harga; interaksi digital; keputusan pembelian; perilaku konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh interaksi digital, desain produk, dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap produk SilverQueen di Indonesia. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pergeseran perilaku konsumen di era digital yang semakin mengandalkan komunikasi online dan estetika produk sebagai faktor penting dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner kepada 97 responden. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas yaitu interaksi digital, desain produk, dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Di antara ketiganya, desain produk memiliki pengaruh paling dominan. Temuan ini memberikan wawasan bagi pemasar untuk mengoptimalkan strategi digital dan desain dalam meningkatkan konversi pembelian.

References

Badan Pusat Statistik. (2024, 29 November). Indonesian Cocoa Statistics 2023. BPSStatistics Indonesia. Available at: https://www.bps.go.id/id/publication/2024/11/29/ed255af0c9059f288fb7e1de/indonesian-cocoa-statistics-2023.html, diakses tanggal 13 Juli 2025.

Ferdyanto, S. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Perusahaan Ritel di Jakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(3), 279-284.

GoodStats. (2022). SilverQueen menjadi cokelat terlaris saat Harbolnas 2022. GoodStats Indonesia. Available at: https://data.goodstats.id/statistic/daftar-coklat-terlaris-pada-harbolnas-2022-N3mR8, diakses tanggal 13 Juli 2025.

Gunatirin, E. Y., Wijanarko, G., Amaliyah, A., & Deli, M. M. (2023). Model of Rational and Emotional Decision Making in The First Purchase of Cosmetics. TIJAB (The International Journal of Applied Business), 7(2), 152-161.

Ilmaya, F., & Hidayati, R. (2011). Analisis Pengaruh Interaksi Harga dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Batik di Eka Batik Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Indonesia Investments. (2025, 11 Juli). Cocoa in Indonesia Analysis – Cacao Production, Export & Plantations. Mengutip data dari Statista bahwa produksi kakao Indonesia diperkirakan 160.000 ton. Available at: https://www.indonesia-investments.com/business/commodities/cocoa/item241, diakses tanggal 13 Juli 2025.

Mangold, W. G., & Faulds, D. J. (2009). Social media: The new hybrid element of the promotion mix. Business horizons, 52(4), 357-365.

Pluta-Olearnik, M., & Szulga, P. (2022). The importance of emotions in consumer purchase decisions–a neuromarketing approach. Marketing Instytucji Naukowych i Badawczych, 44(2), 87-104.

Ramadhan, D., Welsa, H., & Maharani, B. D. (2024). Pengaruh Desain Produk dan Promosi Digital terhadap Keputusan Pembelian melalui Pembelian Implusif sebagai Variabel Mediasi pada Konsumen Tiktok Shop: Studi Kasus Mahasiswa Yogyakarta. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(4), 2428-2443.

Ramadhina, A., & Mugiono, M. (2022). Pengaruh Desain Kemasan, Variasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan, 1(1), 59-67.

Riyanto, J., Muchayatin, M., & Cahya, S. D. (2023). Pengaruh desain kemasan, citra merek dan persepsi harga terhadap minat beli konsumen (Studi Pada Konsumen Le Minerale di Kota Semarang). Jurnal Rekognisi Manajemen, 7(1), 1-11.

Saputri, D. S. (2025). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian: Studi Pada Generasi Z Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Nusa Science, 1(1), 12-21.

Senthilkumar, K. (2018). The influence of emotional factors in the purchase of children products and brands. International Journal of Education and Management Engineering, 8(5), 18.

Shoriah, D., Sunysca, M., Razzaq, A., & Nugraha, M. Y. (2025). PENGARUH DESAIN KEMASAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK EAT SAMBEL. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 5(1), 22-30.

Suari, M. T. Y., Telagawathi, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. (2019). Pengaruh kualitas produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(1), 26-33.

Suma, E., Yusuf, S. A., & Umar, J. (2023). Pengaruh Bentuk Kemasan, Desain Produk Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen:(Studi Kasus Kopi Yamira). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 13(2), 111-115.

Sutikno, R. E., Frastika, S., Lastari, N., Lastari, P., Dewi, V. R., Juniarti, D., & Wahyuni, U. S. (2025). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Silverqueen dengan Brand Image sebagai Mediasi:(Studi Kasus Palangka Raya). JUMBIWIRA: Jurnal Manajemen Bisnis Kewirausahaan, 4(2), 185-203.

Wang, Z., & Kim, H. G. (2017). Can social media marketing improve customer relationship capabilities and firm performance? Dynamic capability perspective. Journal of Interactive marketing, 39(1), 15-26.

Widyastuti, A. N., Pujiharto, P., Tubastuvi, N., & Santoso, S. B. (2020). The effect of marketing mix on purchase decisions. Jurnal Manajemen Bisnis, 11(2), 163-176.

Yusuf, A. K., & Syarief, A. (2023). The Influence of Chocolate Snack Packaging Design (Special Edition) on the Interests of Young Girls. Edunity: Social and Educational Studies, 2(10), 1224-1238.

Downloads

Published

2025-07-14

Issue

Section

Articles