ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA BANK SULUTGO CABANG BINTAUNA MENGGUNAKAN MODEL ANTRIAN MULTI CHANNEL SINGLE PHASE
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v3i7.5945Keywords:
Teori Antrian, Sistem Antrian, Pelayanan Teller, Multi Channel Single PhaseAbstract
. Proses antrian sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari di tempat tertentu, baik dalam skala kecil maupun besar dan memerlukan solusi yang optimal. Antrian sering terjadi dikarenakan banyak orang menginginkan layanan yang sama pada waktu yang bersamaan, sementara pada situasi itu proses pelayanan hanya dapat dilakukan satu persatu saja. Antrian pelayanan di bank adalah salah satu contoh permasalahan antrian, dimana bank merupakan suatu institusi penyelenggara layanan keuangan. Panjangnya antrian saat melakukan transaksi di bank yang menghabiskan banyak waktu seringkali menimbulkan ketidaknyamanan bagi nasabah. Unit Bank SulutGo Bintauna merupakan salah satu tempat Bank yang ramai dikunjungi oleh masyarakat. Terdapat dua teller dan satu customer service, sehingga model yang diterapkan saat ini yaitu multi channel single phase. Aturan pelayanan yang digunakan menurut urutan kedatangan nasabah menggunakan sistem FCFS/FIFO. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan hasil optimalisasi sistem antrian dan ukuran kinerja sistem antrian pada pelayanan teller Bank di Unit bank SulutGo Bintauna. Sistem antrian Multi Channel Single Phase digunakan karena hanya terdapat satu jenis pelayanan dan terdapat beberapa fasilitas pelayanan dalam sistem antrian tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ukuran kinerja selama lima hari diperoleh tingkat efisiensi kinerja dari ukuran steady state terpenuhi. Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian ini, pelayanan teller pada unit Bank SulutGo Bintauna sudah optimal.
References
Alwi, W., Nurfadhilah, A., dkk. 2023. Analisis sistem antrian pembuatan kartu tanda penduduk (ktp) di kantor dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten barru. Jurnal MSA (Matematika dan Statistika serta Aplikasinya), 11(1):133–140.
Arvan, H. A., Ervil, R., Ernita, T., dan Khairi, A. R. 2023. Sistem antrian bank nagari cabang koto baru menggunakan model antrian multi channelsingle phase. Jurnal Sains dan Teknologi: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknologi Industri, 23(1):161–173
Cahyono, D. E. 2022. Perancangan sistem informasi antrian pasien di upt puskesmas kaligesing. Jurnal Ekonomi dan Teknik Informatika, 9(2):76– 81.
Indra, E., Aminatunnisa, S., Sembiring, D. M. S., Gultom, Y., Matondang, E., dkk. 2019. Penerapan metode monte carlo untuk simulasi sistem antrian service sepeda motor berbasis web. Jurnal Sistem Informasi dan Ilmu Komputer Prima (JUSIKOM PRIMA), 2(2):77–84.
Kakiay, T. J. 2004. Dasar Teori Antrian untuk Kehidupan Nyata. Andi, Yogyakarta.
Oktaviyanty, H., Dwidayati, K., dan Agoestanto, A. 2018. Optimasi sistem antrian pada pelayanan servis sepeda motor berdasarkan model tingkat aspirasi studi kasus bengkel ahass handayani motor (1706) semarang. UNNES Journal of Mathematics, 7:181–191.
Saputra, T. T., Beni Irawan, I., dkk. 2014. Aplikasi antrian nasabah bank menggunakan teks dan suara berbasis jaringan wireless local area network (wlan). Coding: Jurnal Komputer dan Aplikasi, 2(2).
Siahaan, O. V. H. dan Mansyur, A. 2023. Analisis sistem antrian pada pt. bank susmut kantor pusat medan menggunakan model antrian multi channel single phase. Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JURRIMIPA), 2(2):104–119.
Sudrajat, A., Sumartono, B., dan Bhirawa, D. W. T. Analisis penerapan sistem antrian di bagian service mobil di pt car, 2018.
Suryowati, K., Titah JP, M., dan Sari, E. P. 2018. Aplikasi Model Antrian Pada Optimalisasi Pelayanan Pt Kai Stasiun Lempuyangan Yogyakarta. Jurnal Matematika Murni Dan Terapan Epsilon, 12(1): 11. doi:10.20527/epsilon.v12i1.201.
Susetyo, J., Nasution, S. R., dkk. 2017. Analisis sistem antrian multiple channel untuk kapasitas terbatas. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 5(3).
Tjiptono, F. dkk. 2005. Brand management & strategy. Yogyakarta: Andi.
Wiranda, D. 2022. Analisis sistem antrian layanan teller dengan menggunakan metode multi channel-single phase (m/m/s) untuk mengoptimalkan pelayanan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, pages 71–80.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










