Pengaruh Desain Produk, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Masker Clay Stick Skintific Pada Platform E-Commerce Shopee Di Bekasi Utara
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v3i8.6128Keywords:
Product Design, Price, Product Quality, Purchase Decision, Skintific, E-commerce.Abstract
This study aims to determine the influence of product design, price, and product quality on the purchase decision of Skintific clay stick masks through the Shopee e-commerce platform in North Bekasi. The research method used is quantitative, with questionnaires distributed to 96 respondents who reside in North Bekasi and have purchased the product. The data were analyzed using SPSS software. The results of the study indicate that all three independent variables have a positive and significant effect on purchase decisions, both partially and simultaneously. These findings highlight the importance for companies to consider aspects of design, price, and quality in their skincare product marketing strategies on digital platforms
References
Abdul, M., Septyadi, K., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature Review Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga Dan Promosi. 3(1), 2022. Https://Doi.Org/10.38035/Jmpis.V3i1
Afifah, A.Z, Hayatun N, Khalista K.M, Siska, M, Rully, H dan Harmonedi, H. (2025). Analisis Instrumen Penelitian Pendidikan (Uji Validitas Dan Relibilitas Instrumen Penelitian). Jurnal Qosim Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(2), 780–789. Https://Doi.Org/10.61104/Jq.V3i2.1070
Amirullah. (2022). Perilaku Konsumen Dan Pengambilan Keputusan Pembelian.
Anhar, J., & Darmayanti, R. (2023). Pengaruh Kompetensi Guru Agama Islam Terhadap Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Di Madrasah Tsanawiyah. Https://Www.Journal.Assyfa.Com/Index.Php/Ajis/Index
Apriliani, H. N., & Setyawati, H. A. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Brand Image, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Moisturizer Skintific (Studi Pada Masyarakat Kabupaten Kebumen). In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen (Vol. 5, Issue 3). Https://Jurnal.Universitasputrabangsa.Ac.Id/Index.Php/Jimmba/Index
Auwstrin, J., & Lu, C. (2025). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Maranatha Store. Https://Doi.Org/10.62710/7ksbh644
Bihaky, Safarudin, Yogatama, A., & Mustikowati, R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokkebi Snacks Malang.
Bunga Pratiwi, A., & Akbar, R. R. (2025). Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Moisturizer Skintific Pada Generasi Z Di Kota Bandung. Riggs: Journal Of Artificial Intelligence And Digital Business, 4(2), 1982–1992. Https://Doi.Org/10.31004/Riggs.V4i2.786
Cindy M.G, J.A.F. Kalangi, & Lucky F.Tamengkel. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen D Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang.
Dharmanto, A., & Rositasari, I. D. (2022). Implementasi Strategi Promosi Dan Digital Marketing Melalui Instagram Dalam Keputusan Pembelian Produk Sepatu Olahraga Saat Pandemi Covid 19 Di Ifootball Store Kota Bekasi.
Dhela, E, R., & Nurtjahjani, F. (2023a). Pengaruh Desain Kemasan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Emina Pada Platform E-Commerce Shopee. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9.
Diwyarthi, S., Desak, N., Politeknik, M., & Bali, P. (2022). Perilaku Konsumen Get Press. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/362824185
Erinawati, F., & Syafarudin, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi Terhadap Keputusan 1*. 1. Https://Doi.Org/10.46306/Vls.V1i1
Febriyanti (2023). Penerapanstrategi Kualitas Produk, Harga, Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen, Di D’seafood Gatsu Samarinda.
Firman, M. F., & Martinus, P. Y. (2023). Dampak Kebijakan Impor Kendaraan Terhadap Trend Desain Skuter Matik Di Indonesia.
Gunarsih, M. Cindy, Kalangi, J. A. F., & Temangkel, F. L. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang.
Gusriandari, W., Rahmi, M., & Putra, Y. E. (2022). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020. Jurnal Pundi, 6(1). Https://Doi.Org/10.31575/Jp.V6i1.406
Hafidzi Km, Wijayanti M, & Kurniawan D. (2024). Pengaruh Harga, Citra Merek, Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Brodo.
Hair. (2010). Multivariate Data Analysis.
Hananto, D. (2021). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jersey Sepeda Di Tangsel. Http://Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Semnaslit
Kumirotinlaili, E., & Susanti, A. (2021). Pengaruh Kualitas Porduk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe Ko.We.Cok Di Solo.
Latte, J, dan Manaan, A. (2022). Pengaruh Desain Produk Terhadap Keptusan Pembelian Produk Tas Anyam Purun Di Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara.
Lestari, D., Asriani, A., Ningsih, N. W., Rosilawati, W., & Amrina, D. H. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Fitur Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Dalam Perspektif Manajemen Islam. Revenue: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 3(1), 65–86. Https://Doi.Org/10.24042/Revenue.V3i1.10321
Magdalena, M., Satria, A., & Diva, P. (2023). Pengaruh Citra Merek, Desain Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Esse Di Bukit Tinggi. Https://Doi.Org/10.46306/Vls.V3i1
Mamang Sari, Rini Mastusti, & Kiagus M. Zain Basriwijaya. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Usahatani Jagung (Zea Mays L) Di Kecamatan Darul Hasanah Kabupaten Aceh Tenggara.
Mar’atush Sholihah, Yoga Aditiya, N., Saphira Evani, E., Maghfiroh, S., & Soedirman, U. J. (2023). Konsep Uji Asumsi Klasik Pada Regresi Linier Berganda.
Marlius, D., & Jovanka, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Y.O.U Pada Hasanah Mart Air Haji.
Martini, A. N., Feriyansyah, A., & Venanza, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo Di Kota Pagar Alam. 3(1), 44–53.
Maulana, R., Aryani, L., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pembeli Laptop Asus Di Jakarta Selatan) (Vol. 2).
Mustika, S.R., & Prihartono. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). 5(3), 2021.
Nel, A, & Ari, A. (2020). Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen. Https://Doi.Org/10.30596/Maneggio.V4i1.6766
Ngesti, A. N. (2020). Buletin Ekonomi Pengaruh Harga Dan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Make Over Di Kota Yogyakarta.
Nur, A., Sinaga, A., Irwan, M., Nasution, P., & Daim, H.R. (2023). Pengaruh Desain Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Umkm Intancake’s. Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 6(1), 2023.
Pratiwi, G., & Lubis, T. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Ud Adlidi Desa Sukajadi Kecamatan Perbaungan. Http://Repo.Iain-Tulungagung.Ac.Id/7800/4
Prayoga, A. J., Sulaiman, E.A., Heriyanto, E., & Nespia, R. (2024). The Influence Of Product Design And Price On The Decision To Purchase Adidas Shoes (Case Study In Bengkulu City Community). Journal Of Research In Social Science And Humanities, 4(2). Https://Doi.Org/10.47679/Jrssh.V4i1.164
Priandewi, N.M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, Dan Promosi Terhadapp Keputusan Pembelian Produk Di E-Commerce Lazada.
Rehansyah, F., Simatupang, L. N., Bisnis, D., & Manajemen, J. (2023). Pengaruh Desain Produk, Citra Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Adidas (Studi Pada Mahasiswa Feb Universitas Satya Negara Indonesia). Jurnal Manajemen Usni, 7(2). Https://Doi.Org/10.54964/Manajemen
Riyan, P.A., & Fahmi, W.M. (2024). Pengaruh Gaya Hidup, Brand Am Bassador Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Skincare Skintific (Studi Pada Konsumen Produk Skintific Semarang). Jurnal Maneksi, 13(2). Www.Idxchannel.Com,
Salam, A, Widajanto, M. & Wasil M. (2022). Pengaruh Kualitsa Produk, Desain Produk, Dan Persepsi Hargaterhadap Keputusan Pembelian Ice Cream Diamond Di Surabaya.
Salam, A., & Sukiman, S. (2021). Pengaruh Green Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Merek Aqua. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(1), 69. Https://Doi.Org/10.32502/Jimn.V11i1.3427
Sani, S. A., Batubara, M., Silalahi, P. R., Syahputri, R. R., & Liana, V. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Scarlett Whitening. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(5), 1327–1342. Https://Doi.Org/10.47467/Alkharaj.V4i5.931
Sari, P. M., Rachman. Aulia, L., Ronaldi, D., & Sanjaya, F. (2020). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Y.O.U.
Satdiah, A., Siska, E., & Indra, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Cat De’lucent Paint. Cidea Journal, 2(1), 24–37. Https://Doi.Org/10.56444/Cideajournal.V2i2.775
Septiano, R., & Sari, L. (2021). Determination Of Consumer Value And Purchase Decisions: Analysis Of Product Quality, Location, And Promotion. 2(3). Https://Doi.Org/10.31933/Dijdbm.V2i3
S Sancai, S Susanto, & U Tasik. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Pt.Solusi Bangun Andalas Medan.
Sudirman, A, Alaydrus, S, & Rosmayati, S. (2020). Perilaku Kosnsumen.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif.
Susanti, F., & Saputra, D. (2022). Pengaruh Country Of Origin, Brand Image Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Nike Pada Siswa/I Smkn 1 Painan. Https://Doi.Org/10.46306/Vls.V2i2
Syaiful, R., & Astuti, M. (2022). The Effect Of Product Quality, Price And Product Design On Purchasing Decisions Of Sasword Disutoru Products. Indonesian Journal Of Law And Economics Review, 14. Https://Doi.Org/10.21070/Ijler.V14i0.750
Syelfanda, P, Miftahul, M, & Agung Pambudi, M. (2023). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Batik Pada Cv. Wecono Asri Kediri. Journal Of Creative Student Research, 1(5), 141–155. Https://Doi.Org/10.55606/Jcsrpolitama.V1i5.2676
Tiya, M., Suari, Y., Luh, N., Sayang Telagawathi, W., & Yulianthini, N. N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(1).
Yasa, W.A. P. I., Luh, N., Indiani, P., & Ningsih, A. P. (2024). Jimek : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Volume 07 Nomor 1 Tahun 2024 Pengaruh Harga Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion E-Marketplace Dengan Mediasi Citra Merek. Http://Ojs.Unik-Kediri.Ac.Id/Index.Php/Jimek
Yasmi, M. R. (2023). Pengembangan Desain Produk Kemasan Kopi Di Sapuangin Kopi Basecamp Merapi Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (Qfd) Dan Kano. Jurnal Syntax Admiration, 4(1), 125–137. Https://Doi.Org/10.46799/Jsa.V4i1.521
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










