PENGARUH GAYA HIDUP, BRAND IMAGE, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU AEROSTREET

(Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2021 Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)

Authors

  • Ridho Riyanto Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Fadhli Nursal Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Franciscus Dwikotjo Sri Sumantyo Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v3i8.6155

Keywords:

Lifestyle, Brand Image, Product Quality, Purchasing Decision, Aerostreet

Abstract

This study aims to analyze the influence of consumer lifestyle, brand image, and product quality on purchasing decisions for Aerostreet shoes, using a case study of students from the 2021 cohort of the Management Study Program at Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. A quantitative research approach was employed, with data collected through questionnaires using purposive sampling. The study involved 171 respondents. Data analysis was conducted using the Partial Least Square (PLS) method with the assistance of SmartPLS 4.0 software. The results show that consumer lifestyle and product quality have a positive and significant effect on purchasing decisions, while brand image has no significant effect. These findings suggest that marketing strategies focusing on consumer lifestyle and improving product quality are more effective in influencing purchasing decisions for Aerostreet shoes.

References

Adha, S. (2022). Faktor Revolusi Perilaku Konsumen Era Digital : Sebuah Tinjauan Literatur. Jipis, 31(2), 134–148. https://doi.org/10.33592/jipis.v31i2.3286

Adilah, R., Nursal, M. F., & Wulandari, D. S. (2023). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SERUM HANASUI (Studi Pada Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal Economina, 2(10), 2823–2841. https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.906

Alda Octavia Lestari, & Sri Nawangsari. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Keragaman Produk Dan Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Make Over (Studi Kasus Pada Konsumen Wanita Di Jabodetabek). Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 3(2), 153–166. https://doi.org/10.56127/jaman.v3i2.848

Apriliani, R., Ardiyanti, Y., Efendi, B., & Nurhayati, E. C. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust DanProduct Quality Terhadap Keputusan Pembelian(Studi pada pembeli Kopi Bowongso di Kabupaten Wonosobo). Jamasy : Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah, 2, 100–108.

Edy, I. T., Mauladi, K. F., & Efendi, Y. (2020). Analisis Faktor Pendapatan Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Barang Elektronik Pada Ud. Dewi Sri Elektronik Lamongan. Media Mahardhika, 19(1), 124–129. https://doi.org/10.29062/mahardika.v19i1.203

Fathurrahman, A., & Anggesti, M. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik (Studi Kasus pada Produk Safi). JES (Jurnal Ekonomi Syariah), 6(2), 113–127. https://doi.org/10.30736/jesa.v6i2.125

Fatimah, H. N., & Nurtantiono, A. (2022). The Influence of Brand Image, Promotion, Price, and Service Quality on Purchase Decisions (Shopee Application Users). Jurnal Sinar Manajemen, 9(1), 106–133.

Galuh Tiyasherlinda, Andhatu Achsa, & Yacobo P. Sijabat. (2022). Citra Merek Dan Harga Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepatu Ventela Di Magelang. Jurnal Sinar Manajemen, 9(2), 306–314. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i2.2511

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares (2nd ed). Semarang Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Hadya Rizka, Sutardjo Agus, M. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Baju Batik Di Toko “Florensia” Kota Sawahlunto. Matua, 3(1), 13–24.

Kawilarang, C. G., Tumbuan, W. J. F. ., & Loindong, S. S. . (2022). Analisis Pengaruh Celebirty Endorsement, Beauty Vlogger dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skincare Lokal Somethinc. Jurnal EMBA, 10(4), 770–779.

Khafid, W. (2023). Pengaruh citra merek terhadap pengambilan keputusan pembelian sepatu DBL ardiles pada klub bola basket bintang muda. Universitas Negeri Yogyakarta Student Journals, 1–97. https://eprints.uny.ac.id/77271/1/fulltext_wafa khafid_18602241069.pdf

Kusnandar, V. B. (2022). Sektor Industri Jadi Penopang Terbesar Ekonomi RI Kuartal II 2022. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/ekonomi-makro/statistik/c7a651b0e718f5a/sektor-industri-jadi-penopang-terbesar-ekonomi-ri-kuartal-ii-2022

Kuswanto, H. (2021). Faktor Keputusan Pembelian Konsumen Berdasarkan Citra Merek, Persepsi Waktu, dan Layanan Purna Jual di Trading Company PTA (Kajian Studi Literatur Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 957–966.

Lorinda, I. P., & Amron, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Iklan dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Tolak Angin Sidomuncul di Kota Semarang. Mbia, 22(1), 53–64. https://doi.org/10.33557/mbia.v22i1.2238

Mahfudi, Salim, M. A., & Slamet, A. R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Digital Marketing Terhadap KeputusanPembelian Sepatu Aerostreet(Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Malang). Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 12(2), 333–344.

Navanti, D., & Sumantyo, F. D. S. (2024). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Scarlett (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 53–73.

Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., Asir, M., Majenang, S., Jambatan Bulan, S., Bina Bangsa, U., Bandung, S., & Makassar, I. (2023). Literature Review: Analysis Of Factors Influencing Purchasing Decisions, Product Quality And Competitive Pricing Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 183–188. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Nurhalim, A. D. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza Di Kota Tangerang. Jambura Economic Education Journal, 5(1), 51–59. https://doi.org/10.37479/jeej.v5i1.15263

Pandiangan, K., Masiyono, M., & Dwi Atmogo, Y. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Brand Equity: Brand Trust, Brand Image, Perceived Quality, & Brand Loyalty. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 471–484. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.459

Prabowo, R. E., Indriyaningrum, K., & Setyani, A. D. (2020). PENGARUH CITRA MEREK, PERSEPSI HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU OLAH RAGA MEREK ADIDAS (Studi di Kota Semarang). Solusi, 18(4). https://doi.org/10.26623/slsi.v18i4.2846

Pulungan, A. (2021). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadapkeputusan pembelian pada marketplace shopee. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadapkeputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee” Skripsi (Unniversitas IAin Padangsidimpuan), 143, 25.

Purwati, A., & Cahyanti, M. M. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1), 32–46. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v11i1.526

Rani, F. D., & Madiawati, P. N. (2022). Pengaruh Perilaku Konsumen, Brand Image Dan Rebranding Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Iconnet Di Bandung. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(2), 300–311. https://doi.org/10.37606/publik.v9i2.321

Sangun Subarman, P., & Dunan, H. (2022). Pengaruh Faktor Sosial, Gaya Hidup, Dan Karakteristik Produk Terhadap Keputusan Pembelian. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 405–424. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i3.279

Saputra, A. R. S. (2023). Pengaruh social media marketing, persepsi harga dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian pada konsumen sAerostreet Di Kota Malang.

Sinaga, H, D, E. (2024). Pengaruh Store Atmosfer, Lokasi, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Di Sosmed Cafe. Senashtek, 313–320.

Sujarweni, W. V. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Pustaka Baru Press.

Tempo. (2020). 85 Persen Konsumen E-commerce Berasal dari Generasi Z dan Milenial. Tempo.Com. https://satu.tempo.co/ekonomi/85-persen-konsumen-e-commerce-berasal-dari-generasi-z-dan-milenial--594902

Yulihasri, E. Y. (2020). Pengaruh Mutu, Harga Dan Promosi Serta Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Hasil Produk Pangan Industri Kecil Dan Menengah Di Kota Bukittinggi. Jurnal Ekonomi, vol 23. http://ojs.itbhas.ac.id/index.php/JE/article/view/582

Yunus, N. Y. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Maybelline Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Instutut Agama Islam Negeri Manado. Institut Agama Islam Negeri (IAIN), 1–94.

Downloads

Published

2025-07-02