Pengaruh Desain Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Ventela
(Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v3i8.6157Keywords:
Product Design, Product Quality, Purchase Decision, Ventela ShoesAbstract
The growth of the local fashion industry in Indonesia has shown significant progress, driven by increasing consumer preference for domestic products. One of the emerging local brands is Ventela, a footwear company that emphasizes the strength of its product design and quality. This study aims to: (1) examine the influence of product design on purchasing decisions of Ventela shoes, (2) analyze the impact of product quality on purchasing decisions, and (3) assess the combined effect of product design and quality on purchasing decisions. A quantitative research method was employed, with data collected through an online questionnaire distributed to 171 students from the Management Study Program, Class of 2021, at Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Data analysis was conducted using SPSS version 26. The results indicate that product design attracts consumers through visual appeal and comfort, while product quality builds trust and satisfaction. Simultaneously, both product design and quality significantly influence purchasing decisions. These findings highlight the importance of product innovation and quality improvement strategies in strengthening the competitiveness of local brands in the increasingly competitive fashion industry.
References
Adhitya, R. W., & Damanik, A. K. (2023). Pengaruh Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap MinatBeli Sepatu Lokal Ventela (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Potensi Utama). In Jurnal Multilingual (Vol. 3, Issue 2).
Andriani, F., Nalurita, S., Dirgantara, U., & Suryadarma, M. (2021). Pembelian Konsumen Tokopedia (Studi Kasus Pada Pengguna Tokopedia di Jabodetabek). In JIMEN Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen (Vol. 1, Issue 3). www.internetworldstats.com
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). 3(1). https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1
Dafanti, R. A., & Rulirianto. (2024). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepatu Ventela. Jurnal Aplikasi Bisnis, 10.
Dynic, R., Wahono, B., & Normaladewi, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Sepatu Ventella ( Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNISMA angkatan 2018 ). www.fe.unisma.ac.id
Indartini, M., & Mutmainah. (2024). Analisis Data Kuantitatif Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Korelasi dan Regresi Linier Berganda. Penerbit Lakeisha.
Irfan Syahroni, M., STIT Al-Aziziyah, D., TGH Umar Abdul Aziz kapek Gunung Sari Lombok Barat, J. I., & pos, kode. (2022). Prosedur Penelitian Kuantitatif. Jurnal Al-Musthafa STIT Al-Aziziyah Lombok Barat, 43(3).
Korompis, R. C. Y., Lengkong, V. P. K., & Walangitan, M. D. (2017). Pengaruh Sikap Kerja dan…. Jurnal EMBA, 5(2), 1238–1249.
Kumrotin, L. E., & Susanti, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe Ko.We.Cok Di Solo. Jurnal Manajemen Indonesia, Vol6, No. 1.
Kustiara, A., Syahrani, Vitria, A., Studi Manajemen, P., Ekonomi, F., & Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, U. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Daya Tarik Produk, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Lokal Ventla (Studi Kasus Pada Mahasiswa/I Uniska Banjarbaru).
Kusuma, R. W. (2016). Suwitho Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.
Mahmudah, D. S., Glorimaruli, V., Sitorus, T., Universitas, F. E., & Soedarso, Y. (2024). Pembelian Sepatu Ventela Pada Mahasiswa/I Fakultas Ekonomi Universitas Yos Soedarso. In Jurnal Baruna Horizon (Vol. 7, Issue 1).
Marlius, D. (2017). Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis Dan Bauran Pemasaran Pt. Intercom Mobilindo Padang. Jurnal Pundi.
Nugroho, Y. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Ventela Pada Toko Sepatu Kulo Di Semarang.
Nurani, S. R. (2016). Peranan Riset Pasar Dan Desain Produk Terhadap Pemasaran Produk Perusahaan Wajan.
Priambudi, S., Navanti, D., & Sumantyo, T. F. D. S. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggandi Pt. Link Pasipik Indonusa. Neraca Manajemen, Ekonomi.
Priyanto, D. (2022). Olah Data Sendiri Analisis Regresi Linier Dengan SPSS & Analisis Regresi Data Panel Dengan Eviews (A. Prabawati, Ed.). Cahaya Harapan.
Rahman Siregar, D., Irwan, M., & Nasution, P. (2024). Pengaruh Quality of Performance, Harga dan Desain Produk terhadap Kepuasan Pembelian Sepatu Brand Lokal Ventela Dikalangan Mahasiswa/i UINSU. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(4), 1600. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i4.699
Ridha, N. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel Dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, Volume 14, No. 1.
Rismala, Jeni, K., & Nurwanah. (2021). Pengaruh Perilaku Sedekah Pemilik Usaha dan Administrasi Pembukuan Terhadap Keberhasilan Bisnis UMKM Di Kota Makassar. Journal of Accounting Finance (JAF), Volume 2, Nomor 1.
Sadela, E. A., Purwanto, H., & Apriyanti. (2022). Minat Beli Sebagai Mediasi Pengaruh Gaya Hidup Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Ventela.
Solikha, N. S., Basalamah, R. M., & Wahyuningtiyas, N. (2019). Pengaruh Brand Image, Brand Love, Brand Trust Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Ventela (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang angkatan 2019-2020). Jurnal Riset Manajemen, Vol. 12. No. 02.
Sriminarti, N., & Arfan, M. (2024). Dampak Kualitas Produk, Pemasaran Digital, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Ventela di Jabodetabek. Jurnal MADANI: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 7(1), 48–59. https://doi.org/10.33753/madani.v7i1.359
Sriyanto, A., & Utami, A. D. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Dadone Di Jakarta Agus Sriyanto. In Jurnal Ekonomika dan Manajemen | (Vol. 5, Issue 2).
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Supangkat, A. H. (2017). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tas Di Intako Supriyatin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.
Susanti, N., Halin, H., & Kurniawan, M. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran (4p) Terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Pt. Berlian Bersaudara Propertindo (Studi Kasus Perumahan Taman Arizona 1 Taman Arizona 2 dan Taman Arizona 3 di Talang Jambi Palembang).
Tiyasherlinda, G., Achsa, A., & Sijabat, Y. P. (2022). Citra Merek Dan Harga Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepatu Ventela Di Magelang. Jurnal Sinar Manajemen.
Wahyuni, M. (2020). Statistik Deskriptif Untuk Penelitian Olah Data Manual Dan Spss Versi 25.
Watye, R., Ds, M., Farah, N., Negeri, D. P., & Kreatif, M. (2021). Penerapan Motif Berilusi Optis Parang Salawaku Pada Busana Plus Size Fashion.
Wulandari, A. F., Andrian, A., & Sumantyo, F. D. S. (2023). Peran Desain Produk, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Sepatu Ventela Pada Generasi Z Di Desa Tridaya Sakti. Jurnal Economina, 2(9), 2429–2438. https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.825
Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. 3(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










