Membangun Kepatuhan Pajak : Peran Pemberitaan Negatif Petugas Pajak dan Kualitas Pelayanan Fiskus” (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang Terdaftar di DJP Jawa Timur 1)
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v3i8.6346Abstract
Abstrak. This study aims to analyze the influence of negative news coverage about tax officials and service quality on individual taxpayer compliance. The background of this research is based on the phenomenon of declining public trust in the tax authorities due to the prevalence of negative news coverage, such as corruption cases involving tax officials, and the perception of suboptimal service quality from the tax authorities. Data were collected from 187 taxpayer respondents registered with the Directorate General of Taxes (DGT) for East Java Region I using a purposive sampling method. The analysis technique used was Partial Least Squares-based Structural Equation Modeling (SEM-PLS) using SmartPLS software.
The results show that negative news coverage has a significant negative effect on taxpayer compliance, while the quality of tax authorities' service has a significant positive effect. These findings emphasize the importance of maintaining the image and integrity of tax officials and improving service quality to encourage voluntary taxpayer compliance.
Keywords: Negative Publicity; Service Quality; Tax Compliance; SEM-PLS
Abstrak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dampak dari pemberitaan negatif mengenai petugas pajak serta kualitas layanan yang diberikan terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Penelitian ini dilatar-belakangi oleh fenomena menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap otoritas pajak akibat maraknya pemberitaan negatif, seperti kasus korupsi yang melibatkan aparat pajak, serta persepsi kurang optimalnya kualitas pelayanan fiskus. Data dikumpulkan dari 187 responden wajib pajak yang terdaftar di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Wilayah Jawa Timur I dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Square (SEM-PLS) melalui perangkat lunak SmartPLS.
Hasil analisis menunjukkan bahwa pemberitaan negatif memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, sedangkan kualitas pelayanan fiskus memberikan pengaruh positif yang signifikan. Temuan ini menegaskan pentingnya menjaga citra dan integritas petugas pajak serta meningkatkan kualitas layanan guna mendorong kepatuhan wajib pajak secara sukarela.
Kata Kunci: Kepatuhan Wajib Pajak; Kualitas Pelayanan; Pemberitaan Negatif; SEM-PLS
References
Abdullah, Karimmudin. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Adriani, P. J. .. 2010. Teori Perpajakan. Jakarta: Salemba Empat.
Afifah, S. N, & Prastiwi, Dewi. 2019. “Pengaruh Aktivitas Thin Capitalization Terhadap Penghindaran Pajak.” Jurnal Akuntansi Unesa 7(3).
Casal M, et al. 2016. “Carboxylic Acids Plasma Membrane Transporters in Saccharomyces Cerevisiae.” Stanford University, Stanford, CA 2(2).
Cooper, Donald R., Pamela S. Schindle. 2017. “Metode Penelitian Bisnis.” in 11. Jakarta: Salemba Empat.
Darussalam, Septriadi, D., Kristiaji, B. B., & Vissaro, D. 2019. “Era Baru Hubungan Otoritas Pajak Dengan Wajib Pajak.”
Fochmann, M., & Kroll, E. B. 2016. “The Effects of Rewards on Tax Compliance Decisions.” Journal of Economic Psychology 2(52).
Frederica Diana. 2008. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Memenuhi Kewajiban Perpajakan.” Jurnal Akuntansi 03(1):vol 8.
Handayani, Dkk. 2012. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Pekerjaan Bebas.” Jurnal Universitas Jenderal Soedirman.
Hanifah, Hani, and Ivan Yudianto. 2019. “The Influence of Religiosity, Nationalism, and Tax Corruption Perception on Tax Compliance.” Journal of Accounting Auditing and Business 2(1):24–34. doi: 10.24198/jaab.v2i1.20428.
Hanousek, J., & Palda, F. 2002. “The Evolution of Tax Evasion in the Czech Republic: A Markov Chain Analysis.” Jurnal of Public Economic 36.
Ibrahim, Z., Ibrahim, M. A., &. Syahribulan. 2020. “Pengaruh Kepercayaan Publik Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.” YUME : Journal of Management, 3(3).
JASMINE, KHANZA. 2014. “済無No Title No Title No Title.” Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu 10(1):1–8.
Johny, and Maya Widyana Dewi. 2020. “Pengaruh Pemahaman, Kesadaran, Kualitas Pelayanan, Dan Ketegasan Sanksi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kpp Pratama Sukoharjo.” Jurnal Akuntansi Dan Pajak 17(02):61.
Kastlunger, B., Lozza, E., Kirchler, E., dan Schabmann, A. 2013. “Powerful Authorities and Trusting Citizens: The Slippery Slope Framework and Tax Compliance in Italy.” Journal of Economic Psychology 34:36–45.
Khomariyah, Nurul. 2022. “Pengaruh Penegakan Hukum, Kemungkinan Terdeteksi Kecurangan Dan Tax Fairness Terhadap Tax Evasion Dengan Tax Morale Sebagai Variabel Moderasi.” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Kolondam, Caroline Yoshe, and Intan Kurnia Permatasari. 2024. “The Effect Of Transfer Pricing And Political Connections On Tax Avoidance With Profitability As A Moderating Variable.” Eduvest - Journal of Universal Studies 4(8):7457–75. doi: 10.59188/eduvest.v4i8.1801.
Latief, S., Zakaria, J., &. Mapparenta. 2020. “Pengaruh Kepercayaan Kepada Pemerintah, Kebijakan Insentif Pajak Dan Manfaat Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.” Center of Economic Student Journal 3(3).
Luthan. 2002. Organizational Behavior. McGraw-Hill Education.
Mardiasmo. 2019. Perpajakan Edisi Terbaru. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Ngadiman. 2015. “PENGARUH SUNSET POLICY, TAX AMNESTY, DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Empiris Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Kembangan).” Jurnal Akuntansi 19(2).
Nurmantu, Safri. 2010. Pengantar Perpajakan. Jakarta: Kelompok Yayasan.
Pratiwi, Andriani. 2014. “REKLAME DI DINAS PENDAPATAN KOTA DENPASAR Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Melakukan Tindakan Penghindaran , Pengelakan Dan Pelalaian Pajak Yang Pada Akhirnya Akan Oleh Beberapa Faktor , Salah Satunya Adalah Kesad.” E Journal Akuntansi UDAYANA 1:139–53.
Ramadhani, Dinda Deby, and Umaimah Umaimah. 2023. “Pengaruh Pelayanan Fiskus Dan Penerapan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Kesadaran Wajib Pajak Sebagai Variabel Intervening.” Journal of Culture Accounting and Auditing 2(1). doi: 10.30587/jcaa.v2i1.5678.
Resmi, Siti. 2013. Perpajakan, Teori Dan Kasus Edisi 7. 1st ed. Jakarta: Salemba Empat.
Rutiyaningsih, Sri. 2011. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak.” Wydia Warta 2:44–54.
Safitri, Eka. 2023. “PENGARUH TRANSPARANSI PAJAK OLEH FISKUS DAN TRUST TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (WPOP) DENGAN E-FILLING SEBAGAI VARIABEL MODERASI.” JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi ) 14(3).
Sefira Putri M V, and Budiwitjaksono. 2022. “JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Universitas Pendidikan Ganesha.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi 13(Analisis PAD dan Belanja Pegawai Terhadap Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah di Provinsi Jawa Timur).
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Jessica Novia. 2013. “Pengaruh Persepsi Pelayanan Aparat Pajak, Persepsi Pengetahuan Wajib Pajak, Dan Persepsi Pengetahuan Korupsi Terhadap Kepatuhan.” Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya 2(1).
Suyanto, Suyanto, and Yhoga Heru Pratama. 2018. “Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi: Studi Aspek Pengetahuan, Kesadaran, Kualitas Layanan Dan Kebijakan Sunset Policy.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 21(1). doi: 10.24914/jeb.v21i1.704.
Tanggahma, Biloka. 2024. “Pengaruh Media Sosial Pada Persepsi Publik Terhadap Sistem Peradilan: Analisis Sentimen Di Twitter.” Unes Law Review 7(1).
Tjiptono, Fandy. 2018. Strategi Pemasaran. Jakarta: Gramedia.
Waluyo, Minto. 2010. Manajemen Perusahaan Industri. Sidoarjo: Dian Samudra.
Wardani, Siti. 2024. “Teori Atribusi: Memahami Hubungan Kualitas Layanan, Pemahaman Perpajakan, Implementasi Sanksi Dan Kepatuhan Pajak.” JRAP (Jurnal Riset Akuntansi Dan Perpajakan) 11(1):187–97.
Wibisono, Arif Fajar, and Yudha Catur Kusuma N. 2017. “Analisis Persepsi Korupsi Pajak Dan Iklim Organisasi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Karyawan.” Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen 4(2):169–80. doi: 10.32477/jrm.v4i2.54.
Widyastuti. 2015. “Pengaruh Tingkat Pemahaman Wajib Pajak,Kualitas Pelayanan Fiskus,Sanksi Perpajakan,Dan Lingkungan Wajib Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi.” Journal of Geotechnical and Geoenvironmental Engineering ASCE 120(11):259.
Youde, Jeremy. 2019. “The Role of Philanthropy in International Relations.” Review of International Studies.
Yudharista, K. 2014. “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus, Sanksi Pajak, Pengetahuan Dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Kegiatan Usaha Dan Pekerjaan Bebas.” Universitas Airlangga.
Zain, M. 2008. “Manajemen Perpajakan. Jakarta: Salemba Empat. Supadmi. 2010. ‘Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Kualitas.’” Jurnal Akuntansi Dan Bisnis : Fakultas Ekonomi Universitas Udayana. 1(1).
Zainudin, Fardan. 2022. “Pengaruh Kepercayaan Kepada Pemerintah Terhadap Kepatuhan Pajak Dengan Persepsi Keadilan Pajak Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Pajak Indonesia 6(1):107–21.
ent.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










