DAMPAK HOSPITALITY TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI JONAS PHOTO

Authors

  • Ageng Saepudin Kanda S Universitas Teknologi Digital Bandung
  • Rosa Lianawati Universitas Teknologi Digital Bandung

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v2i1.660

Keywords:

dampak, hospitality, kualitas layanan, kepuasan konsumen, konsumen

Abstract

Hospitality merupakan kesan ramah yang ditimbulkan seseorang yang dapat dirasakan oleh orang lain, hospitality biasa dijumpai perusahaan yang menyediakan dibidang barang atau jasa. hospitality atau kualitas pelayanan memiliki peran penting terhadap dampak dari kepuasan konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hospitality terhadap kepuasan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung ke Jonas Photo Cimahi sebanyak 57 responden yang diambil dengan mengisi kuesioner yang telah disebar menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif dan observasi. guna memahami peristiwa, tindakan, dan proses dalam kondisi kehidupan. Informan menjadi sumber dalam penelitian ini, informan kunci ialah mereka yang memiliki peran penting dalam masalah yang diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan adanya dampak yang signifikan antara kualitas layanan atau hospitality terhadap kepuasan konsumen. Namun dampak dari dilakukannya kualitas layanan atau hospitality yang maximal bukan hanya kepuasan konsumen saja melainkan menimbulkan dampak lain yang ditimbulkan, yakni terjalinnya loyalitas dengan konsumen dan meningkatnya profit Perusahaan.

Kata Kunci: dampak, hospitality, kualitas layanan, kepuasan konsumen, konsumen

References

Bogdan, R., & Biklen, S. K. (2017). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theories and Methods(6th ed.). Pearson.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches(4th ed.). Sage Publications.

Hermawan. (2018). Analisis Proses Pelayanan Ijin Mendirikan Bangunan Di Dinas Penanaman .

Hermawan, H., Brahmanto, E., & Hamzah, F. (2018). Pengantar Manajemen Hospitality. Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management.

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, Vol.4, No.1.

Lovelock, & Wright. (2011). Service marketing, people, technology, strategy (7th ed.). New Jersey: Pearson Prentince Hall.

Mudjiyanto, B. (2018). TIPE PENELITIAN EKSPLORATIF KOMUNIKASI. JURNAL STUDI KOMUNIKASI DAN MEDIA, 65-74.

Qomariah. (2016). Marketing Adactive Strategy. Jember: Cahaya Ilmu. Diambil kembali dari https://www.researchgate.net/publication/326623130_MARKETING_ADACTIVE_

Setiawan, A., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. JSMBI ( Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia ), JSMBI ( Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia ).

Tjiptono, & Candra. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2024-01-05

Issue

Section

Articles