EXPLORATION OF KEY SUCCESS FACTORS FOR STRATEGY IMPLEMENTATION IN START-UP COMPANIES (EKSPLORASI FAKTOR-FAKTOR KUNCI KEBERHASILAN IMPLEMENTASI STRATEGI PADA PERUSAHAAN START-UP)
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v3i9.6618Keywords:
Strategy Implementation, Pilot, Leadership, Dynamic Capability, Organizational CultureAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor-faktor kunci keberhasilan dalam implementasi strategi pada perusahaan start-up. Metode yang digunakan adalah studi literatur deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk menganalisis berbagai referensi mengenai implementasi strategi, kepemimpinan, kapabilitas dinamis, budaya organisasi, dan manajemen sumber daya pada start-up. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan implementasi strategi sangat dipengaruhi oleh kepemimpinan visioner, kapabilitas dinamis yang memungkinkan adaptasi dan inovasi, budaya organisasi yang mendukung kolaborasi, serta pengelolaan sumber daya yang efektif. Selain itu, kemampuan menghadapi dinamika pasar dan faktor eksternal secara agile juga menjadi faktor penting. Kesimpulannya, sinergi antar faktor internal dan eksternal tersebut menjadi kunci utama keberhasilan pelaksanaan strategi yang berkelanjutan pada perusahaan start-up.
References
Aliyyah, RR, Cantika Nurfaidah, Castara, TI, & Rahayu, R. (2024). Magang Mahasiswa: Persepsi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI) , 3(1), 301-318. https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i2
Hendriks, CJ, dan T. Reddy. "Gaya kepemimpinan dan implementasi strategi di Departemen Perdagangan dan Industri Nasional." Jurnal Ilmu Pengetahuan Generasi Baru 18.1 (2020): 16-30.
Iskandar. (2012). BAB III Metodologi Penelitian: Pendekatan dan Metode Penelitian Kualitatif. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Diakses dari http://repository.uinsu.ac.id/590/6/BAB_III.pdf
Jaya, M. A., Ferdiana, R., & Fauziati, S. (2017, July). Analisis faktor keberhasilan startup digital di Yogyakarta. In Seminar Nasional Teknologi dan Informatika 2017. Muria Kudus University.
JDIH DPD RI. (2024). Jurnal Bhinekatunggalika 2024. Diakses dari https://jdih.dpd.go.id/common/dokumen/jurnalbhinekatunggalika2024.pdf
Jooste, Candice, dan Bernard Fourie. "Peran kepemimpinan strategis dalam implementasi strategi yang efektif: Persepsi para pemimpin strategis Afrika Selatan." Southern African Business Review 13.3 (2009): 51-68.
Kusumasari, Indah Respati, Narulika Ris Latifah, dan Viola Natalia Girsang. "Pengambilan Keputusan Strategis di Perusahaan Startup." Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial 2.4 (2024): 75-80.
Lawrence, Hrebiniak. "Menjadikan strategi berhasil: Mengatasi hambatan dalam pelaksanaan yang efektif." Ivey Business Journal Maret (2008).
Padli, A., Khairunnisa, N., Khanza, A., Andayani, D., & Halim, E. (2024). Strategi Pengembangan Startup Teknologi di Indonesia Melalui IT Business Incubation: Technology Startup Development Strategy in Indonesia Through IT Business Incubation. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 3(1), 73-80.
Publikasikan lebih dalam. (2023). Studi Literatur: Pemahaman, Ciri, Teknik Pengumpulan Data . Diakses dari https://penerbitdeepublish.com/studi-literatur/
Ruangguru. (2025). Metode Penelitian Kualitatif: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contohnya. Diakses dari https://www.ruangguru.com/blog/metode-penelitian-kualitatif
Saragih, F. M. (2025). Faktor Strategi dan Keberhasilan Startup menggunakan Metode Javelin Board dan Lean Start up. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 8(1), 379-390.
Soekanto, A., & Mustikarini, C. N. (2017). Faktor Pendorong Kesuksesan Bisnis Start-Up Di Surabaya. PERFORMA, 2(3), 306-315.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Repository Universitas Negeri Gorontalo. Diakses dari https://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/8793/Buku-Metode-Penelitian-Kualitatif.pdf
Syavitra, T., & Ardianto, F. (2023). Faktor Penentu Kesuksesan Startup di Indonesia Pasca Covid-19 (Studi Kasus: Komunitas Startup). JAMIN: Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 5(2), 175-189.
Teece, D., MA Peteraf, dan S. Leih. "Kapabilitas dinamis dan kelincahan organisasi: Risiko, ketidakpastian, dan manajemen kewirausahaan dalam ekonomi inovasi (Seri Makalah Penelitian Tuck School of Business di Dartmouth)." 2016,
Yusi, A., Dede, A., & Agus. (2021). Identifikasi strategi dan faktor keberhasilan perusahaan startup: Studi kasus perusahaan startup makanan dan minuman di Indonesia. Prosiding Seminar Konferensi Nasional Mercu Buana Teknik Industri, 3, 38-44.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










