PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN ULASAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI SHOPEE

Authors

  • Aprilia widya cahyaningrum Fakultas Hukum & Bisnis, Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Deshinta nur ramadhani Fakultas Hukum & Bisnis, Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Rayhan Gunaningrat Fakultas Hukum & Bisnis, Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v2i1.669

Keywords:

Harga, Promosi, Ulasan, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Shopee. (2) untuk mengetahui promosi produk terhadap keputusan pembelian di Shopee. (3) untuk mengetahui ulasan produk terhadap keputusan pembelian di Shopee. (4) untuk mengetahui pengaruh harga dan ulasan produk terhadap keputusan pembelian di Shopee. Dalam penelitian diketahui bahwa harga, promosi, dan ulasan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Probability Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang pengguna aplikasi Shopee di Kota Solo Raya. Sampel penelitian ini terdiri dari 100 responden yang berasal dari masyarakat Solo Raya yang pernah mengunakan marketplace Shopee. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan SPPS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan harga mempengaruhi keputusan pembelian. Promosi mempengaruhi keputusan pembelian. Ulasan mempengaruhi keputusan pembelian.

References

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Basu, Swastha.2010.Manajemen Pemasaran : Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta. BPFE UGM

Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.

Ilmiyah, Khafidatul, and Indra Krishernawan. 2020. “Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto.” Maker: Jurnal Manajemen 6(1):31–42. doi: 10.37403/mjm.v6i1.143. Terakreditasi S4 dengan ISSN 2502- 4434.

Jilid Satu. Edisi Kesepuluh. Jakarta : Erlangga.

Kotler dan Armstrong. (2014). Manajemen Pemasaran. Edisi 15. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2010. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi ke 12. Jilid 1. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Prilano, K., Sudarso, A., & Fajrillah. (2020). Pengaruh Harga , Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Jbe, 1(1), 1–10.

Prilano, K., Sudarso, A., dan Fajrillah, F. (2020). Pengaruh Harga, Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Journal of Business and Economics Research (JBE). Vol.1, No.1.

Stanton, William J. 2013. Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa oleh Buchari Alma.

Tjiptono Fandy, 2007, Strategi Pemasaran, Andy Offset, Yogyakarta

Yusuf, A. 2021. The Influence of Product Innovation and Brand Image on Customer Purchase Decision on Oppo Smartphone Products in South Tangerang City. Budapest International Research and Critics Institute- Journal (BIRCI-Journal, 2 (1), 472–481.

Downloads

Published

2023-12-29

Issue

Section

Articles