Peran Customer Service Dalam Peningkatan Pelayan Nasabah BSI KC Rantau Prapat
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v2i1.681Keywords:
Peran, Customer ServiceAbstract
Perkembangan sosial masyarakat Indonesia saat ini mengarah pada masyarakat informasi, yaitu masyarakat yang menempatkan telekomunikasi sebagai sumber aktivitas dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Perkembangan era digital saat ini menjadi sebutan untuk munculnya digital, jaringan internet, khususnya teknologi informasi komputer. Era digital sendiri sering digunakan untuk menggambarkan teknologi digital. Internet telah menjadi akrab bagi orang-orang. Saat ini, internet sudah menjadi bagian dari kebutuhan kita sehari-hari, seolah-olah kita tidak bisa hidup tanpa internet. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran customer service dalam peningkatan pelayanan nasabah BSI KC Rantau Prapat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak SOP pada layanan pelanggan. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif pendekatan penelitian dan menggunakan jenis deskriptif-kualitatif, dan menggunakan primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian tentang peran customer service dalam peningkatan pelayanan nasabah BSI KC Rantau Prapat dalam dua kategori, termasuk strategi layanan dasar, yang mencakup karyawan yang bertugas di pelanggan bagian pelayanan yang harus ramah dan komunikatif. Sementara itu, kualitas pelayanan utama meliputi kompetensi, kepercayaan dan dapat dipercaya, kontribusi, kejujuran, sosial, peduli lingkungan dan inovasi.
References
Atmadjati, A. (2018). Layanan Prima dalam Praktik Saat Ini. Yogyakarta: Deepublish.
Citra, M., Lubis, N., & Nurseto, S. (2013). Analisis Kepuasan Pelanggan Atas Kualitas Pelayanan Blackberry Internet Service Provider Telkomsel ( Studi Kasus Pada 100 Pengguna Blackberry Internet Service Provider Telkomsel di Kota Semarang ). Social And Politic.
Dulkhatif, Haryono, A. T., & Moh Mukeri Warso. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan dan Lokasi terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Penyedia Jasa Internet Study Pt Noken Mulia Tama Semarang. Jurnal of Management.
Firmayasa, A., & Kamal, F. (2017). Penerapan Pelayanan Prima Untuk Memenuhi Harapan Masyarakat Terhadap Layanan Publik Pada Kelurahan Makasar, Jakarta Timur. Cakrawala, 17(2), 179–188.
Rosanto, O., & Saputra, N. E. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kedisiplin Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Lurah Klender Jakarta Timur. Widya Cipta, 3(1), 7–16.
Kurniasari, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Bogor. Widya Cipta, 3(1), 129–134.
Kotler, Keller. (2007).Manajemen Pemasaran, Edisi Ke Dua Belas Jilid 1, Indonesia: PT. Macanan Jaya Cemerlang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.