Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji Terhadap Minat Nasabah BSI KCP Kabanjahe

Authors

  • Tira Syahira Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tuti Anggraini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v2i1.684

Keywords:

Simpanan Haji, Poduk Marketing

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pendekatan pemasaran yang digunakan oleh produk tabungan haji untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Bank Syariah Indonesia KCP Kabanjahe. Para peneliti menggunakan metode kualitatif sebagai bagian dari proses penelitian mereka. untuk informasi deskriptif. Data yang digunakan mungkin berasal dari wawancara mendalam, pencarian dokumen yang relevan, observasi partisipan, validitas data, analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan data penutup, di antara sumber-sumber lain. Berdasarkan analisis data yang dilakukan selama penelitian, ditemukan bahwa pendekatan pemasaran yang cerdas cenderung menarik perhatian orang. Dan ini konsisten dengan temuan wawancara, yang akan dilakukan dengan anggota staf ahli tabungan haji. Mereka efektif dalam mempromosikan diskon untuk haji. Menurut statistik yang dikumpulkan selama tiga tahun terakhir, sekarang ada lebih banyak klien. Ini karena masyarakat mempercayai program tabungan haji Bank Syariah Mandiri, yang bertindak sebagai perantara dan fasilitator bagi orang-orang yang bepergian ke kuil.

References

Abdullah, B., &Saebani, B. A. (2014). Metode Penelitian Ekonomi Islam (Muamalah). Bandung: CV. Pustaka Setia.

Adam, M. (2022). Pengaruh Promosi, Kepercayaan dan Harga Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji di PT. Bank Muamalat. Journal of Comprehensive Islamic Studies, 1(1), 108-132.

Ahmad. (2020). Manajemen Strategis. Makassar: Nas Media Pustaka.

Akbar, N. (2019). Tinjauan Terhadap Strategi Pemasaran pada Tabungan Haji dalam Akad Mudharabah (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri KCP Sudirman, Bogor). Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 3(1), 70-90.

Al-Arif, N. R. (2010). Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.

Amanda, S.M., & Majid, M.S.A. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus Dosen Universitas Syiah Kuala). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam, 1(2), 197-214

Andrianto, & Firmansyah, A. (2019). Manajemen Bank Syariah Implementasi Teori dan Praktek. Surabaya: Universitas Muhammadiyah.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Apriyanni. (2019). Analisis Ketertarikan Nasabah Terhadap Produk Tabungan Haji Pada Bank Aceh Syariah dalam Perspektif Marketing Mix. (Skripsi). Universitas Islam Negeri ArRaniry, Banda Aceh.

Ascarya. (2006). Akad dan Produk Bank Syariah: Konsep dan Praktek di Beberapa Negara. Jakarta: Bank Indonesia

BSI. (2021). Ketentuan dan Syarat Pembukaan Rekening Tabungan Haji Indonesia dan Haji Muda Indonesia. Diambil pada 24 Juli 2022, dari https://www.bankbsi.co.id/news-update/infonasabah/ketentuan-dan-syarat-pembukaan-rekeningtabungan-haji-indonesia-dan-haji-muda-indonesia.

Bungin, B. (2013). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi: Format-format Kuantitatif dan Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: Deepublish

Sutrisno. (2021). Meningkatakan Minat dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jaringan dengan Media Pembelajaran. Malang: Ahlimedia Press.

Wiroso. (2011). Produk Perbankan Syariah. Jakarta Barat: LPFE Usakti.

Yanti, O. A., & Arafah, S. (2019). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Studi Kasus pada PT. Bank Sumut Syariah KCP Marelan Raya). Jurnal FEB, 1(1), 815-824.

Downloads

Published

2024-01-07

Issue

Section

Articles