Analisis Sistem Antrian Dalam Mengoptimalkan Pelayanan Nasabah Pada Customer Service Di BSI KCP Kabanjahe
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v2i1.687Keywords:
Optimalisasi Pelayanan, Customer ServiceAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan tingkat kedatangan klien pada umumnya dan panjang jalur layanan pelanggan pada umumnya. Costumer Service di BSI KCP Kabanjahe untuk membantu nasabah dalam melakukan penyelesaian masalah, memberikan informasi berkaitan dengan perbankan dan mengurus administrasi nasabah. Kinerja sistem antrian beserta temuannya dapat digunakan untuk mengetahui antrian yang terjadi pada tingkat pelayanan optimal. Penelitian ini mengadopsi metode kualitatif dalam melakukan penelitian deskriptif. Pendekatan purposif digunakan untuk memilih peserta penelitian. Sementara teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan teknik dokumentasi. Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan prosedur merupakan tiga komponen pendekatan analisis data. Adapun metode BSI KCP Kabanjahe dalam meningkatkan kepuasan klien berdasarkan sistem antrian, sebagai berikut, keramahan, respon cepat, komunikatif, dan menjaga perilaku sopan serta menjaga kerapian.
References
Aulia Hawadini. 2020. Analisis Sistem Antrian dan Optimalisasi Layanan Teller Untuk Meningkatkan Kepuasan Nasabah Dalam Perspektif Lembaga Keuangan Islam (Studi Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Tanggamus). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Daula. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Kepuasan Menabung Nasabah Pada Bank Mandiri Syariah Di Kota Medan. Jurnal: Riset Akuntansi Dan Bisnis.
Dian Pungkas Prayogi. 2021. Analisis Sistem Antrian Guna Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Pasien Rawat Jalan Dengan Bpjs Pada Upt Puskesmas Ngawen I Gunungkidul. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Widya Dharma Klaten.
Gusferdiansyah dkk. 2017. Analisis Sistem Antrian Dalam Optimalisasi Sistem Pelayanan Kereta Api Purwosari dan Solo Balapan. Jurnal Gausian Vol 4, No.3.
Hasrida. 2018. Model Optimalisasi Pelayanan Nasabah Berdasrkan Sistem antrian (Studi Kasus BRI Cabang Kota Palopo. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Herniati. 2018. Analisis sistem antrian terhadap efektivitas pelayanan PT. Pos Indonesia (Persero) Makassar. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar.
Joel Adi Putra Sipahutar. 2020. Analisis Sistem Antrian Pelanggan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Balige Menggunakan Model Antrian Multi Channel-Single Phase. Skripsi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara Medan.
Linda Serlina. 2018. Analisis Sistem Antrian Pelanggan Bank Rakyat Indonesia (Bri) Cabang Bandar Lampung Menggunakan Model Antrian Multi Channel-Single Phase. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Maghfirah. 2018. Analisis Penerapan Sistem Antrian Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Pembantu Unit Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar Makassar.
Moleong, L.J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurastuti, W. (2011). Teknologi Perbankan (1st ed.). Graha Ilmu.
Nasution. 2002. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Sri indriyanti suhartina. 2018. Analisis Sistem Antrian Dalam Mengoptimalkan Pelayanan (Studi Kasus: PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Veteran Selatan). Skripsi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprapto. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Nasabah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sholikah. 2018. Analisis Sistem Antrian Pelayananan Nasabah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.