Pengaruh Promosi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Di Perumahan Alif Park Residence Depok
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v3i10.6871Keywords:
Product Promotion, Price, Purchase Decision.Abstract
The purpose of this study was to determine the Influence of Product Promotion and Price on Home Purchase Decisions at Alif Park Residence Depok. both partially and simultaneously. The method used in this study is a quantitative method. The sampling technique used is saturated sampling, which uses a sample of 92 respondents. The data analysis technique used is statistical analysis with validity test, reliability test, classical assumption test, simple linear test, multiple linear regression test, coefficient of determination, hypothesis t test and hypothesis f test. The results of the study of Product Promotion and Price on Home Purchase Decisions at Alif Park Residence Depok. Seen by the multiple linear regression equation Y = 1.787 + 0.378 X1 + 0.367 X2 This is evidenced by the results of the simultaneous hypothesis test obtained the value of f count> f table (156.021> 3.10) and strengthened by a significance value <0.05 (0.000 <0.05). The results of the coefficient determination test of the Product Promotion (X1) and Price (X2) variables gave an influence of 77.8%. On the Decision to Purchase a House at Alif Park Residence Depok. Thus, H0 is rejected and H3 is accepted. This means that there is a significant simultaneous influence between the Influence of Product Promotion and Price on the Decision to Purchase a House at Alif Park Residence Depok.
References
Buku
Abdorrakhman Ginting. 2012. Esensi Praktis Belajar & Pembelajaran (Disiapkan untuk Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Guru-Dosen). Bandung: Humanior.
Abdul Majid, Suharto, 2019, Customer Service Dalam Bisnis Jasa Transportasi, Rajawali Press, Jakarta
Abdullah, TICOALU dan Francis Tantri. 2014. Manajemen Pemasaran. cet. II. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Achmad, Z.. 2014. Aplikasi Pemasaran dan Salesmanship. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Algifari, 2015. Analisis Regresi Teori, Kasus dan Solusi Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE.
Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.
Alma, Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Alma.B. (2019). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2022) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
Appley A, L & Lee, O. L. 2017. Pengaruh Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Appley, A. L & Lee, O. L. 2016. Pengantar Manajemen. Jakarta. Salemba Empat
Arif, S. N., & Iskandar, Z. (2018). Dasar-Dasar Manajemen dalam Teknologi Informasi. Jurnal Saintikom, Vol. 5, 2(2), 236–247.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Assauri, S. 2014, Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Strategi. Edisi Pertama Penerbit. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Assauri, S. 2014, Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Strategi. Edisi Pertama. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Assauri, Sofjan, 2022, Manajemen Operasi Produksi, Rajawali Pers, Jakarta.
Boyd, Walker, & Larréché. (2019). Manajemen Pemasaran Jilid 2. Jakarta : Erlangga.
Buchari, Alma, 2015. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta
Danang Sunyoto. (2014). Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.
Darmawan. 2020. Dasar-dasar Memahami Rasio dan Laporan Keuangan. Yogyakarta: CV. UNY Press.
David, Fred, R. 2014. Strategic Management Manajemen Strategi Konsep, Edisi 12, Salemba Empat, Jakarta.
Dessler. Gary. 2019. Human Resources Management (Manajemen Sumber Daya Manusia), Edisi Empat Belas Bahasa Indonesia. Jakarta: Indeks.
Djaslim Saladin. (2014). Manajemen Pemasaran. Bandung: Agung Ilmu.
Fandy, Tjiptono. 2001. Manajemen Jasa, Edisi ke 2. Yogyakarta : Andi Offset.
Fayol, Henry. 2014. Manajemen Public Relations. Jakarta: PT Elex Media.
George Terry, 2022, Dasar-Dasar Manajemen, Bumi Aksara, Jakarta
Ghozali, Imam. 2014. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handoko. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi Jakarta Bumi Aksara. Metodelogi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesisi Bisnis. Jakarta: P Gramedia Pustaka.
Hasibuan, Malayu. 2016. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Hurriyanti, Ratih. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung L Alfabetha.
Istijanto, 2014.Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Kosasih, E. (2022). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kotler, & Keller. (2016). Manajemen Pemasaran (13 ed.). (B. Sabran, Trans.) Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. and Armstrong, G. 2015. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip dan Amstrong. 2001. Dasar-Dasar Pemasaran . Edisi 9. Jilid 1.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran jasa, Jakarta: Salemba Empat.
Lupiyohadi, Rambat. 2017 Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Salemba empat, Jakarta.
Malhotra, N. K. (2019). Marketing Research: An Applied Orientation, 7th Edition. New York: Pearson.
Manalu, Ermawiyah B. (2019). Doa dan Harapan Ibu. CV. Cipta Media Edukasi: Bandung. ISBN 978‑623‑215‑105‑5.
Moenir, H.A.S. 2014. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara. Jakarta
Nana Sudjana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Nanang Martono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisa isi dan Analisis data sekunder. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Rangkuti, Freddy. (2017). Riset Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Robbins, Stephen P. and Mary Coulter. 2016. Manajemen, Jilid 1 Edisi 13, AlihBahasa: Bob Sabran Dan Devri Bardani P, Jakarta: Erlangga
Septryadi, (2022), Hukum Agraria, Sinar Grafika, Jakarta.
Siregar, Torang. (2021). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan PTK
Sugiyono (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Anggota Ikatan Penerbit Indonesia(IKAPI).
Sunarto. 2015. Pengantar Statistika: Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Terry, G.R & Rue, L. W. 2014. Dasar-Dasar Manajemen, penerjemah G.A Ticoalu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Tjiptono, F.(2020). Strategi Pemasaran edisi 4. Yogyakarta; Andi.
Wirawan dan Samuel Saladin. 2019. Pengaruh Proses Personal Selling terhadap Volume Penjualan Produk Indihome. ISSN : 2355- 9357
Wirawan, 2020 Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.
Jurnal
Aan Purnama 2023 pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen (studi alfamart darunnajah 2 di jl. Ulujami raya no. 56 jakarta selatan) Jurnal Ilmiah Publika Volume 11 HALAMAN 329-336.
Aan Purnama 2023 pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen (studi alfamart darunnajah 2 di jl. Ulujami raya no. 56 jakarta selatan) Jurnal Ilmiah Publika Volume 11 HALAMAN 329-336.
Aan Purnama. 2022 Pengaruh antara harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk sebamed pada PT. Eltean Luhur Kencana Volume 10 Jurnal Arastirma halaman 267-272.
Aan Purnama. 2022 Pengaruh antara harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk sebamed pada PT. Eltean Luhur Kencana Volume 10 Jurnal Arastirma halaman 267-272.
Aris Ariyanto1 , Aan Purnama2 Agus Sudarsono3 , Kiki Dwi Wijayanti 4 , Mada Faisal5 2021. Pelatihan public speaking dan digital marketing dimasa pandemi covid 19 pada komunitas IX pondok aren tangerang selatan P-ISSN 2716-3652 E-ISSN 2723-1003 DEDIKASI PKM UNPAM Vol. 2, No. 1, Januari 2021, Hal (68-74).
Andriani. (2020) „Perbedaan Pengetahuan, Sikap, dan Motivasi Ibu Sesudah Diberikan Program Mother Smart Grounding (MSG) dalam Pencegahan Stunting di Wilayah Kerja‟, Ojs.Uho.Ac.Id, 2(6), pp. 1–9. doi: 250- 731X.
Choi, H. K., Mun, J. H., Kim, D. J., Zhu, H., Baek, J. M., Mudge, J., Roe, B., Ellis, N., Doyle, J., Kiss, G. B., Young, N. D., & Cook, D. R. (2016). Estimating genome conservation between crop and model legume species. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 101(43), 15289–15294.
Fasha (2022). PENGARUH PROMOSI MELALUI EVENT TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK MOOZEE BAG.
Ghozali, Alamsyah. (2012). “Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Notebook Merek Toshiba” Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha ( tidak dipublikasikan).
Gitari Arsito Putri dan Nahar Maganda Saragih. Universitas Potensi Utama Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap KeputusanPembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Alfamart Klambir Lima Raya Medan), Volume.1, No.1 Februari (2023) E- ISSN : 2964-3252 dan P-ISSN : 2964-3260, Hal 253-278.
Hadijah Febriana dan Intan Sari Budhiarjo 2020. Pengaruh Promosi Go-pay Terhadap Keputusan Pengguna Aplikasi Transportasi Online Di Ruang Lingkup Universitas Pamulang. Jurnal Madiri Vol 4 No 2.
Kristiawan, M., & Eddy, S. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2166–2172.
Maryam Batubara, Purnama Ramadani Silalahi, Sri Aderafika Sani, Rima Rizki Syahputri, dan Vega Liana 2022. Universitas Islam Negeri Sumatra Utara. Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian KonsumenProduk Scarlett Whitening: Studi Kasus pada Mahasiswi FEBI UIN Sumatera Utara. Volume 4 No 5, 1327-1342P-ISSN 2656-2871 E-ISSN 2656-4351.
Muhamad Restu Wijaya Dan Widya Candra Dewi 2023. Pengaruh Kesadaran Merk (Brand Awareness) dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum Tirta Sasmita pada Mahasiswa Universitas Pamulang Jurnal E-Jurnal Manajemen Informatika, Vol. 7, No. 3, e-ISSN 2541-1130
Nurmin Arianto Program Studi Manajemen Universitas Pamulang. Pengaruh Promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan serta berdampak terhadap loyalitas pelanggan ISSN: 2339-0689 (Print), ISSN 2406-8616 (Online) Volume 7, No 1 Juni 2019, (Halaman 44-54).
Rega Ababil, Fauzan Muttaqien, dan Nawangsih 2022. STIE Widya Gama Lumajang. Analisis Kualitas Produk, Word Of Mouth, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Merek Senduro Coffee. Vol.2 , E-ISSN:2622-304X, P- ISSN:2622-3031.
Salsabila, Levana. 2016. Landasan Program Perencanaan dan Perancangan Arsitektur Stasiun Kereta Bandar Udara Soekarno-Hatta dengan Penekanan Desain Hi-Tech. Tugas Akhir Teknik Arsitektur UNDIP.
Sinta Sulistiani 2016 Pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian yang berdampak pada loyalitas pelanggan pada produk hydro coco Pt kalbe farma. Vol 1 No. 4 P-ISSN: 2829-0488 E-ISSN: 2829-0518.
Tia Sisrahmayanti, dan Muslikh 2022. Universitas Yasri Jakarta. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian: Peran Mediasi Kepuasan Konsumen. Vol.12 No.1.
Wardani. 2023. Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan Dan Harga Terhadap Loyalitas Wisatawan Pengguna Layanan Booking.Com.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










