ANALISIS STRATEGI DIRECT SELLING NEXT CROSS PIZZAHUT TERHADAP TINGKAT PENJUALAN DI MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Zaky Mubarok Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Akbar Surabaya
  • Mohammad Wahdan Ubaidillah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Akbar Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v1i1.693

Keywords:

Pandemi, Covid 19, Direct Selling, Penjualan

Abstract

Keberadaan pandemi Covid 19 yang terjadi sejak pertengahan bulan maret 2020 mengalami penyebaran secara masif dan global dan mempengaruhi segala sektor kehidupan, terutama pada sektor ekonomi. Dalam hal ini, WHO (World Health Organization) telah mengumumkan dampak pandemi Covid dalam segala aspek kehidupan telah menjadi masalah yang krusial yang berusaha dihadapi berbagai negara di dunia termasuk Indonesia. Keberadaan pandemi Covid 19 menyebabkan menurunnya tingkat penjualan pada berbagai gerai makanan Fast Food termasuk Pizza Hut. Strategi Direct selling Next Cross menjadi pilihan yang dilakukan gerai Pizza Hut untuk tetap mempertahankan tingkat penjualannya.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dengan analisis data menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dengan sumber acuan umum yang berisi teori-teori dan konsep-konsep pada umumnya. Selain itu, sumber acuan khusus berupa jurnal, penelitian, thesis dll. Teknis analisis data menggunakan teknik analisis isi yang mengkaji relevansi teori terhadap implementasi praktik yang terjadi dilapangan. 

Penelitian ini bertujuan untuk memperdalam kajian teori tentang strategi pemasaran Direct Selling terhadap praktik penjualan pada masa pandemi Covid 19 yang dilakukan oleh gerai Pizza Hut. Selain itu, untuk mengetahui hasil elaborasi teori kedalam praktik terkait tingkat penjualan yang dihasilkan gerai Pizza Hut dengan menggunakan strategi Direct Selling pada masa pandemi Covid 19.  Penelitian ini menghasilkan elaborasi landasan teori kedalam praktik terkait fokus yang diteliti meliputi 1). Dampak pandemi Covid 19 terhadap penjualan di gerai Pizza Hut; 2). Strategi Direct Selling Next Cross pizzahut; 3). Tingkat penjualan gerai pizzahut dengan strategi Direct Selling.

References

Adityo Susilo et al., “Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Coronavirus Disease 2019: Review of Current Literatures,” Jurnal Penyakit Dalam Indonesia 07, no. 01 (2020).

Eman Supriatna, “Wabah Corona Virus Disease Covid 19 Dalam Pandangan Islam, ” SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i 07, no. 06 (2020).

Hadari Nawawi. 1991. Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : UGM Press. Halaman 133.

Iskandar Azwar et al (2020). “Peran Ekonomi dan Keuangan Sosial Islam Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i, Volume 7 Nomor 7.

Iskandar, A., Possumah, B.T., Aqbar, K., 2O2O, Peran Ekonomi dan Keuangan

Kotler, Philip (1998). “Manajemen Pemasaran”. Jakarta : PT. Ikrar Mandiri Abadi.

Kuhltau, C. C. 2002. Teaching The Library Research. USA: Scarecrow Press Inc.

Liu L, Yang Y, Gao Z, et al. Practice of diagnosis and management of acute respiratory distress syndrome in mainland China: a cross-sectional study. J Thorac Dis 2018; 10: 5394–404.

Nugraha dan Kartikaningsih Dewi, (2020). “Pengaruh Nilai Tukar Terhadap Harga Saham Perusahaan Sektor Food And Beverage Di Masa Pandemi Covid 19”. Bandung: Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 14 No.2020.

Pandemi Covid-19” Jakarta: Journal FSH UIN Syarif Hidayatullah. Sutrisno, Hadi. Metodologi Research. Yogyakarta : Fak.Psikologi UGM. 1990. Surakhmad, Winarno. Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar, Metode, Tenik. Bandung : Tartisto, 1982

Saleh, Tahir (2020). “Kisah Sedih Pizza Hut, Q3 Tekor Rp 8,6 M karena Pandemi Covid”. Cnbcindonesia.com dimuat pada 9 November 2020.

Situmorang, Ria (2020). “Emiten Pemilik Perusahaan Pizzahut (PZZA) Akui Kinerja Kuartal I 2020 Terdampak Covid-19”. Bisnis.com dimuat pada 2 Juli 2020.

Sosial Islam Saat Pandemi Covid-19, Jurnal Sosial & Budaya Syar’i, 7(7): 625-638.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Tjiptono, Fandi (2000). “Strategi Pemasaran Cetakan Ke-II”. Yogyakarta: Andi.

Wirantha, I Made (2006). ”Metode Penelitian Sosial Ekonomi”. Yogyakarta: Andi.

Zed, Mestika (2004). “Metode Penelitian Kepustakaan”. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Mirayani, Luh (2018). Analisis Penerapan Strategi Direct Selling dan Dampaknya Pada Volume Penjualan Pada PT. Karya Pak Oles Tokcer di Desa Bengkel Tahun 2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, Volume 10 Nomor 1.

Pride, dkk. (2010). Business, 10th edition. South Western : LEAP Publishing Service, Inc and Macmillan Publishing Edition.

Roy Morgan Research Institute (2018). Top 10 Restaurant and Fast Food Outlet in Indonesia To Eat At. Roy Morgan, Melbourne.

Misno, dkk. (2020). Covid-19. Pustaka Amma Alamiah.

Sutrisni, Ellys. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Bisnis Penjualan Berbasis Online di Bali. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, Volume 5 Nomor 2.

Baldwin dan Tomiura. (2020). Thinking Ahead About The Thread Impact Of Covid-19. CEPR Press VoxEU. Org.

Khan, Naushad dan Faisal, Shah. (2020). Epidemiology of Corona Virus in The Worlds and Its Effects On The China Economy. Diunggah di https://ssrn.com/abstract=3548292.

Nabila, Sharfina, dkk. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap UMKM (Studi Kasus UMKM Zeafood di Kota Mataram). Jurnal Inovasi Penelitian, Volume 1 Nomor 12.

Ihza. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) (Studi Kasus UMKM Ikhwa Comp Desa Watesprojo, Kemlagi, Mojokerto). Jurnal Inovasi Pelatihan, Volume 1 Nomor 7.

Dwijayanto. (2018). Pizzahut Incar Pertumbuhan 10,7 %. Industrikontan.co.id.

Downloads

Published

2023-09-22

Issue

Section

Articles