PENGARUH TIKTOK SHOP DAN CELEBRITY ENDORSMENT TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA GENERASI Z PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS PGRI WIRANEGARA
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v3i11.7056Keywords:
Celebrity Endorsment, Generasi Z, Tiktok ShopAbstract
Tiktok sebagai salah satu media sosial meluncurkan fitur market place yang disebut Tiktok Shop yang menggabungkan hiburan dan perdagangan elektronik secara langsung dalam satu aplikasi. Selain itu, selebriti yang memiliki pengaruh besar di kalangan generasi Z mampu membentuk persepsi dan keinginan konsumtif melalui promosi produk yang mereka lakukan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, dengan uji asumsi klasik sebagai syarat analisis serta uji-t dan uji-F untuk menguji hipotesis. Hasil dari uji parsial uji-t menunjukkan sebesar 2,961>1,997 dan nilai signifikansi 0,001<0,05. Maka terdapat pengaruh positif dan signifikan pada variabel Tiktok Shop terhadap variabel Perilaku Konsumtif. Hasil dari uji parsial (uji-t) menunjukkan sebesar 8,910>1,997 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka terdapat pengaruh positif dan signifikan pada variabel Celebrity Endorsment terhadap variabel Perilaku Konsumtif. Nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel yaitu sebesar 38,436 > 3,14 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.
References
Agustin, N., & Amron, A. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Skincare Pada Tiktok Shop. Kinerja, 5(01), 49–61. https://doi.org/10.34005/kinerja.v5i01.2243
Anggraini, R. T., Fauzan, &, & Santhoso, H. (2017). Hubungan antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja. GADJAH MADA JOURNAL OF PSYCHOLOGY, 3(3), 131–140.
Charla, U., & Isyanawulan, G. (2023). Pengaruh Intensitas Penggunaan Fitur Tiktok Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Generasi Z (Studi Di Desa Batu Ampar Baru Kabupaten Ogan Komering Ilir. Jurnal Empirika, 8(1). https://doi.org/10.47753/je.v8i1.133
Darullah, M. D., & Tanamal, R. (2023). Faktor yang Paling Mempengaruhi Keputusan dalam Menggunakan TikTok Shop. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 6(2), 166–175. https://doi.org/10.32500/jematech.v6i2.2846
Febby Santika, O., Haryana, G., Yogi Riyantama Isjoni, M., Marketing TikTok, C., & Konsumtif, P. (2024). Pengaruh Content Marketing TikTok Shop terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Riau Kata kunci. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Hidayanti, N., Futuchatul Hidayah, S., Al -Hakim, I., & Khairum Nisa, F. (n.d.). Pengaruh Tiktokshop Sebagai Media Online Shopping Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja.
Lestari, D. I., Yunus, A., Nurkhayati, A., & Massuhartono, M. (2023). Hubungan Intensitas Penggunaan Tiktok Dengan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling), 7(1), 19–35. https://doi.org/10.30631/jigc.v7i1.80
Mujahidah, Nooriah., (2020). Analisis Perilaku Konsumtif Dan Penanganannya (Studi Kasus Pada Satu Peserta Didik Di Smk Negeri 8 Makassar). Universitas Negeri Makassar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










