Implementasi Marketing Mix dalam Peluncuran Produk Cicil Emas di PT BPRS Lantabur Tebuireng

Authors

  • Lailatul Maghfiroh Putri Rifardi Universitas Hasyim Asyari
  • Peni Haryanti Universitas Hasyim Asyari

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v3i11.7098

Keywords:

Marketing Mix, Cicil Emas, PT BPRS Lantabur Tebuireng

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi marketing mix 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence) dalam peluncuran produk investasi syariah "Cicil Emas" di PT BPRS Lantabur Tebuireng serta mengevaluasi efektivitas strategi pemasaran yang diterapkan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam terhadap manajemen dan nasabah, observasi partisipatif terhadap proses pemasaran, serta studi dokumentasi kebijakan perusahaan. Analisis data dilakukan menggunakan triangulasi sumber untuk memastikan validitas temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi marketing mix 7P berhasil menciptakan positioning produk yang kuat dengan strategi terintegrasi yang meliputi pengembangan produk sesuai prinsip syariah, penetapan harga kompetitif, distribusi multichannel, promosi digital dan konvensional, peningkatan kapasitas SDM, standardisasi proses layanan, serta penguatan bukti fisik melalui branding yang konsisten. Implementasi strategi ini berhasil meningkatkan brand awareness dan memperoleh 83 nasabah baru dengan total akumulasi investasi setara 0,5 kg emas dalam dua bulan pertama peluncuran produk.

References

Abdul, A. R., Mandiri, D. P., Astuti, W., & Arkoyah, S. (2022). Tantangan Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 5(2), 352–365. https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(2).9505

Ainulyaqin, M. H., Rakhmat, A. S., Achmad, L. I., & Fahamsyah, M. H. (2024). Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Pembiayaan Mitra Emas iB Maslahah: Antara Physical Evidence, Promise, dan Customer Centric. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 389–400. https://doi.org//10.29040/jiei.v10i1.12361

Asikin, M. Z. (2025). Peran Emas sebagai Lindung Nilai terhadap Ketidakpastian Pasar Keuangan Global. Hawalah: Kajian Ilmu Ekonomi Syariah, 3(3), 123–135. https://doi.org//10.57096/hawalah.v3i3.54

Fauzi, A. A. A., Jubaedah, D., & Rahmah, Y. F. (2024). Peran Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) dalam Mengembangkan Ekonomi Masyarakat. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islameuangan Islam, 04(01), 34–51. https://doi.org//10.35194/eeki.v4i1.3919

Gunawan, Darmawan, A. A., & Ma’sum, H. (2024). Konsep Marketing Mix 4P dan 7P. CV. Media Sains Indonesia.

Gupta, S., & Ramachandran, D. (2021). Emerging Market Retail: Transitioning From a Product-Centric to A Customer-Centric Approach. Journal of Retailing, 97(4), 597–620.

Hairi, F. (2025). Berinvestasi Emas Dalam Islam. Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(2023), 613–618. https://doi.org//10.61579/masa depan.v3i1.298

Khumairok, M. (2023). Regulasi Hukum Perbankan dalam Menghadapi Tren Inovasi Fintech dan Keberhasilan Industru Perbankan di Era Society 5.0. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(7), 1719–1731.

Lubis, S. R. A., Putri, N., & Nasution, M. L. I. (2022). Promotion Strategy for Mudharabah Marhamah Savings Products at Bank of North Sumatra Syariah. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan, 3(2), 387–392. https://doi.org//10.53697/emak.v3i2.498

Mardiyanto, E., & Kambali, M. (2021). Implementasi Marketing mix dalam Pemasaran Perbankan Syariah. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 9(1), 93–103. https://doi.org/10.37812/aliqtishod.v9i1.227

Mohamad, R., & Rahim, E. (2021). Strategi Bauran Pemasaran (Marketing mix) dalam Perspektif Syariah. MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), 2(1), 15–26. https://doi.org//10.54045/mutawazin.v2i1.113

Muhammad Kurniawan, S. E., & Sy, M. E. (2021). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah (Teori dan Aplikasi). Penerbit Adab.

Nisa, C., Ichwani, T., Kurniawati, D., & Damayanti, A. (2025). Tantangan Keberlanjutan Bank Perekonomian Rakyat (BPR): Dari Kinerja Hingga Regulasi. Deepublish.

Pranata, G. D., SE, M. M., & Riduwan, S. E. (2023). Tatakelola dan manajemen risiko bank perekonomian rakyat syariah. UAD PRESS.

Rifardi, L. M. P., Hidayati, A., & Sakroni. (2023). Transformasi Digital PT BPRS Lantabur Tebuireng: Implementasi Lantabur Mobile. Jurnal Kajian, Penelitian Ekonomi, Dan Bisnis Islam, 6(1), 29–37. https://doi.org/10.32764/istismar.v6i1.5401

Saleh, M., F, F. S., & Syamsulriyadi. (2020). The Effect of Financial Literacy and the Quality of Financial Learning on the Use of Fintech by Management and Accounting Students at Fajar University. Journal of Management and Organization Review (Manor) (Manor), 2(2), 94–105. https://doi.org/10.47354/mjo.v2i2.243

Shifa, M., Amalia, A., Majid, M. S. A., & Marliyah. (2022). Penggunaan Mata Uang Dinar dan Dirham sebagai Solusi Prediksi Krisis Moneter di Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(6), 2321–2338. https://doi.org//10.32670/fairvalue.v4i6.992

Tartila, M. (2022). Strategi Industri Perbankan Syariah dalam Menghadapi Era Digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 3310–3316. https://doi.org//10.29040/jiei.v8i3.6408

Verawati, H. (2024). Analisis Hukum Islam Terhadap Implementasi Investasi Emas Syariah. Sosial Dan Humaniora, 3(6), 945–965.

Yarmanti A., V., Wissalam Bustami, A., & Muhammad Ardo, A. (2025). Islamic Banking Innovation and Customer Satisfaction: A Case Study of Indonesia and Nigeria. BANCO: Jurnal Manajemen Dan Perbankan Syariah, 7(1), 90–110. https://doi.org/10.35905/banco.v7i1.11018

Downloads

Published

2025-11-21

Issue

Section

Articles