Pemasaran Media Sosial Untuk Memperluas Jangkauan Pasar RM Dapur Lintau

Authors

  • Yunda Satria Yunda Satria STIE Indonesia Banking School
  • Vito Lifa STIE Indonesia Banking School
  • Santi Rimadias STIE Indonesia Banking School

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v2i1.713

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) berkontribusi terhadap pengembangan ekonomi lokal dengan menghasilkan pendapatan dan mendorong pertumbuhan masyarakat. Strategi khusus pemberdayaan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini berkisar pada pemasaran media sosial untuk memperluas jangkauan pasar RM Dapur Lintau. Menyadari peran penting platform digital dalam mengelola bisnis, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membekali RM Dapur Lintau dengan strategi pemasaran media sosial yang efektif. Metode yang digunakan melibatkan pendekatan komprehensif seperti observasi, wawancara, pra-survei, dan pendampingan. Metode-metode ini dipilih secara strategis untuk mendapatkan wawasan tentang praktik pemasaran RM Dapur Lintau saat ini, mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, dan memberikan panduan yang ditargetkan untuk meningkatkan kehadiran media sosial RM Dapur Lintau. Luaran dari kegiatan pengabdian tersebut menunjukkan adanya dampak positif terhadap RM Dapur Lintau, yaitu penerapan strategi pemasaran media sosial yang lebih baik, dan bisnis mengalami peningkatan efektivitas dalam menjangkau khalayak yang lebih luas.

References

Ben Moussa, M., & Benmessaoud, S. (2021). Online engagement as a multimodal discursive practice: The case of Dubai Cares’ Facebook page. Public Relations Inquiry, 10(1), 49–71. https://doi.org/10.1177/2046147X20979291

Eastman, J. K., Smalley, K. B., & Warren, J. C. (2019). The Impact of Cause-Related Marketing on Millennials’ Product Attitudes and Purchase Intentions. Journal of Promotion Management, 25(6), 799–826. https://doi.org/10.1080/10496491.2018.1536625

Fu, J. R., Lu, I. W., Chen, J. H. F., & Farn, C. K. (2020). Investigating consumers’ online social shopping intention: An information processing perspective. International Journal of Information Management, 54(June), 102189. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102189

Gupta, S., Saha, R., Kaur, J., Kathuria, S., & Paul, J. (2021). Factors impacting innovation performance for entrepreneurs in India. International Journal of Entrepreneurial Behaviour and Research, 27(2), 356–377. https://doi.org/10.1108/IJEBR-09-2020-0612

Novy, N. P., Dewi, C., Aditia, D., & Nasution, D. (2023). Pentingnya Penerapan E-Commerce Bagi UMKM Sebagai Salah Satu Bentuk Pemasaran Digital Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pijar : Studi Manajemen Dan Bisnis, 1(3), 566–577. https://e-journal.naureendigition.com/index.php/pmb

Nurjanah, R., Surhayani, S., & Asiah, N. (2022). Faktor Demografi, Literasi Keuangan, Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Pada Umkm Di Kabupaten Bekasi. Jurnal Akuntansi Bisnis Pelita Bangsa, 7(01), 1–16. https://doi.org/10.37366/akubis.v7i01.431

Rayat, A., Rayat, M., & Rayat, L. (2017). The impact of social media marketing on brand loyalty. Annals of Applied Sport Science, 5(1), 73–80. https://doi.org/10.18869/acadpub.aassjournal.5.1.73

Rimadias, S., Samuel, R., Zaidan, Z. M., Lifa, V., Riani, R., Dhamayanti, D. S., & Sosial, P. M. (2023). Peningkatan Peran Pemasaran Media Sosial Pada Ukm Mikro Raja Seblak Mumunggang. Community Development Journal, 4(2), 1418–1424.

Rimadias, S., Werdiningsih, Y., & Baqi, A. F. (2022). Social Media Marketing on Instagram: Peran Beauty Influencer Dalam Pemasaran Scarlett Whitening Di Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 88–100.

Vohra, A., & Bhardwaj, N. (2019). Customer engagement in an e-commerce brand community: An empirical comparison of alternate models. Journal of Research in Interactive Marketing, 13(1), 2–25. https://doi.org/10.1108/JRIM-01-2018-0003

Downloads

Published

2024-01-02

Issue

Section

Articles