Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Erablue Kebalen Di Bekasi

Authors

  • Dwihar Handiko Putra Universitas Pamulang
  • Dede Solihin Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.61722/jiem.v3i12.7334

Keywords:

Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Toko Erablue Kebalen di Bekasi, baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi sebanyak 10.057 orang selama tahun 2024. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dan diperoleh 99 responden. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, regresi linier, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, Harga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan persamaan regresi Y = 10,157 + 0,700X1. Uji hipotesis menunjukkan t hitung > t tabel (8.001 > 1.984), sehingga H01 ditolak dan Ha1 diterima. Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan persamaan Y = 6,990 + 0,796X2. Nilai t hitung > t tabel (9.768 > 1.982), sehingga H02 ditolak dan Ha2 diterima. Secara simultan, Harga dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan persamaan regresi Y = 4.271 + 0.286X1 + 0.587X2. Nilai koefisien determinasi sebesar 0.528 atau 52.8%, sisanya 47.2% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Uji F menunjukkan F hitung > F tabel (53.657 > 3.09), sehingga H03 ditolak dan Ha3 diterima. Artinya, terdapat pengaruh signifikan secara simultan Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Erablue Kebalen di Bekasi.

References

Aditama, R. A. (2020). Pengantar Manajemen: Teori Dan Aplikasi. In AE Publishing (p. 1). AE Publishing.

Erma Widiana, M. (2020). Pengantar Manajemen (Y. Sutarso (ed.); 1st ed.). CV. Pena Persada.

Firmansyah, M. A. (2018). Pengantar manajemen (C. : Morris Sartono (ed.); Issue January). Deepublish.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 25 edisi 9. Badan Penerbit Undip. https://doi.org/979-704-015.1

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Konsumen (1st ed.). Unitomo Press.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2023). Principles Of Marketing (A. Maulana, D. Barnadi, & W. Hardani (eds.); 12th ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Manajemen Pemasaran (A. Maulana & Y. Sri Hayati (eds.); 13th ed.). Penerbit Erlangga.

Satriadi, Wanawir, Hendrayani, E., Siwiyanti, L., & Nursaidah. (2021). Manajemen Pemasaran (Moh Suardi (ed.)). Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI).

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (27th ed.). Alfabeta.

Sunyoto, D. (2019). DASAR-DASAR MANAJEMEN PEMASARAN (T. Admojo (ed.); Vol. 3). Center of Academic Publishing Service.

Downloads

Published

2025-12-03

Issue

Section

Articles