Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Roll Cat Budget PT. Ace Oldfields Tbk
DOI:
https://doi.org/10.61722/jiem.v3i12.7557Abstract
Abstrak. This study aims to determine the effect of brand image and price on the purchase decision of Budget paint rollers at PT. Ace Oldfields Tbk. This research uses a quantitative approach with a survey method. The sample consists of 100 respondents selected using proportional random sampling technique. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis. The results show that brand image has a significant effect on purchase decisions, with a t value of 5.322 > t table 1.984 and a significance value of 0.000 < 0.05. Price also has a significant effect on purchase decisions, with a t value of 4.882 > t table 1.984 and a significance value of 0.000 < 0.05. Simultaneously, brand image and price significantly affect purchase decisions, as indicated by an F value of 153.901 > F table 3.09 and a significance value of 0.000 < 0.05. Thus, it can be concluded that brand image and price play an important role in influencing consumer purchase decisions.
Keywords: Brand Image, Price, Purchase Decision
References
Akmaludin, A. (2024). Pengantar Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers.
Angreni, T., & Lupie, D. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Pakaian Dalam Pria PT. Colorindo Internusa di Carrefour Tangcity Mall: BRAND IMAGE AND PRICE ON PURCHASE DECISION. eCo-Buss, 3(2), 73-80.
Anisa, S. (2020). Dasar-dasar Ilmu Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Aprilia, D. (2020). Pemasaran Modern: Konsep dan Praktik. Yogyakarta: Andi Offset.
Ariyanto, A. (2023). Manajemen Pemasaran Kontemporer. Jakarta: Salemba Empat.
Asifa, F., & Yani, M. (2024). Strategi Penetapan Harga. Bandung: Alfabeta.
Creswell, J. W. (2013). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Darmansah, A., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian online pada aplikasi Shopee di wilayah Jakarta Timur. Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(1), 15-30.
Ghani, M. (2024). Perilaku Konsumen dalam Perspektif Pemasaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ibrohim, M., & Ariyanto, A. (2025). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda pada CV Kodis Motor Pagedangan Tangerang. Cakrawala: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis, 2(1), 103-112.
Komariah, R. F. P. N. S. (2022). Pengaruh citra merek dan desain produk terhadap keputusan pembelian sepatu compass. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Manajemen (JIAM), 18 (2).
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Marketing Management (15th ed.). New Jersey: Pearson Education.
Maddinsyah, A. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pampers Merek Certainty. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(2), 374–387.
Mariana, R., & Anhary, A. S. (2024). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Bedak Muka Tabur Viva Cosmetics pada CV Anugerah Makmur Abadi Tangerang Selatan . Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 22478–22492. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/42910
Melati, M., & Septarina, A. A. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett di Kota Unaaha. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 207-216.
Nadia, R. (2020). Citra Merek dan Keputusan Pembelian. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.
Nur, A. (2024). Konsep Harga dalam Teori Pemasaran. Bandung: Pustaka Setia.
Oktarini, R. (2020). Pengaruh Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Tangerang. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 52-58.
Puspita, Y. D., & Rahmawan, G. (2021). Pengaruh harga, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk Garnier. Jurnal Sinar Manajemen, 8(2), 98-104.
Rismayanti, R., & Kurniawaty, E. (2025). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Tirta Sasmita (Studi Kasus Pada Mahasiswa Reguler CK Tahun Akademik 2023-2024 Program Studi Manajemen Universitas Pamulang). Jurnal Ilmiah PERKUSI, 5(1), 137–148.
Rizki, N. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Parfum Di Kota Banda Aceh (Studi di Kecamatan Syiah Kuala) (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY).
Sari, N. K., & As' ad, A. (2022). Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Masker Pokana Saat Pandemi di Makassasar. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 63-70.
Setiawan, A. (2023). Fungsi Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press.
Shinta. (2023). Manajemen Pemasaran Strategis. Surabaya: Airlangga University Press.
Sri, Y. Y. (2020). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Stie. (2020). Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: STIE Press.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (Edisi 4). Yogyakarta: Andi.
Utomo, H. C. B. (2020). Pengaruh Citra Merek, Promosi, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Minimarket Indomaret Cabang Kostrad Praja Dalam (Doctoral dissertation, Universitas Satya Negara Indonesia).
Winata, S. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Biskut Khong Guan (Studi kasus mahasiswa Universitas Buddhi Dharma Prodi Manajemen). eCo-Buss, 3(2), 65-72.
Wowor, C. A., Lumanauw, B., & Ogi, I. W. (2021). Pengaruh citra merek, harga dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian kopi janji jiwa di Kota Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 1058-1068.
Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh Advertising Dan Satisfaction Terhadap Customer Loyalty (Studi Kasus Pada Pengguna Smartphone Samsung di Fakultas Ekonomi Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma). Jurnal Ilmiah M-Progress, 10(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










