Penerapan Metode Qiraat Dalam Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.61722/jinu.v1i4.1578Keywords:
Pendidikan agama Islam, QiraatAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana qiraat digunakan dalam pengajaran agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan studi literatur dan observasi langsung pada lembaga pendidikan Islam yang menerapkan metode qiraat. Metode qiraat adalah cara membaca Al-Qur'an yang melibatkan perubahan dalam pelafalan, tajwid, dan intonasi, yang diakui dan diajarkan dalam tradisi Islam. Penerapan metode ini dianggap penting untuk memperkaya pemahaman dan keindahan membaca Al-Qur'an serta untuk menjaga keberagaman dan kekayaan tradisi lisan Islam.
References
Alghazal, Riri Nurandriani and Sobar. “‘Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibnu Khaldun Dan Relevansinya Dengan Sistem Pendidikan Nasional.’” Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 2022, 27–36.
Mavianti, Aji Kurniaku and Mavianti. “‘Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Tahsin Al-Quran Siswa.’” Journal on Teacher Education 5, no. 3 (2024): 47–54.
Naila Khoerunnisa, Akil Akil, and Jaenal Abidin. “‘Urgensi Metode Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Islam.’” PeTeKa 5, no. 3 (2022): 334–46.
Others, Ummu Khairin Nisa and. “‘Implementasi Metode Qira’Ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda.’” Borneo Journal of Language and Education 2, no. 2 (2022): 109–21.
Ridha, M. “‘Kriteria Dan Ketentuan Qiraat Al-Qur’an.’” Jurnal Al-Qishthu 13, no. 2 (2015): 5.
Yusup, Bahtian. “‘Qira’at Al-Qur’an.’” Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 4, no. 2 (2019): 232–33.










