PERAN TEKNOLOGI ASSISTIVE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK DENGAN DOWN SYNDROME

Authors

  • Syifa najah Fadiah Universitas Binawan
  • Hastin Trustisari Universitas Binawan

DOI:

https://doi.org/10.61722/jinu.v1i5.2423

Keywords:

Teknologi Assistive, Down Syndrome, Perangkat augmentatif alternatif (AAC), dan pendidikan inklusif.

Abstract

Anak Down Syndrome mengalami kesulitan berkomunikasi, baik verbal maupun nonverbal, akibat keterbatasan perkembangan sistem saraf dan otak, sehingga berdampak pada kemampuannya berbicara dan berinteraksi dengan orang lain. Artikel ini bertujuan untuk memahami bagaimana teknologi bantu, khususnya perangkat augmentatif alternatif (AAC), dapat digunakan untuk membantu anak-anak dengan down syndrome berkomunikasi. Menggunakan metode tinjauan pustaka deskriptif untuk mengeksplorasi peran teknologi bantu dalam meningkatkan keterampilan komunikasi anak Down Syndrome. Hasil penelitian ini menyoroti keberhasilan dan tantangan penerapan teknologi pendukung di lingkungan pendidikan inklusif. Rekomendasi ini dapat membantu mengembangkan strategi dan program pendidikan yang lebih efektif untuk anak berkebutuhan khusus. Anak-anak dengan Down Syndrome seringkali menghadapi tantangan besar dalam mengembangkan keterampilan komunikasi, yang berdampak pada kemampuan mereka dalam bersosialisasi dan mengakses pendidikan. Anak Down Syndrome biasanya mengalami kesulitan dalam berkomunikasi, seperti pengucapan vokal yang tidak jelas dan kesalahan penggunaan kata. Oleh karena itu, ada fokus pada penggunaan teknologi Assistive, seperti perangkat augmentatif alternatif (AAC), untuk meningkatkan keterampilan komunikasi anak dengan Down Syndrome.

References

(Gulo, 2016) ‘Perpustakaan Universitas Airlangga’, Toleransi Masyarakat beda Agama, 30(28), p. 5053156. (Gulo, 2016) ‘Perpustakaan Universitas Airlangga’, Toleransi Masyarakat beda Agama, 30(28), p. 5053156.

Ashshidiqi, M.H. (2020) ‘Teknologi Asistif Text To Speech (TTS) Pada Kemampuan Membaca pemahaman Anak Disleksia’, Jurnal Pendidikan Khusus, 15(1).

Buku, P. et al. (2018) ‘Berkebutuhan Khusus’, 4(1), pp. 370–379. Available at: www.sdupress.usd.ac.id.

Damayanto, A. et al. (2021) ‘Kondisi Pemenuhan Teknologi Asistif Bagi Anak Berkesulitan Belajar Spesifik (ABBS) di Sekolah’, Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 7(1), p. 62. doi:10.17977/um031v7i12021p62-67.

Fernández-Batanero, J.M. et al. (2022) ‘Assistive technology for the inclusion of students with disabilities: a systematic review’, Educational Technology Research and Development, 70(5), pp. 1911–1930. doi:10.1007/s11423-022-10127-7.

Harta, P. et al. (2024) ‘Indo Green’, 2, pp. 81–86.

Hasian, I., Yahya, D. and Salsabila, A. (2022) ‘Perancangan Visual Alat Peraga Mengenal Huruf Untuk Pengajar Anak Down Syndrome’, Prosiding SNADES 2022 – Desain Kolaborasi Interdisipliner di Era Digital, pp. 97–103.

Internasional, K., Ikon, P. and Trustisari, H. (2023) ‘Machine Translated by Google Tersedia online di : http :// ijer . ftk . uinjambi . ac . id / index . php / ijer Tantangan Penerapan Komunikasi Alternatif Augmentatif ( AAC ) Teknologi pada Disabilitas Ganda Setelah Kelulusan Sekolah : A Pengalaman Orang Tua Machine Translated by Google Tersedia online di : http :// ijer . ftk . uinjambi . ac . id / index . php / ijer IJER ( Edisi Khusus ) Konferensi Internasional Pendidikan ke-3 ( Ikon 2023 )’, 8(3), pp. 135–142.

Krasniqi, V. (2018) Impact of Assistive Technologies to Inclusive Education and Independent Life of Down Syndrome Persons: A Systematic Literature Review and Research Agenda, Analytical Biochemistry. Available at: http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/.

Krasniqi, V., Zdravkova, K. and Dalipi, F. (2022) ‘Impact of Assistive Technologies to Inclusive Education and Independent Life of Down Syndrome Persons: A Systematic Literature Review and Research Agenda’, Sustainability (Switzerland), 14(8). doi:10.3390/su14084630.

Marta, R. (2017) ‘Penanganan Kognitif Down Syndrome melalui Metode Puzzle pada Anak Usia Dini’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), p. 32. doi:10.31004/obsesi.v1i1.29.

https://www.halodoc.com/artikel/membangun-komunikasi-awal-dengan-anak-down-syndrome

Octavia, I.A. and Lenggogeni, P. (2024) ‘Peningkatan Perkembangan Komunikasi Pada Anak Down Syndrome Melalui Terapi Murottal’, Jurnal Psikologi Islam Al-Qalb, 15(1), pp. 1–10. Available at: https.

Serang, N. and Kandari, H. (2020) ‘Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Down Syndrome Melalui Permainan Puzzle ( Kajian Psikolinguistik )’, Mataallo Masyarakat Peneliti Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 2(1), pp. 29–37. Available at: https://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/mataallo/article/view/1906.

Suwahyo, B.W., Setyosari, P. and Praherdhiono, H. (2022) ‘Pemanfaatan Teknologi Asistif Dalam Pendidikan Inklusif’, Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 7(1), p. 51. doi:10.17977/um039v7i12022p055.

Downloads

Published

2024-08-16