READAPTASI MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PASCA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus pada Siswa di SMAN 1 Taraju Tasikmalaya)

Authors

  • Asep Hermansah Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.61722/jinu.v1i5.2444

Keywords:

Minat Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana readaptasi minat belajar dan prestasi belajar siswa di SMAN 1 Taraju pasca pandemi covid 19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan tekhnik pengumpulan data langsung kelapangan dengan cara observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa readaptasi kegiatan pembelajaran siswa SMAN 1 Taraju terdapat perubahan yang cukup signifikan. Dengan diadakan nya kegiatan pembelajaran tatap muka kembali para minat belajar siswa siswi SMAN 1 Taraju mengalami peningkatan dan juga prestasi yang ditorehkan menjadi lebih baik. Meski dengan begitu SMAN 1 Taraju mulai menerapkan pembelajaran tatap muka kembali yang sebelumnya dilaksanakan secara daring, pelaksaan pembelajaran secara tatap muka masih tetap menerapkan protocol kesehatan. Pembelajaran tatap muka yang kembali diadakan tersebut disambut baik oleh sisa siswi dan staf guru di SMAN 1 Taraju.

References

Alam, Y. (2018). Dampak Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada SMK PGRI 1 Palembang. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 574–591.

Apriyanto, M. T., & Herlina, L. (2020). Analisis Prestasi Belajar Matematika pada Masa Pandemi Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Prosiding Pekan Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan, (80), 135–144.

Arjunanta, V., Pratama, H., & Kurniawan, S. (2021). DAMPAK PANDEMI COVID 19 TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK. Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS, 01(02), 77–90.

Astuti, R., & Stohang, R. (2013). PENERAPAN NUMBERED HEADS TOGETHER MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS DI KELAS V SD NEGERI 101896 TANJUNG MORAWA T.A. 2012/2013. Jurnal Kewarganegaraan, 21(02), 12–21.

Dahliani, A., Sultan, M. A., & Mukhlisa, N. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Di Masa Pandemi COVID- 19 : Studi Kasus Sekolah Dasar di Kabupaten Barru. Pinisi Journal Of Education, 1(1), 253–258.

Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah Syaiful Bahri. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Elisa, M. N., & Witri, G. ANALISIS PEMBELAJARAN TATAP MUKA PASCA PANDEMI COVID-19. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(2), 209-217.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Halim, (2019). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: LP3M UMY

Learning, B. Solusi Model Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Al-Fikr, 83-94.

Marleni, L. (2016). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 149–159.

Marti’in, Wicaksono, L., & Purwanti. (2019). ANALISIS TENTANG RENDAHNYA MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 5 PONTIANAK Marti’in. Program Studi Bimbingan Dan Konseling FKIP Untan Pontianak, 1–10.

Moleong, Lexy. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.

Muhibbin Syah. (2008). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda karya

Mustakim, U. S. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI ERA NEW NORMAL TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MATEMATIKA DISKRIT. Uniqbu Journal Of Exact Sciences ( UJES ), 1(April), 41–45.

Downloads

Published

2024-08-21