PERAN GURU DINIYAH DALAM PEMBENTUKAN SIKAP MODERAT SISWA (Studi Kasus di Madrasah Diniyah Nurul Jannah Dsn. Rayung Ds. Turirejo Kec. Kedamean Gresik)
DOI:
https://doi.org/10.61722/jinu.v1i5.2556Keywords:
Peran Guru, Strategi Guru, Sikap ModeratAbstract
Artikel ini menjelaskan tentang uraian penelitian terkait pembentukan sikap moderasi siswa Madrasah Diniyah Nurul Jannah tepatnya di Dsn Rayung Ds Turirejo Kec Kedamean Gresik melalui peran dan strategi Guru dalam kegiatan pembelajaran. Adapun hal yang melatarbelakangi adanya penelitian adalah karena Guru Madin disana telah berhasil menggiring opini masyarakat sekitar yang sebelumnya menganggap Madin hanyalah kegiatan yang kurang bermanfaat dan kurang baik, kini Guru Madin mampu membuktikan bahwa Pendidikan madin berkontribusi besar dalam pembentukan karakter siswa dan bahkan masyarakat sekitar, karena memang sebelumnya didesa sana dulu masih banyak dijumpai kegiatan-kegiatan anak muda yang kurang positif seperti mabuk-mabukan dan bahkan masyarakat sekitarpun masih terdapat berbagai penganut keyakinan atau aliran nenek moyang, aliran kapitayan misalnya. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan studi kasus sebagai pendeketanya yang menyajikan hasil penelitian yang deskriptif. Hasil deskriptif itu meliputi wawancara, hasil observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyajikan berbagai bentuk peranan Guru dalam pembentukan sikap moderat seperti Murabbi, Muaddib, Muallim, Mursyid dan Mudarris serta keteladanan seorang Guru dalam proses pembelajaran ataupun diluar proses pembelajaran. Adapun bentuk strategi yang digunakan adalah berupa persiapan materi yang mendalam dan mengelelolah kelas dengan metode-metode pembelajaran antara lain metode ceramah dan Tanya jawab.
References
Abd Rouf Muhammad Amin, “Prinsip Dan Fenomena Moderasi Islam Dalam Tradisi Hukum Islam”. Jurnal alqolam, Desember 2014
Abdurrohman, “Eksistensi Islam Moderat dalam Perspektif Islam”, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 2 No. 2 (2017).
Annisatul Mufarokah, Strategi Belajar Mengjar, (Yogyakarta: Teras, 2009)
Badan Litbang Dan Diklat Kementerian Agama Ri Gedung Kementerian Agama Ri, Tanya Jawab Moderasi Beragama, Cet. Pertama. (Jakarta: Kementerian Agama Ri, 2019)
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, http//kbbi.kemdikbud.go.id/entri/moderasi diakses 07 januari 2022
Burhan Bunguin, Analisi Data Penelitian Kualitatif, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003), 20.
Darlis. Mengusung Moderasi Islam di Tengah Masyarakat Multikultural. Rausyan Fikr, Vol.13 No. 2 Desember 2017
Departemen Agama RI, Etika Berkeluarga, Bermasyarakat dan Berpolitik, Cet. (Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf AlQur’an, 2009)
Evertson, C. M., & Weinstein, C. S. Classroom management as a field of inquiry. In C. M. Evertson & C. S. Weinstein (Eds.), Handbook. 2006
Gage, N. L., & Berliner, D. C. Educational psychology (5th ed.). Houghton Mifflin. (1991).
Isriani Hardini, “Strategi pembelajaran terpadu. Teori, Konsep dan Implementasi. Familia Group Relasi Inti Media, 2012
Jazilul Fawaid saat menjadi nara sumber pada Sosialisasi 4 Pilar bertajuk Memperkokoh Semangat Cinta Tanah Air bagi Ustadz Madrasah Diniyah Takmiliyah yang digelar MPR bekerjasama dengan Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) di Surabaya, Minggu (5/9/2021). Sumber: https://pontas.id/2021/09/05/pentingnya-peran-guru-diniyah-dalam-pembangunan-bangsa/ diakses pada 20 Mei 2022
Joyce, B., & Weil, M. Models of teaching. Pearson. 2014.
Lexy J.Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung, Remaja: Rosda Karya, 2010)
M. Dahlan R. Dan Muhtarom, Menjadi Guru yang Bening Hati : Strategi Mengelola Hati di Abad Modern (Yogyakarta : Deepublish, 2012)
M. Quraish Shihab, Secercah Cahaya Ilahi: Hidup Bersama Al-Qur‟an (Bandung: Mizan, 2007)
M. Quraish Shihab, Wasathiyyah, Wawasan Islam tentang Moderasitentang Moderasi Beragama, Tengerang, PT. Lentera Hati, 2019
Masnur Alam. “Studi Implementasi Nilai Islam Moderat Dalam Mencegah Radikalisme di Kota Sungai Penuh Jambi”. Jurnal Islamika Vol. 12 Nomor 2 (20117)
Muhaimin, Pengetahuan Kurikulum Pendidikan agama Isalam sekolah, Madrasah dan perguruan tinggi, (Jakarta: Raja Grafil Persada, 2005) Cet ke 1
Munawir, Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia, (Surabaya: Pustaka Progesif, 1984)
Orlich, D. C., Harder, R. J., Callahan, R. C., & Gibson, H. W. Teaching strategies: A guide to effective instruction. Wadsworth. 2010.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasioanal. KBBI. Jakarta: Balai Pustaka.2003.
Ramayulis dan Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam : Telaah system pendidikan dan pemikiran para tokohnya, (Jakarta: Kalam mulia, 2009)
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)
wakil ketua Majlis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia periode 2019-2024
Zuhairi Misrawi, Al-Qur'an Kitab Toleransi: Tafsir Tematik Islam Rahmatan lil Alamin (Jakarta: Pustaka Oasis, 2010)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH NUSANTARA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.