PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR

Authors

  • Oka Bagus Siahaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Binsar Tison Gultom Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Debbi Petra Meyana Sitorus Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.61722/jinu.v1i6.2766

Keywords:

Study Habits, Peer Environment, Learning Results

Abstract

This research aims to gain knowledge regarding the influence of study habits and peer environment on learning outcomes in Class XI Economics subjects at SMA Negeri 2 Pematangsiantar. This research is of a quantitative type with the testing media used is SPSS 24. The sampling technique used a saturated sample of 106 students. The data collection technique used was a questionnaire. Instrument testing uses normality tests and reliability tests. The data analysis technique uses classical assumption tests, namely normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, and hypothesis testing, namely multiple linear regression analysis, t-test, f-test, and coefficient of determination.Data from research and management of partial test data (t-test) shows that the variable The variable Management of simultaneous test data (f-test) shows that F_count is 23.090 > F_table is 3.08, so it can be concluded that learning discipline and learning motivation have a positive and significant effect on student learning outcomes.

References

Ahmadi, Abu. (2007). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bloom. (2004). Pendekatan Keterampilan Bagaimana Mengaktifkan Peserta didik dalam Belajar. Jakarta: Gramedia.

Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung. CV. Yarma Widya.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Djaali. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Djaali. (2023). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghufron, Nur dan Rini Risnawati S. (2014). Gaya Belajar: Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Adi Tama.

Maruni. (2011). Pendidikan Karakter. Jakarta: Kalam Mulia.

Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belaja. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rusyan, A.Tabrani. (2000). Pendekatan dalam proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Santoso, S. (2010). Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Slavin, R.E. (2011). Psikologi Pendidikan dan Praktik. Jakarta: Indek Permata Puri Media.

Sudjana, Nana. (2000). Dasar- dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Aglesindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Perbandingan Perhitugan Manual & SPSS. Bandung: Alfabeta.

Sularti (2008). Program Bimbingan dan Konseling Untuk Mengembangkan Sikap dan Kebiasaan Belajar Siswa. Bandung: SPS PBK UPI.

Suprijono (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Surna, I Nyoman, dan Olga D Pandeirot. (2014). Psikologi Pendidikan 1. Jakarta: Erlangga.

Suryabrata, Sumadi. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tirtarahardja, Umar dan S.L La Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmara, Sheli Resti, Tati Heyati, dan Rita Patonah. (2021). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di SMK Swadaya Karangnunggal. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Volume 2 Nomor 1.

Aulia, Annisa, M. Yusuf A. Ngampo, dan Muhammad Azis. (2023). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Pinisi Journal Of Education. Volume 3 Nomor 4.

M, Afrizal, dan Armida S. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X OTP dan X AKL Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum. EcoGen. Volume 4 Nomor 2.

Maheni, Ni Putu Krisna. (2019). Pengaruh Gaya Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. Volume 11 Nomor 1.

Nurnazathul, Azie, dan Oknaryana. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. EcoGen. Volume 4 Nomor 4.

Hermanto, Undi. (2019). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Skripsi. Jambi: Universitas Batanghari.

Rahayu, Septiana. (2017). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-10-30

Issue

Section

Articles