PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN DI PANTAI AROFAN DESA TIGARAS KABUPATEN SIMALUNGUN
DOI:
https://doi.org/10.61722/jinu.v1i6.2768Keywords:
Promotion, Service Quality, Interest in VisitingAbstract
The study aims to determine The Efect of Promotion And Service Quality On Arofan Beach Tourist Interest In Tigaras Village. This research uses quantitative research and survey methods. The population in this study were visitors to arofan beach in Tigaras village with a sample size of 100 respondents obtained based on Non Probability sampling with technique Accidential Sampling. Data collection techniques using observation, questionnaires and documentation. The research quesitionnaire as tasted using validity and reability tests. The data analysis technique used is the classical assumption test and hypothesis testing.The results of this study indicate that there is a positive influence between promotion and interest in tourist visits, there is a positive effect of service quality on visiting interest, there is an influence of promotion and service quality on visiting interest
References
dari Ketidakpatuhan Masyarakat pada Masa Pandemik. Artikel, 19, 1–10.
Abdullah, Ma’ruf. 2015. Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Abdullah, T., & Tantri, F. (2019). Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada.
Arianto (2018:83), Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor; Dalam Jurnal Pemasaran Kompetitif . http://doi.org/10.32493/jpkpk.vli2.856.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.
Deser Putri Esa Zendrato, Nurhayati (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Promosi Dan Lokasi Terhadap Minat Pengunjung Pada Kebun Binatang Medan Zoo. STIM Sukma Medan.
Estu Handayani , Mohamad Dedi (2017). Pengaruh Promosi Wisata Bahari Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Peningkatan Jumlah Kunjungan Wisatawan Di Pelabuhan Muncar Banyuwangi. Fakultas Bisnis, Universitas Mikroskil.
Ferlian Ramadhan, Budi Wahono, Ety Saraswati (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, Dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di Pantai Ngliyep Kabupaten Malang. Universitas Islam Malang.
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy. Penerbit Qiara Media.
Freddy Rangkuti, 2019, Teknik Membedah Kasus Bisnis, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Gamal Swantoro, SH. 2019. Dasar- dasar pariwisata. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Goetsch, D. ., & Davis, S. (2019). Quality Management For Organizational Excellence: Introduction to Total Quality (8th Editio). Printice Hall International, Inc.
Henny Rossellawaty, Pribanus Wantara. 2023. Pengaruh Aksesibilitas, Amenitas, Atraksi, dan Pelayanan Tambahan terhadap Minat Kunjungan ke Destinasi Wisata Lon Malang Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 8 (4).
Hernita, & dkk. (2019, Juli September). Pengaruh Bauran Pemasaran, Word Of Mouth Destination Image dan Destination Branding Terhadap Minat Berkunjung di Wisata Pantai Ria Kenjeren. (STIKOM, Penyunt.) Jurnal Aplikasi Bisnis dan jurnal, 1-16.
Indrasari. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Iqbal, Hasan, 2010. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Juwita Ramayanti. 2020. Pengaruh gaya kepemimpinan guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlakdi Madrasah Aliyah Muhammadiyah Metro. IAIN Metro.
Kismono, G, 2019. Bisnis Pengantar, Edisi Kedua. Diterbitkan oleh. BPFE:Yogyakarta.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2019). Manajemen Pemasaran Edisi ke Tigabelas Jilid 1. Erlangga:Jakarta.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2020). Manajemen Pemasaran Edisi ke Tigabelas Jilid 1. Erlangga: Jakarta.
Kotler, Philip., dan Gary Armstrong. (2019), Principles of Marketing, 14th Ed, Prentice Hall, Jakarta.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Leo Fernando Simatupang, Sotarduga Sihombing. 2024. Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Pantai La Repa Desa Sipolha Horison Kabupaten Simalungun. Innovative: Journal Of Social Science Research 4 (1), 10544-10553.
Mu’arif, A., & Suryawardani, B. (2018). Analisis Bauran Promosi Pada Cafe Roempi Bandung Pada Tahun 2017. 3(2), 200–204.
Nanang Martono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Nugraha, A. S., & Adialita, T. (2021). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Kota Bandung Melalui Nilai yang Dipersepsikan. Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Manajemen, 2(3), 195-212.
Nuraeni (2014). "Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjungan Ulang Wisatawan Semarang," Jurnal Bisnis Strategi, vol. 23, no. 1, pp. 1-20, Apr. 2017. https://doi.org/10.14710/jbs.23.1.1-20
Patrick, R. J. et al. (2018) ‘The predictive value of fall assessment tools for patients admitted to hospice care’, BMJ Supportive and Palliative Care, 7(3), pp. 341–346. doi: 10.1136/bmjspcare-2015-001070.
Robi Abdul. 2024. Pengaruh Promosi dan Harga terhadap keputusan pembelian pada Terserah Kopi Grobogan.STIE BPD JATENG.
Santoso, Singgih. (2017). Menguasai statistik dengan SPSS 24. Jakarta: PT. Elexmedia Komputindo.
Sopyan. 2018. Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Pengunjung dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening.
Stanton, William, (1996), Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid Kedua, Edisi Ketujuh, Erlangga : Jakarta.
Stanton, William. J dan Y. Lamarto. 2020. Prinsip Pemasaran. Edisi 7. Jakarta: Erlangga.
Sudarmanto, 2010. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Raja Grafindo.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sumarni, Murti & Salamah Wahyuni. 2006. Metode penelitian bisnis.edisi 1. Yogyakarta:ANDI.
Suryana. 2001. Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.
Suryati, Lili. 2019. Manajemen Pemasaran Suatu Strategi dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Sleman: CV Budi Utama.
Syahputra, R. R., & Herman, H. (2020). Pengaruh Promosi Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap Di Os Hotel Batam. Jurnal Ilmiah Kohesi, 4(3), 81–89.
Syahrul Hidayat, Apriatni Endang Prihatini, Dinalestari Purbawati (2021). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Domestik Ke Museum Surabaya. Program Studi Industri Perjalanan Wisata, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana.
Umar, Husein. 2003. Strategic Management in Action. Jakarta:PT. Gramedia.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 9 Tahun 1990.
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2018). What Are Services? (7th ed.). Mc Graw Hi Education.
Zubdatul Kamala, Efriyani Sumastuti, Ratih Hesty Utami P (2024). Pengaruh Promosi, Harga, Lokasi, Citra Destinasi dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Berkunjung Di Pantai Karang Jahe Rembang. Universitas PGRI Semarang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH NUSANTARA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.