PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR (Survei Terhadap Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Angkatan 2021 - 2023)

Authors

  • Agung Vega Andreas Universitas Siliwangi
  • Ati Sadiah Universitas Siliwangi
  • Kurniawan Kurniawan Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.61722/jinu.v1i6.2909

Keywords:

Lingkungan Keluarga, Konformitas Teman Sebaya, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah tentang rendahnya hasil belajar mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Serta Implikasinya Terhadap Hasil Belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dengan menggunakan desain eksplanatory. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket dengan populasi sebanyak 337 mahasiswa dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional sampling dengan jumlah responden sebanyak 194 mahasiswa. Alat analisis yang digunakan yaitu path analysis. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) lingkungan keluarga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. 2) Konformitas teman sebaya berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasil belajar mahasiswa. 3) Motivasi belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. 4) Lingkungan Keluarga tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. 5) Konformitas teman sebaya berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. 6) Lingkungan Keluarga berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar mahasiswa. 7) Konformitas Teman Sebaya berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar mahasiswa

References

Nabillah, Tasya. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019 659 Journal homepage: http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabet

Downloads

Published

2024-11-21

Issue

Section

Articles