PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR (Survei Terhadap Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Angkatan 2021 - 2023)
DOI:
https://doi.org/10.61722/jinu.v1i6.2909Keywords:
Lingkungan Keluarga, Konformitas Teman Sebaya, Motivasi Belajar, Hasil BelajarAbstract
Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah tentang rendahnya hasil belajar mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Serta Implikasinya Terhadap Hasil Belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dengan menggunakan desain eksplanatory. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket dengan populasi sebanyak 337 mahasiswa dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional sampling dengan jumlah responden sebanyak 194 mahasiswa. Alat analisis yang digunakan yaitu path analysis. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) lingkungan keluarga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. 2) Konformitas teman sebaya berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasil belajar mahasiswa. 3) Motivasi belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. 4) Lingkungan Keluarga tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. 5) Konformitas teman sebaya berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa. 6) Lingkungan Keluarga berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar mahasiswa. 7) Konformitas Teman Sebaya berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Melalui Motivasi Belajar mahasiswa
References
Nabillah, Tasya. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019 659 Journal homepage: http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabet
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH NUSANTARA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.