PENERAPAN E-BOOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MTS AL-MUMTAZ PALANGKA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.61722/jinu.v2i1.3294Keywords:
Application of E-Book, Increase Learning Interest, SKIAbstract
E-Book merupakan salah satu bahan ajar berbasis digital yang dapat memuat berbagai macam didalamnya seperti teks, gambar, audio, maupun video. Pada saat peneliti melakukan observasi, peneliti menemukan permasalahan seperti siswa kurang berminat dalam membaca modul, dan tidak adanya jawaban didalam modul dari tugas yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu, dengan adanya permasalahan ini peneliti ingin melakukan penelitian tentang apakah dengan penerapan E-Book dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran SKI. Tujuan dari artikel ini adalah untuk melihat apakah dengan penerapan E-Book dapat meningkatkan minat belajar belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTS Al-Mumtaz Palangka Raya. penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan bentuk penelitian pre-eksperimental design. Hasil dari penelitian menujukkan bahwa terdapat peningkatan terhadap minat belajar siswa setelah penerapan E-Book sebesar 80%.
References
Afifah, R., & Mulyani, P. K. (2022). E-Book Sebagai Inovasi Dalam Pemenuhan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Berbasis Teknologi Di Era Digital Pasca Pandemi Covid-19. 1(2).
Al Hakim, R., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(4), 263. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7249
Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2021). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2).
Andhika, M. R. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 54. https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v1i01.598
Apriati, L., Mulawarman, W. G., & Ilyas, M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menyimak Berbasis Multimedia Interaktif pada Pelajaran Tematik dengan Tema “Indahnya Kebersamaan” untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(1), 13–22. https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i1.73
Aswad, N. H., & Suswati, L. (n.d.). Persepsi Siswa Terhadap Minat Belajar Berbasis Aplikasi E-book Mata Pelajaran Fisika.
Hanikah, H., Faiz, A., Nurhabibah, P., & Wardani, M. A. (2022). Penggunaan Media Interaktif Berbasis Ebook di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7352–7359. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3503
Hidayah, S. N., Zulaihati, S., & Sumiati, A. (2023). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Di Smk Negeri 46 Jakarta.
Izzatunnisa, L., Suryanda, A., Kholifah, A. S., Loka, C., Goesvita, P. P. I., Aghata, P. S., & Anggraeni, S. (2021). Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi dalam Proses Belajar dari Rumah. Jurnal Pendidikan, 9(2), 7–14. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i2.811
Karisma, E. T., Setiawan, D., & Oktavianti, I. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kelas Iv Sdn Jleper 01. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(3). https://doi.org/10.24176/jpi.v2i3.8366
Mahfud, M., & Wahdah, N. (2023). Minat Siswa Berlatar Belakang Non Madrasah Dengan Sekolah Dasar Dalam Belajar Bahasa Arab Di Madrasah Tsnawiyah Islamiyah Palangka Raya. 02(02).
Miftahussaadah, M., & Subiyantoro, S. (2021). Paradigma Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa. ISLAMIKA, 3(1), 97–107. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1008
Mutmainnah, M., Aunurrahman, A., & Warneri, W. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1625–1631. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.952
Purnama, S. P., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Pengembangan E-Book Berbasis Flipbook Muatan Ipas Pada Materi Peta Daerah Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar.
Putra, A. K., Islam, M. N., & Prasetyo, E. B. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Digital Mobilitas Penduduk dan Ketenagakerjaan Berbasis STEM. Asanka: Journal of Social Science And Education, 2(2), 149–159. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i2.3178
Rahmawati, L., & Hardini, A. T. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Daring terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berargumen Pada Muatan Pembelajaran IPS di Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1035–1043. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.496
Rahmi, I., Nurmalina, N., & Fauziddin, M. (2020). Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 2(1), 197–206. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1164
Safrizal, S., Sastri, W., Anastasha, D. A., & Syarif, M. I. (2022). Realistic Mathematic Education untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4805–4812. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2679
Suprihatin, S., & Manik, Y. M. (2020). Guru Menginovasi Bahan Ajar Sebagai Langkah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Promosi (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 8(1). https://doi.org/10.24127/pro.v8i1.2868
Utari, R., Iswara, P. D., & Aeni, A. N. (2024). Pemanfaatan E-Book Digital Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Dongeng Pada Siswa Sekolah Dasar. Academy of Education Journal, 15(1), 91–101. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2128
Wahyu Hartati, T. A., Lestari, P. B., & Istiawan, N. (2024). Pengembangan E-Book Mata kuliah Desain Dan Strategi Pembelajaran Berbasis Konstruktivis. Jutech: Journal Education and Technology, 5(1), 156–168. https://doi.org/10.31932/jutech.v5i1.3587
Zulfi Idayanti & Muh. Asharif Suleman. (2024). E-Modul sebagai Bahan Ajar Mandiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 127–133. https://doi.org/10.23887/jppp.v8i1.61283
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH NUSANTARA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










