Praktikalitas Media Pembelajaran Educaplay pada Mata Pelajaran SKI Kelas VII

Authors

  • Melanie Putri Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Jasiah Jasiah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.61722/jinu.v2i2.3552

Keywords:

Educaplay, Media, Practicality.

Abstract

Dari hasil analisis kebutuhan yang telah dilakukan, kurangnya waktu unruk menyusun media pembelajaran menjadi kendala unru guru mata pelajan SKI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui paraktikalitas media educaplay yang dikembangkan oleh peneliti. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan sebagian tahapan dari model v. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi. Untuk mengetahui kualitas media, maka sebelum uji paraktikalitas dilakukan uji validitas media. Hasi dari validasi media yaitu 82%, sedangkan validasi materi diperoleh hasil 98%. Hasil praktikalitas medi pada guru yaitu 82%, sedangkan hasil praktikalitas terhadap siswa adalah 90,7% dengan kriteria praktis. Oleh karena itu, medi educaplay pada materi dakwah nabi dapat digunakan dan diimplementasikan dalam pembelajaran.

References

Candrawaty, Dyah Ajeng, Rian Damariswara, and Kukuh Andri Aka. "Analisis Respon Guru dan Siswa terhadap Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Android Materi Non Fiksi Bermuatan Kearifan Lokal Kediri Raya." Jurnal basicedu 6.4 (2022): 7456-7465.

Prasetya, Teguh Arie, et al. "Pemanfaatan Video Animasi WOL (way of life) sebagai Media Pembelajaran SKI siswa di Kelas 4 SD/MI." Jurnal Pendidikan Tambusai 6.2 (2022): 16353-16359.

Nabila, Shella, Idul Adha, and Riduan Febriandi. "Pengembangan media pembelajaran pop up book berbasis kearifan lokal pada pembelajaran tematik di sekolah dasar." Jurnal basicedu 5.5 (2021): 3928-3939.

Harsiwi, Udi Budi, and Liss Dyah Dewi Arini. "Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar." Jurnal Basicedu 4.4 (2020): 1104-1113.

Fauziah, Zumrotul, Ahmad Shofiyuddin, and Hidayatur Rofiana. "Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Canva pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam." Madinah: Jurnal Studi Islam 9.1 (2022): 7-19.

Riduwan, 2010, Skala Pengukuran VariabelVariabel Penelitian, Alfabeta, Bandung.

Ummah, Ingvia Salsabilla Zumrotul. Pengaruh Media Game Educaplay Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VII MTs Nurul Islam Kota Kediri. Diss. IAIN Kediri, 2024.

Yanto, Doni Tri Putra. "Praktikalitas media pembelajaran interaktif pada proses pembelajaran rangkaian listrik." INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi 19.1 (2019): 75-82.

Downloads

Published

2024-12-28