PEMBENTUKAN SANTRI MODERAT MELALUI PROGRAM LINGKUNGAN BAHASA ASING

Authors

  • Ali Ahmad Yenuri Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik
  • Ahmad Farid Muhaimin Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik

DOI:

https://doi.org/10.61722/jinu.v2i2.3609

Abstract

Abstrak: Didalam artikel ini membahas tentang era globalisasi seperti  saat ini bahasa asing sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan. Pesantren sebagai salah satu pendidikan nonformal juga diharapkan mampu mencetak generasi muda yang berkualitas. Melihat juga dari banyaknya Negara asing khususnya Negara barat masih sangat kekurangan seorang pendakwah yang mampu membawa agama islam yang rahmatan lil alamin (Islam yang moderat). Seorang santri yang menguasai bahasa asing juga akan mampu berdakwah dan memahami kebudayaan yang dianut oleh bangsa asing apalagi indonesia adalah negara yang memiliki banyak ragam potensi perdagangan yang besar dengan Negara-negara asing. Masalah  dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana bentuk lingkungan bahasa asing di Pondok Pesantren al- Miftah Modern Bungah Gresik (2) Bagaimana upaya bahasa asing dalam meningkatkan pendidikan islam moderat di Pondok Pesantren al- Miftah Modern Bungah Gresik            Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, karena pendekatan ini digunakan untuk menelusuri tentang bagaimana bentuk lingkungan bahasa asing di pondok pesantren Al Miftah dan Bagaimana upayanya untuk meningkatkan pendidikan islam moderat didalamnya. Oleh sebab itu, proses penelitian ini diharapkan menghasilkan data-data deskriptif berupa tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang dapat diamati untuk memberikan penjelasan tentang bagaimana bentuk lingkungan bahasa asing dan bagaimana upayanya untuk meningkatkan pendidikan islam moderat di pondok pesantren modern Al Miftah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  Proses pendidikan islam moderat didalam pondok pesantren modern al miftah, di ajarkan didalam kegiatan pembelajaran seperti, kegiatan drill bahasa, muhadhoroh, safari dakwah, bulan bahasa dan kegiatan muhadastah 3 bahasa. Proses kegiatan didalam lingkungan bahasa berjalan dengan baik dan kondusif , guru memberikan pemahaman terkait pendidikan islam moderat tentang kerukunan antar santri dan toleransi antar santri satu sama yang lain. Kata Kunci: Lingkungan Bahasa Asing ,Pendidikan Islam Moderat, Pondok Pesantren

References

Daftar Pustaka

Ahmadi, Rulam. Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta : Ar-Russ Media, 2014.

Amirudin, Mohammad. Peran Lingkungan Bahasa Dalam Pemerolehan Bahasa Inggris lisan Santri Di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton

Ahmad, Suryadi Rudi. Ilmu Pendiidikan Islam, Yogyakarta : DEEPublish, 2018.

Ahmad, Abu. Metode Penelitian, Jakarta : Bumi Aksara, 2007.

Al-Jauziyah, Ibnu Qayyim. Al-Fawaid Menuju Pribadi Takwa. Terjemahan Munirul Abidin, Jakarta: Al- Kautsar, 2008.

Arifin, Muhammad. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bina aksara, 2000.

Abawihda, Ridwan. Kurikulum Pendidikan,

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka, 2014.

Al Quran dan terjemahannya, Kudus : CV Mubarokatan Thoyyibah. PT Buya Barokah

Arifin, Zainal. Penelitian Pendidikan.Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Bloomfield, Leonard. language, Gramedia Pusaka Utama, Jakarta, 2006.

Creswell, John W. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Djumransyah, M. Filsafat Pendidikan, Malang: Banyumedia, 2008.

Dulay. Language two, New York : Oxford University Press, 2005.

El- Fadl. Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam, Vol.11, No. 1 Maret 2013, 27 No. 1 April 2020.

Fathoni, Abdurrahman. Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta : Rineka Cipta,2014.

Haedari, Amir. Masa depan pesantren dalam tantangan modernis dan tantangan komplesitas global, Jakarta : IRP Press,2004.

Hailami, Mohammad. Studi Ilmu Pendidikan Islam, Jogjakarta : Ar- Ruzz Media, 2012.

Hestunodya,(https://hestunodya.blogspot.com/2013/11/lingkungan-bahasa.html), diakses pada tanggal 21-05-22.

Hiqmatunnisa, Harin. Penerapan Nilai-nilai Moderasi Islam dalam Pembelajaran Fiqih Di PTKIN Menggunakan Konsep Problem Based Learn, Jurnal JIPIS, Vol.29.

Ihsan, Hamdani, Filsafat Pendidikan Islam,Bandung : CV. Pustaka Setia, 1998.

Irwansyah, Dedi. Pendidikan Multikultural dan Pengajaran Bahasa Asing. Jurnal Pendidikan Bahasa. Vol.7 No. 1, Februari 2013.

J.R.Raco, Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT Grasindo,2010.

Junaiyah, Keutuan Wacana. Jakarta : Grafindo,2010.

Komariah, Nur. Pondok Pesantren Sebagai Role Model Pendidikan Berbasis Full Day School. Jurnal Pendidikan Islam Vol. 5, No. 2, Juli - Desember 2016.

Kurnia Sari, Rista. Merawat sikap toleransi beragama ditengah masyarakat majemuk. Ponorogo : Uwais Inspirasi Indonesia, 2022.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2002.

Muchlis sholichin, Muhammad. Pendidikan Islam Moderat Dalam Bingkai Kearifan Lokal ( Studi Pada Pondok Al amin Prendunan Sumenep Madura. Jurnal Mudarrisuna Vol 8 No. 1 januari- juni 2018.

Muhammad, Ahsin Sakho. Keberkahan Al Quran. Jakarta : PT Qaf Media Kreative,2017.

Muhibbin Zuhri,Achmad. Islam Moderat konsep dan aktualisasinya Dalam Dinamika Gerakan Islam di Indonesia. Lamongsn : Academia Publcation,2022.

Muslih,Muhammad. Inovasi pendidikan dan praktik pembelajran kreatif. Jakarta : PT NEM,2021.

N, Black. Consensus Development Methods. Oxford: Blackwell Publishing. 2006.

N.K, Rostiyah. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: PT Rineka Cipta, 2008.

Narbuko, Chalid. Metode Penelitian. Jakarta; Bumi Aksara, 2007.

Nasrun, Masri. Metode Penelitian Survai, (Jakarta: LP3ES, 1989), hal. 263

Nata, Abudin. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2009.

Nizar, Samsul. Filsafat Pendidikan Islam pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Prasetya Pertiwi, Eky. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini dan Optimalisasi Pendidikan Karakter Melalui Sentra Bermain Peran. Yogyakarta : CV Hikam Media Utama,2020.

Purwanto, Anim. Konsep Dasar Penelitian Kualitatif Teori dan Contoh Praktis. Lombok Tengah : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia, 2022.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan, Jakarta: Kalam Mulia, 2002

R.Ellis. Second language acquisition. Oxford: Oxford University Press, 2003.

Ristiani,Iis. Optimalisasi Model Pembelajarran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. Vol. 11. No 1. 2012.

Rukajat. Ajat Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta :Deepublish,2018.

Santoso,Iman. Pendidikan Karakter Dan Pembelajaran Bahasa Asing Berwawasan Interkultural

Sarwono,Jonathan. Mixed Methods: Cara Menggabung Riset Kuantitatif dan Riset Kualitatif Secara Benar.Jakarta: PT. Elex MediaKomputindo, 2011.

Sayuti, Husein. Pengantar Metodologi Riset. Jakarta: Fajar Agung, 1989.

Sudaryana, Bambang. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : DeePublish, 2022.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta, 2015.

Suharto, Toto Gagasan Pendidikan Muhammadiyah dan Nahdhatul Ulama sebagai Potret Pendidikan Islam di Indonesia, Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Islamica : Jurnal Studi Islam Voume 9 Nomor 1, September 2014.

Sujarweni,Wiratna. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press,2014.

Suprayogo, Imam. Metodologi Penelitian Sosial-Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

Siagan. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:Bumi Aksara, 2006.

Suparno. Ketertiban Berbahasa Sebagai Jembatan Menuju Peradaban Baru. Diakses tanggal 23-05-22

Sumarto. Mengembangkan Moderasi Pendidikan Islam melalui Peran Pengelolaan Pondok Pesantren. Jurnal Ri’ayah Vol.4 No.01 Januari-Juni 2019.

Syahri, Ahmad. Moderasi beragama dalam ruang kelas. Malang : CV Literasi Nusantara Abadi, 2022.

Tafsir, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008.

Tim Penyusunan Kamus Pusat Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka. 2019.

Troike,Saville. introducing Second Language Acquisition, Cambridge University Press, 2006.

Y, Rianto. Penelitian Kualitatif. Surabaya: Erlangga, 2003.

Zaini Dahlan, Mukhtar. Pendidikan agama islam untuk mahasiswa perguruan tinggi umum. Jember :LPPM IKIP.

Zuhairini. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

Zulaeha, Ida. Bahasa, sastra dan pembelajarannya di masa pandemi covid-19. Semarang : LPPM Unnes,2021.

Zulhimma. Dinamika Perkembangan Pondok Pesantren Di Indonesia, Jurnal Darul ‘Ilmi Vol. 01, No. 02, 2013, hal 166.

Zulkifli. Pengantar Pendidikan. Sumatera Barat : PT Global Eksekutif Teknologi, 2023

Downloads

Published

2024-12-29