ANALISIS KELAYAKAN BISNIS DITINJAU DARI ASPEK KEUANGAN PADA FRANCHISE RICHEESE FACTORY

Authors

  • Dede Endrico Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ridho Maulana Kombih Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61722/jinu.v2i2.3868

Keywords:

Kelayakan bisnis, franchise, Richeese, industri makanan dan minuman, analisis keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan bisnis Richeese Factory dari aspek keuangan. Harapan dari penelitian ini adalah agar Richeese Factory dapat memperoleh wawasan yang lebih dalam mengenai strategi keuangan yang tepat untuk memastikan kelayakan dan keberlanjutan usaha mereka. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah studi kepustakaan, yang bertujuan untuk menganalisis kelayakan bisnis Richeese Factory dari aspek keuangan dengan menggali berbagai sumber literatur yang relevan. Studi kepustakaan ini melibatkan pengumpulan dan analisis data sekunder dari berbagai referensi yang mencakup buku, jurnal ilmiah, laporan industri, dan sumber-sumber kredibel lainnya Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Richeese Factory memiliki potensi kelayakan bisnis yang cukup baik dari aspek keuangan, meskipun menghadapi beberapa tantangan yang perlu dikelola secara efektif. Fluktuasi pendapatan yang dipengaruhi oleh faktor musiman dan promosi menunjukkan perlunya strategi pemasaran yang lebih optimal untuk mempertahankan konsistensi pendapatan sepanjang tahun. Pengelolaan biaya produksi yang efisien, termasuk penerapan metode Economic Order Quantity (EOQ) dalam mengelola persediaan, serta fokus pada kualitas produk dan layanan, menjadi faktor kunci dalam mendukung profitabilitas perusahaan.

References

Aprilia, R., Ramadhani, A. M., Labibah, B., & Prawira, I. F. A. (2023). Keunggulan Dan Strategi Model Bisnis Richeese. Oikos Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis,16(2),63–72.

https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/ONM/article/view/22525%0Ahttps://ejurnal.ung.ac.id/index.php/ONM/article/download/22525/7773

Ferdiani Suarna, I., Syariifah, I. R., & Ashari, W. P. (2024). Wirausaha Dalam Bisnis Franchise Richeese Kiat Kesuksesan Dan Tantangan Dalam Mengelola Waralaba. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(3), 155–165. https://doi.org/10.62017/jemb

Gibran Asshiddiqi, U., & Rohman, A. (2024). Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau Dari Aspek Keuangan Pada Kedai Es Boba Manis Di Desa Slopeng. Jma), 2(6), 3031–5220. https://jurnal.mediaakademik.com/index.php/jma/article/view/531

Ikmalur Rizal, A. R. (2024). Analisis Studi Kelayakan Bisnis Pada Usaha Toko Sembako Di Kamal Dilihat Dari Aspek Keuangan. Jurnal Media Akademik (Jma), 5(2), 20–27. https://doi.org/10.69503/econetica.v5i2.425

Khoiriyah, U. K., & Rahman, A. (2024). Analisis Aspek Keuangan Bisnis Sambal Rujak Mbak Qom Dalam Prespektif Studi Kelayakan Bisnis. Improvement: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 17-24. https://journal.um- surabaya.ac.id/improvement/article/download/22900/7855/58400

Muzzammil, F. (2023). Strategi Komunikasi Bisnis Waralaba Richeese: Studi pada Gerai Richeese Purwakarta. Kontekstual : Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 115. https://doi.org/10.36448/jik.v2i2.3466

Najla, N., Dewanthi, Y., & Permana, E. (2023). Strategi Mempertahankan Usaha Franchise Pada Minuman Richeese di Indonesia. Journal of Business, Finance, and Economics (JBFE), 3(2), 189–198. https://doi.org/10.32585/jbfe.v3i2.4099

Nopianingsih, L., Palinggi, Y., & Johansyah, J. (2022). Analisis Studi Kelayakan Bisnis Dilihat Dari Aspek Finansial Pada PT. Belayan International Coal Di Muara Badak Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia, 22(1), 1–15. https://doi.org/10.53640/jemi.v22i1.989

Rahardian, M. R. (2022). Studi Kelayakan Investasi Analisa Terhadap Waralaba Richeese [Universitas Padjadjaran]. In UniversitasPadjadjaran. https://id.scribd.com/document/603288319/Studi-Kelayakan-Investasi-Richeese- M-Reza-Rahardian

Sofwan, A. M., Putra, D. P., & Efendi, L. (2023). Penerapan Metode Net Present Value (NPV) Pada Kelayakan Investasi Syariah Waralaba Richeese di Indonesia.

Tsarwah, 8(1), 22–29. https://doi.org/10.32678/tsarwah.v8i1.8679

Valensia Febrianti, Riesanti Edie Wijaya, & Maria Eugenia Hastuti. (2024). Kemampuan informasi akuntansi dan nonakuntansi pada “Si Pencabut Ruko Kosong”: Bertahan atau mundur? Akuntansi Dan Teknologi Informasi, 17(1), 92–108. https://doi.org/10.24123/jati.v17i1.6326

Downloads

Published

2025-01-18