PENGELOLAAN PROGRAM TAHFIDZ DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI SISWA DI STP SD KHOIRU UMMAH BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.61722/jinu.v2i1.4075Keywords:
Pengelolaan, Program Tahfidz, Membentuk Karakter IslamiAbstract
Guru memberikan metode khusus agar siswa tidak merasakan bosan ketika menghafalakan Al-Qur’an. Metode yang diterapkan adalah metode Talaqi dan Murojaah untuk melatih siswa dalam menambah dan mengulang hafalan. Metode Talaqi dan Murojaah merupakan suatu cara untuk memperlancar hafalan dan mempertajam hafalan. Menghafal Alquran adalah sebuah cara mengulang-ngulang bacaan Alquran baik dengan metode membaca atau dengan metode mendengar, alhasil bacaan tersebut mampu menyatu pada ingatan serta mampu diucapkan maupun diulang kembali tanpa melihat mushaf Alquran. Pada hakikatnya tahfidz maupun menghafal Alquran adalah membaca maupun mendengar secara berulang-ulang ayat suci Al-quran hingga hafal di luar kepala yang dibimbing oleh seorang Hafidz. Dengan menghafal, jiwa serta otak kita akan terus meresap lantunan ayat-ayat suci Alquran yang diulang dengan cara terus-menerus oleh lidah. membentuk karakter islami melalui progam tahfidz dapat dibentuk oleh lingkungan seperti apa seandainya lingkungannya tahfidzul Qur’an maka akan menjadi karakter yang baik dan islami karena proses pembentukkannya religius.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan program Tahfidz di STP SD Khoiru Ummah, Mengetahui upaya yang dilakukan dalam membentuk karakter islami siswa. Tempat penelitian di STP SD Khoiru Ummah Bogor. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya program Tasmi’ yang diterapkan di STP SD Khoiru Ummah.
References
Ramayulis, Dasar-dasar Kependidikan, (Jakarta:Kalam Mulia,2015), hlm.16
Novan Ardy Wiyani, Pendidikan KarakterBerbasis Iman Dan Taqwa, (Yogyakarta:Teras, 2012), hlm. 2-3.
Abu Abdullah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim Albukhari Alja‟fi, Shahih Bukhari, Kitab : Perilaku budi pekerti yang terpuji, (Bairut-Libanon: Darul Fikri,1981 M), Juz 4/ Hal. 166.
Nurul Qomariah, dan Mohammad Irsyad, Metode Cepat & Mudah agar Anak Hafal Al-Qur`an, Yogyakarta: Se KBBI Daring, s.v.”kamus”, diakses 24 Jun 2022, https://kbbi.web.id/kelola
Saifuddin, Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis, (Yogyakarta:Deepublish, 2018), hlm. 54.
Husaini Usman, Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009), hlm.5.
Wina sanjaya, Perencanaaan & Desain Sistem Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2015), hlm.23.
Suryo subroto, Manajemen Pendidikan di Sekolah, Cet. 2 (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), hlm. 10.
KBBI Daring, s.v.”kamus”, diakses 14 Jul 2022, https://kbbi.web.id/bentuk
Abu Muhammad Iqbal, Perencanaan Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan, (Madiun:Jaya Star Nine 2013), hlm. 189.
Afidatun Nahdiah dkk, Titik Sempurna, (Jakarta: Pelajar Islam Indonesia Press, 2019), hlm. 96.
Marzuki, Pendidikan Karakter Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2015), hlm. 32
Zubaedi, Desain pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan (Jakarta: Kencana, 2012), hlm. 73.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ILMIAH NUSANTARA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










