PENGELOLAAN PROGRAM TAHFIDZ DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI SISWA DI STP SD KHOIRU UMMAH BOGOR

Authors

  • Syarifatul Mubarokah Universitas Darunnajah
  • Nailil Muna Shalihah Universitas Darunnajah
  • Musthafa Zahir Universitas Darunnajah
  • Ahmad Farid Universitas Darunnajah

DOI:

https://doi.org/10.61722/jinu.v2i1.4075

Keywords:

Pengelolaan, Program Tahfidz, Membentuk Karakter Islami

Abstract

Guru memberikan metode khusus agar siswa tidak merasakan bosan ketika menghafalakan Al-Qur’an. Metode yang diterapkan adalah  metode Talaqi dan Murojaah untuk melatih siswa dalam menambah dan mengulang hafalan. Metode Talaqi dan Murojaah merupakan suatu cara untuk memperlancar hafalan dan mempertajam hafalan. Menghafal Alquran adalah sebuah cara  mengulang-ngulang bacaan  Alquran baik  dengan metode  membaca atau dengan metode  mendengar, alhasil  bacaan  tersebut  mampu  menyatu pada  ingatan serta mampu  diucapkan maupun diulang kembali  tanpa melihat  mushaf Alquran. Pada hakikatnya tahfidz maupun menghafal Alquran adalah membaca maupun mendengar  secara  berulang-ulang ayat suci  Al-quran hingga  hafal di luar kepala yang dibimbing oleh seorang Hafidz. Dengan menghafal, jiwa serta otak kita akan  terus   meresap  lantunan  ayat-ayat suci  Alquran yang diulang dengan cara  terus-menerus oleh lidah. membentuk karakter islami melalui progam tahfidz dapat dibentuk oleh lingkungan seperti apa seandainya lingkungannya tahfidzul Qur’an maka akan menjadi karakter yang baik dan islami karena proses pembentukkannya religius.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan program Tahfidz di STP SD Khoiru Ummah, Mengetahui upaya yang dilakukan dalam membentuk karakter islami siswa. Tempat penelitian di STP SD Khoiru Ummah Bogor. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya program Tasmi’ yang diterapkan di STP SD Khoiru Ummah.

References

Ramayulis, Dasar-dasar Kependidikan, (Jakarta:Kalam Mulia,2015), hlm.16

Novan Ardy Wiyani, Pendidikan KarakterBerbasis Iman Dan Taqwa, (Yogyakarta:Teras, 2012), hlm. 2-3.

Abu Abdullah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim Albukhari Alja‟fi, Shahih Bukhari, Kitab : Perilaku budi pekerti yang terpuji, (Bairut-Libanon: Darul Fikri,1981 M), Juz 4/ Hal. 166.

Nurul Qomariah, dan Mohammad Irsyad, Metode Cepat & Mudah agar Anak Hafal Al-Qur`an, Yogyakarta: Se KBBI Daring, s.v.”kamus”, diakses 24 Jun 2022, https://kbbi.web.id/kelola

Saifuddin, Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis, (Yogyakarta:Deepublish, 2018), hlm. 54.

Husaini Usman, Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009), hlm.5.

Wina sanjaya, Perencanaaan & Desain Sistem Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2015), hlm.23.

Suryo subroto, Manajemen Pendidikan di Sekolah, Cet. 2 (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), hlm. 10.

KBBI Daring, s.v.”kamus”, diakses 14 Jul 2022, https://kbbi.web.id/bentuk

Abu Muhammad Iqbal, Perencanaan Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan, (Madiun:Jaya Star Nine 2013), hlm. 189.

Afidatun Nahdiah dkk, Titik Sempurna, (Jakarta: Pelajar Islam Indonesia Press, 2019), hlm. 96.

Marzuki, Pendidikan Karakter Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2015), hlm. 32

Zubaedi, Desain pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan (Jakarta: Kencana, 2012), hlm. 73.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2025-01-31