PENGARUH MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pada Siswa SMP Negeri 4 Tasikmalaya)

Authors

  • Alfi Gustiana Universitas Siliwangi
  • Yoni Hermawan Universitas Siliwangi
  • Ai Nur Solihat Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.61722/jinu.v2i2.4120

Keywords:

Motivasi, Minat Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini bagaimana pengaruh motivasi dan minat belajar terhadap presatasi belajar, tujuan penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh motivasi dan minat belajar terhadap perestasiĀ  belajar siswa. Metode yang digunakan kuantitatif survey. Desain penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah desain survei explanatory dan teknik penelitian yang digunakan adalah survei dan eksperimen yang memerlukan data statistik. populasi dalam penelitian ini adalah siswa sebanyak 105 orang siswa menggunakan teknik sampel acak sederhana. koefisien determinasi pada nilaiĀ  R Square sebesar 0,840 yang artinya presentasi sumbangan pengaruh variabel minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 84%. Dan hasil dari penelitian adalah motivasi dan minat belajar berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 4 Tasikmalaya. Siswa diharapkan memiliki motivasi dan minat yang tinggi untuk meningkatkan prestasi belajar guna meningkatkan kualitas diri untuk dapat bersaingan dengan orang lain. Selain itu siswa diharapkan sudah mulai mencari tahu keinginan dan bakatnya dengan sebaik mungkin, supaya dapat menentukan ke arah mana akan masa depan yang akan dicapai

References

Jurnal

Aditya Nugroho. (2015). Pengaruh Motivasi Dan Minat Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Diklat Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di SMK Negeri 1 Sedayu. Junral Universitas Negeri Yogyakarta

Arikunto. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta

Bella Sukma & Suaibatul. (2022). Peningkatasan Prestasi Akademik MIPA Pada Siswa Melalui Bimbingan Belajar. Jurnal of Community Empowerenment. Vol, 1 No.3

Devi & Subhan. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Internet Terhadap Minat Belajar Siswa Muslim di SMP Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol, 3. No.2

Dyah Ayu & Mardanung. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran dan Lingkungan Akademis Terhadap Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol, 9. No.2

Elis Warti. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Mosharafah. Vol, 5. No. 2

Eva Juiyanti. (2021). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal PMJS. Vol, 7. No. 1

Heriyati. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa. Vol, 1. No. 1

Herpratiwi. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta. Media Akademi

H.M Nur Musataf. (2015). Pernanan Pengendalian Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia UNRI. Vol. 1

Komang & Gusti Ngurah.(2023). Peningkatan Minat Belajar IPAS Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol,4. No. 1

Lusi Susanti. (2018). Pemberian Motivasi Belajar Kepada Peserta Didik Sebagai Bentuk Aplikasi Dari Teori-Teori Belajar. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol,10. No.2

Marimin & Dian Ratna. (2005). Pengaruh Kepemimpinan Dan Kemampuan Bekomunikasi Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Ekonomi UNNES.

Maryam Muhammad. (2016). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Jurnal Lantanida. Vol, 4. No. 2

Nasrah & Muafiah. (2020). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Daring Pada Mahasiswa Pandemi Covid 19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. Vol,3. No.2

Downloads

Published

2025-02-25